Inspirasi Bisnis

Jogja Export Expo 2010/ Pameran Produk Ekspor Daerah (PPED)

jogja-export-expo-2010Jogja Export Expo 2010/ Pameran Produk Ekspor Daerah (PPED) kembali hadir di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta 27-31 Oktober 2010. Pameran yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi dan UKM Provinsi  DIY, bekerjasama dengan KADIN Provinsi DIY, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Provinsi DIY ini mengangkat tema “Competitive Advantage to Global Market”. Pameran yang untuk kelimabelas kalinya diselenggarakan ini masih konsisten menghadirkan kreativitas dan inovasi produk-produk unggulan.

Produk-produk yang menjadi unggulan dalam pameran ini antara lain Furniture, Kerajinan, Batik, Produk Kulit, Anyaman (rotan, bambu, agel, dan pandan), Woodcraft, Batik / tenun, Aksesoris / Perhiasan, Pertanian produk industri, Garment, Fiber Glass, dan Regional masakan. Semua produk-produk tersebut dikemas secara apik di hall B dan C Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta. Tidak hanya produk dari wilayah Provinsi DIY yang dipamerkan dalam expo kali ini, namun beberapa wilayah baik itu provinsi maupun kabupaten di wilayah Indonesia lainya juga hadir menampilkan produk unggulan daerah masing-masing. Beberapa wilayah yang ikut serta menampilkan produk unggulannya antara lain Surabaya, Wonosobo, Denpasar, Kendari, Lampung, Probolinggo, Solo, Wonogiri, Boyolali, Temanggung, Cirebon, Sumatera Utara, dan beberapa wilayah lainnya.

jogja-export-expo-2010-2Selain produk-produk unggulan dari berbagai daerah tersebut, dalam Jogja Export Expo 2010/ Pameran Produk Ekspor Daerah (PPED) ini juga diselenggarakan kegiatan pendukung. Kegiatan pendukung tersebut antara lain Seminar, Kompetisi Desain Produk, Konsultasi Bisnis, Lottery Pembelian Produk, Penilaian Stand Terbaik, Gathering Malam/ Dinner Party, dan Fashion Show.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X dalam sambutan tertulisnya mengatakan, “Banyak tantangan untuk bisa menembus pasar ekspor, diantaranya kemampuan menghasilkan produk yang mampu bersaing dengan pasar global, termasuk memenuhi selera pasar”. Atas dasar itulah maka diperlukan kerja keras untuk bisa menghasilkan produk unggulan yang berskala ekspor di persaingan pasar global saat ini.

jogja-export-expo-2010-3Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mengembangkan dan memberdayakan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang memiliki peranan penting dalam mendukung kemajuan perekonomian bangsa saat ini. Dan sebuah langkah nyata pemerintah lewat Jogja Export Expo 2010/ Pameran Produk Ekspor Daerah (PPED) yang saat ini digelar menjadi salah satu sarana bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) memperkenalkan dan mensosialisasikan produk unggulan mereka.

Dan ketika tim BisnisUKM berkesempatan berkunjung ke pameran tersebut (28/10), antusiasme pengunjung pameran cukup tinggi. Terlebih, berbarengan dengan adanya Jogja Export Expo 2010/ Pameran Produk Ekspor Daerah (PPED) ini juga digelar Jogja Fashion Week 2010 dan International Orchid & Agro Expo 2010 di Jogja Expo Center Yogyakarta.

Tim Liputan bisnisUKM