potensi bogorMemiliki luas wilayah sekitar 21,56 km2, Kabupaten Bogor terdiri dari 6 kecamatan yaitu Kecamatan Bogor Selatan, Bogor Utara, Bogor Timur, Bogor Barat, Bogor Tengah, dan Tanah Sareal, serta membawahi sekitar 68 wilayah kelurahan. Dengan jumlah penduduk mencapai 834.000 jiwa pada tahun 2003, Kabupaten Bogor dijuluki sebagai kota hujan karena memiliki tingkat curah hujan yang relatif sangat tinggi.

Video Praktisi

Menyiasati Persaingan Bisnis PaperOn

Berbatasan langsung dengan daerah Sukaraja, Bojonggede dan Kemang di sebelah utara, Sukaraja dan Ciawi di bagian Timur, Cijeruk dan Caringin di sebelah selatan, serta kawasan Kemang dan Dramaga di bagian Barat. Kabupaten Bogor menyimpan potensi bisnis yang menjanjikan nilai ekonomi cukup besar bagi masyarakat sekitar maupun Pemerintah Daerah setempat. Potensi-potensi tersebut meliputi sektor perindustrian dan perdagangan, sektor potensi wisata alam yang menarik wisatawan lokal maupun internasional, sektor agribisnis, hingga sektor bisnis kuliner yang kini mulai diburu masyarakat kota Bogor dan sekitarnya.

Untuk mengetahui potensi-potensi apa saja yang ada di daerah Bogor, berikut ini kami informasikan mengenai beberapa sektor unggulan yang ada di daerah tersebut.

Sektor Industri dan Perdagangan
Perkembangan sektor industri dan perdagangan di Kota Bogor bisa dibilang sangat pesat. Menurut data yang kami peroleh, di tahun 2003 silam jumlah industri yang terdaftar sekitar 2.722 unit dengan tingkat penyerapan tenaga kerja hingga mencapai 43.614 jiwa. Tentunya angka tersebut terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan di tahun-tahun selanjutnya, sehingga tidak heran bila sekarang ini Kabupaten Bogor telah berkembang menjadi salah satu kota yang cukup maju di Provinsi Jawa Barat.

Disamping itu, perkembangan industri di Kota Bogor kini telah berhasil menembus pasar ekspor dengan beberapa produk unggulannya. Misalnya saja seperti produk boneka lucu yang mulai diekspor ke German dan Brazil, ban kendaraan bermotor yang diekspor ke Malaysia, Mexico, Australia, Brazil, Singapore, India, Taiwan, dan sebagainya. Industri tekstil yang mulai merambah ke Negara New Zealand USA, Brunai Darussalam, Malaysia, Belanda, Korea, Italia, Canada, serta beberapa produk furniture yang dikirimkan ke Tasmania, Libya, Philipina, Oman, Kenya, Malaysia, dan lain sebagainya.talas bogor

Sektor Agrobisnis
Di Kabupaten Bogor sendiri sedikitnya terdapat 1.006 Ha lahan sawah, 1.479,67 Ha lahan kering, 868, 29 Ha lahan pekarangan, dan 309.624 Ha lahan perkebunan. Sedangkan untuk lahan berupa situ dan kolam, memiliki luas sekitar 11.470 Ha. Biasanya para petani di daerah Bogor tergabung dalam sebuah kelompok tani, dengan berbagai macam produk agrobisnis ungggulannya, misalnya saja meliputi padi, jagung, kedelai, ubi kayu, ubi jalar, kacang tanah, talas, sayuran, buah-buahan, dan lain-lain.

Potensi Wisata Alam
Memiliki suhu udara yang sejuk, Bogor ternyata menyimpan potensi wisata alam yang menyuguhkan beragam panorama bagi para pengunjungnya. Misalnya saja seperti pemandangan curug atau air terjun, panorama pegunungan, pemandian air panas, kebun binatang, serta beberapa cagar budaya yang menjadi benda peninggalan sejarah kuno. Sebut saja seperti Kebun Raya Bogor, Situ Gede, Curug Ngumpet, Luhur Indah, Cigamea dan Curug Country, Perkebunan Teh Cianten dan Gunung Mas, Kawasan Puncak, Istana Bogor, Prasasti Batu Tulis, serta masih banyak lagi objek wisata lainnya yang menarik minat wisatawan lokal, nasional, bahkan internasional.

Sektor Bisnis Kuliner
Banyaknya tempat wisata di Kota Bogor, ternyata berbanding lurus dengan perkembangan bisnis kuliner di daerah tersebut. Tidak hanya wisata alamnya saja yang menarik para wisatawan, Bogor kini juga dijadikan sebagai salah satu surga jajanan yang menawarkan aneka macam jenis makanan dari mulai cita rasa khas nusantara hingga resep-resep mancanegara. Contohnya saja seperti asinan Bogor, talas Bogor, roti unyil, toge goreng, hidangan laksa, gepuk karuhun, nasi tutug oncom, macaroni panggang, apple pie, es pala, dan lain sebagainya. Tidaklah heran bila sektor bisnis kuliner mampu menyumbang pemasukan APBD lebih dari dari Rp 17 milyar setiap tahunnya.

Melimpahnya kekayaan alam dan potensi bisnis daerah Bogor, membukakan peluang usaha baru bagi seluruh masyarakat di sekitarnya dan menjanjikan untung yang cukup besar setiap bulannya. Karenanya, optimalkan potensi daerah di sekitar Anda, dan dapatkan untung jutaan rupiah setiap bulannya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://hotelsalak.co.id/images/bogor/gunungmas5.jpg
2. http://3.bp.blogspot.com/_OfMtyF0I8OM/TUmLkPiScSI/AAAAAAAAAA8/sxGHd4lSPPI/s1600/talas.JPG