jamur lingzhiStrategi pemasaran jamur konsumsi memang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Baik memasarkannya langsung dalam keadaan segar ke pasar tradisional dan supermarket-supermarket besar, maupun mengolahnya menjadi aneka macam produk baru yang memiliki nilai jual lebih tinggi. Seperti mengolahnya menjadi makanan sehat sate jamur, burger jamur, keripik jamur, nugget jamur, atau bisa juga diolah menjadi obat herbal yang mampu menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit. Strategi inilah yang saat ini dipilih para petani jamur konsumsi untuk meningkatkan omset pendapatannya, termasuk juga para pembudidaya jamur lingzhi.

Video Praktisi

Memaksimalkan Bisnis Berbasis Hobi, Asimetris Craft

Melihat potensi jamur lingzhi yang khasiatnya dipercaya sebagai bahan baku obat sejak ribuan tahun yang lalu, para pelaku bisnis budidaya jamur ini mulai terdorong untuk berinovasi mengolah hasil panen jamur lingzhi menjadi aneka macam obat herbal. Mulai dari jamur lingzhi kering yang sering dimanfaatkan konsumen sebagai jamu, mengolahnya menjadi ekstrak, serbuk, teh lingzhi, kopi, atau diolah menjadi sirup instan yang siap minum. Sehingga target pasar yang dibidik para pembudidaya jamur lingzhi bisa semakin luas dan untung yang didapatkan pun bisa semakin besar.

Selain mengembangkan hasil panen jamur menjadi aneka macam produk baru, para pelaku usaha budidaya jamur lingzhi juga memanfaatkan alat pemasaran berupa katalog produk untuk meningkatkan hasil penjualannya. Sampai hari ini penggunaan katalog yang menarik dirasa masih cukup efektif untuk mengenalkan sebuah produk kepada khalayak ramai. Sebab, melalui katalog produk konsumen bisa mengetahui bentuk fisik/gambar olahan jamur lingzhi yang ditawarkan, mengetahui apa saja khasiat dan manfaat dari produk tersebut, serta mengetahui harga produk yang dipasarkan. Tidaklah heran bila banyak konsumen akhirnya tertarik membeli produk olahan jamur lingzhi setelah mereka mempelajari katalog produk yang dibagikan para produsen.jamur lingzhi

Nah, sebelum Anda membuat katalog produk untuk memasarkan jamur lingzhi. Berikut ini kami informasikan beberapa tips pemasaran yang perlu Anda perhatikan, agar katalog yang Anda buat berhasil menarik minat konsumen.

  • Lakukan survei pasar sebelum menentukan target konsumen yang ingin Anda bidik. Tahapan ini penting untuk menyesuaikan gaya bahasa, warna, ataupun desain katalog yang akan Anda gunakan. Usahakan tambahkan pula kalimat promosi yang menarik, agar katalog produk yang Anda berikan berhasil memancing perhatian konsumen.
  • Berikan informasi selengkap-lengkapnya tentang produk yang Anda tawarkan melalui katalog. Lengkapi informasi katalog Anda dengan gambar yang menarik, tuliskan kelebihan produk Anda, sampaikan khasiat apa saja yang terkandung dalam obat herbal jamur lingzhi, serta berapa harganya dan bagaimana cara untuk mendapatkannya. Selanjutnya biasakan juga untuk menampilkan produk unggulan Anda pada halaman pertama katalog, sehingga konsumen bisa langsung terpancing dan berminat untuk membeli salah satu produk yang ditawarkan.
  • Disamping membagikan katalog produk secara langsung, Anda juga bisa membagikannya melalui media online. Strategi pemasaran ini sudah banyak dijalankan para pelaku usaha jamur untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Karena itu pastikan aplikasi yang Anda gunakan tidak mempersulit para konsumen, sehingga mereka bisa men-download katalog tersebut dan akhirnya membeli produk jamur lingzhi yang ditawarkan.

Dengan bantuan alat pemasaran berupa katalog produk, kini para pelaku pasar bisa mengkomunikasikan produk mereka ke masyarakat luas tanpa harus bertemu langsung dengan calon konsumennya. Semoga informasi pemasaran bisnis jamur ini bisa bermanfaat bagi para pembaca, selamat berkarya dan salam sukses.