Kemasan

Kemasan Produk UMKM di Kaltara Masih Kurang Menjual

Kemasan Produk UMKM di Kaltara Masih Belum MenjualKetua DPP Asosiasi Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (Akumandiri) Hermawati Setyorinny menilai produk UKM di Kaltara sudah mampu bersaing dengan produk serupa di daerah lain.

Hanya saja, kata dia, produk yang dimiliki pelaku UMKM di provinsi ke-34 ini masih memiliki beberapa kekurangan, yakni salah satunya pada kemasan produknya yang kurang menjual di mata calon konsumen.

“Saya sudah berkunjung ke salah satu pengusaha kripik pisang di Kaltara. Dan sudah mencicipi hasil produknya, ternyata aneka rasa sudah enak. Akan tetapi, kemasan produknya masih agak kasar sehingga belum menarik,” ujarnya, Sabtu (17/12).

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Peluang usaha minuman dengan 100% keuntungan milik mitra, Dapatkan Promo Paket Nyoklat Super.

Oleh sebab itu dirinya mendorong agar pengurus Akumandiri Kaltara lebih meningkatkan kualitas kemasan pelaku UMKM seperti memberikan pelatihan dan pendampingan khususnya dalam hal membuat kemasan produk yang menjual sehingga komoditas yang dihasilkan UKM Kaltara mampu bersaing dengan daerah lain.

“Paling tidak mereka (pelaku UMKM) dapat ditingkatkan sumberdaya manusianya, dan memberikan pelatihan agar kemasan produk UMKM terlihat lebih baik,” sarannya.

Sementara Ketua DPW Akumandiri Kaltara Ali Muhadjir Samsudin, mengakui keterbatasan SDM UMKM dalam membuat kemasan dan membuat produk lebih bervariasi. “Nanti akan ditingkatkan lagi,” janjinya.

Dia juga mengatakan, pihaknya akan mendatangkan pelatih-pelatih berpengalaman guna memberikan pemahaman dan peningkatan SDM UMKM di Kaltara. “Kami akan turun ke lapangan, bahkan jemput bola untuk memberikan pelatihan dan sosialisasi,” tambahnya.

Pihaknya juga berencana mengembangkan perkampungan kecil untuk mengolah industri daur ulang yang berasal dari sampah bekas rumah tangga dan jadi sentra produk UMKM. Saat ini, kata dia, kawasan yang telah dilirik berada di Desa Jelarai, Tanjung Selor, Bulungan.

Sumber