Kamu Pendiam dan Pemalu? Ini Dia 5 Ide Bisnis yang Cocok Buat Kamu!

Kamu Pendiam dan Pemalu? Ini Dia 5 Ide Bisnis yang Cocok Buat Kamu!

Meski banyak yang menganggap orang pendiam dan pemalu tak cocok jadi pengusaha, nyatanya di era digital mencari ide bisnis untuk para introvets tidaklah sulit. (Foto : http://aaatalks.carolinas.aaa.com/)

Banyak yang bilang jadi pengusaha itu harus jago bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarnya, pribadi yang terbuka dan mudah berteman dengan orang-orang yang ditemuinya seringkali dijadikan sebagai gambaran ideal seorang pengusaha.

Lantas, bagaimana jika kamu memiliki pribadi yang pendiam dan pemalu? Apakah artinya kamu tidak cocok untuk jadi pengusaha sukses?

Mungkin pertanyaan seperti ini sudah sering kita dengar sebelumnya, tapi jangan khawatir karena orang introvert dengan karakter pendiam dan pemalu biasanya memiliki kecerdasan dan keterampilan khusus yang tidak dimiliki para ekstrovert yang mudah bersosialisasi dengan lingkungan.

Meski banyak yang menganggap orang pendiam dan pemalu sulit mengembangkan karir di dunia bisnis, nyatanya sekarang ini ada banyak orang yang dulunya cupu atau kurang bergaul, kini justru sukses jadi seorang pengusaha.

Apalagi di era digital seperti sekarang ini, ada banyak ide bisnis yang bisa dijalankan tanpa harus bertatap muda dan bertemu dengan lingkungan baru. Kira-kira ide bisnis apa saja yang bisa dijalankan orang yang pendiam dan pemalu?

Coba simak 5 ide bisnis yang cocok bagi kamu yang pendiam dan pemalu.

Satu, di era serba internet, sekarang ini kamu bisa mendapatkan berjuta-juta kemudahan dalam berbisnis. Bahkan kamu tidak harus grogi bertemu dengan calon konsumen, teriak-teriak menawarkan dagangan ke calon pelanggan, sebab semuanya sekarang bisa dilakukan dengan sistem online. Nah, buat kamu yang malu bertemu dengan orang baru, kamu bisa coba bisnis toko online.

Untuk berkomunikasi dengan pelanggan, kamu bisa menggunakan chat BBM, whatsapp, line, atau bisa juga menggunakan fasilitas coment atau message di sosial media. Selanjutnya pembayaran juga bisa dilakukan via transfer bank, dan pengirimannya menggunakan bantuan jasa ekspedisi. Dengan begitu kamu bisa sukses mendatangkan keuntungan tanpa harus grogi jika bertemu dengan calon pelanggan.

Dua, umumnya orang yang pendiam dan pemalu lebih senang menyalurkan kemampuannya berkomunikasi melalui tulisan. Kamu bisa memanfaatkan keahlian tersebut dengan menjadi penulis freelance, atau bisa juga menjadi seorang blogger. Melalui tulisan yang kamu posting di sebuah blog, kamu bisa menginspirasi orang-orang dan mendatangkan penghasilan setiap bulan. Apalagi sekarang ini banyak blogger yang mendapatkan tawaran untuk mereview sebuah produk, bayarannya pun tak main-main.

Tiga, biasanya orang introvert diam-diam menghanyutkan, di balik sikapnya yang pendiam mereka memiliki keahlian yang mumpuni di bidang desain. Selain menyalurkan suaranya melalui tulisan, kebanyakan orang introvert memilih bidang desain untuk menyalurkan hobi yang mereka miliki. Seharian bergelut dengan komputer atau laptop untuk memproduksi desain-desain lucu, sudah menjadi pekerjaan yang sangat menyenangkan bagi mereka yang lebih senang dengan ketenangan. Nah, kamu bisa memanfaatkan keahlian tersebut untuk membuat produk-produk kreatif, atau melayani jasa desain untuk kalangan pelaku usaha.

Empat, profesi sebagai web developer agaknya paling cocok buat kamu yang introvert. Sibuk dengan komputer tanpa diganggu banyak orang, tak perlu pergi keluar rumah untuk bekerja, menyelesaikan project website berbulan-bulan di depan komputer bakal jadi aktivitas menyenangkan untuk kamu. Jangan sepelekan profesi ini, sebab sekarang ini jasa pembuatan website tarifnya cukup mahal di Indonesia, mulai dari ratusan ribu rupiah sampai puluhan juta.

Lima, translator bakalan lebih nyaman jika bekerja sendiri. Bisa diibaratkan komputer dan laptop menjadi sahabat sejati yang paling mengerti para translator. Apalagi berprofesi sebagai penerjemah membutuhkan konsentrasi tinggi tanpa campur tangan dari banyak orang. Kamu sangat cocok dengan ide bisnis yang satu ini.

Itulah 5 ide bisnis yang bisa kamu coba. Meskipun kamu tak mudah bersosialisasi, tapi bukan berarti kamu tak bisa sukses seperti orang-orang lainnya. Selamat berkarya dan salam sukses!