kemasan makananDari sekian banyak kendala pemasaran yang dihadapi para pelaku UKM khususnya dibidang kuliner, kemasan produk menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan sulitnya memasarkan produk makanan maupun minuman. Biasanya para pelaku usaha kurang begitu peduli dengan kemasan yang digunakan, sehingga mereka hanya mengemas produk-produknya dengan bungkus ala kadarnya (seperti misalnya menggunakan plastik bening dan diberi tambahan label dari kertas).

Video Praktisi

Strategi Mengenalkan Produk Baru Brownies Telo

Kondisi ini menjadi bukti nyata bagi kita semua, bahwa sebagian besar pelaku usaha makanan dan minuman kurang menyadari pentingnya kemasan produk bagi pemasaran bisnisnya. Sehingga tidak heran bila perputaran produk makanan dan minuman yang diproduksi menjadi tersendat dan pertumbuhan bisnis yang mereka jalankan pun ikut terhambat. Tentunya para pembaca tidak menginginkan kondisi tersebut juga terjadi pada bisnis Anda bukan?

Pada dasarnya kemasan produk yang menarik memberikan nilai tambah pada produk yang Anda pasarkan. Bahkan tak jarang para konsumen lebih tertarik membeli suatu produk karena kemasannya yang eye catching (enak dipandang) meskipun kualitas produknya biasa-biasa saja. Perilaku inilah yang perlu Anda perhatikan, sehingga model kemasan produk yang unik dan cantik perlu Anda siapkan untuk memikat calon konsumen.

Nah, untuk membantu Anda mempersiapkan kemasan yang unik dan menarik. Berikut ini kami informasikan beberapa alternatif bentuk kemasan yang disukai para konsumen.kemasan produk

  • Bentuk kemasan yang sederhana. Konsumen cenderung lebih senang dengan kemasan yang praktis dan simpel, sehingga mudah dibuka dan tidak menyulitkan ketika akan ditutup kembali. Namun, sederhana yang dimaksudkan disini bukan berarti menggunakan plastik bening dan berlabelkan kertas.
  • Bentuk yang cembung. Konsumen lebih menyukai kemasan produk yang cembung karena terkesan padat dan lebih banyak isinya. Selain itu, kemasan yang masih cembung menjadi salah satu tanda bagi konsumen bahwa kualitas produk di dalamnya masih terjaga dengan baik.
  • Bentuk yang simetris memiliki daya tarik tersendiri bagi konsumen. Biasanya bentuk simetris lebih enak dipandang dan terlihat lebih simpel.
  • Disamping bentuk simetris, kemasan berbentuk bulat juga diminati para konsumen. Semakin unik bentuk kemasan yang Anda ciptakan, maka semakin besar pula minat para konsumen untuk membeli produk tersebut.

Setelah mengetahui beberapa bentuk kemasan produk yang disukai para konsumen, selanjutnya kami informasikan kepada para pembaca tentang berbagai manfaat yang bisa didapatkan pelaku usaha dari kemasan produk.

  • Mempermudah konsumen untuk mengenali produk Anda. Semakin menarik produk yang Anda ciptakan, maka akan mempermudah para konsumen untuk mengingat dan mengenali produk Anda (branding produk). Karenanya, ciptakan sesuatu yang berbeda agar para konsumen memilih produk Anda dan menyingkirkan produk lainnya.
  • Melindungi kualitas produk makanan dan minuman dari kerusakan. Selain memberikan daya tarik tersendiri bagi para konsumen, kemasan ternyata memberikan perlindungan pada produk yang ada di dalamnya. Dengan kemasan yang tepat, produk bisa lebih tahan lama dan terjaga kualitas rasanya. Karena itu sesuaikan produk makanan dan minuman yang Anda pasarkan dengan bentuk kemasan yang Anda gunakan.
  • Memberikan nilai tambah pada produk yang Anda pasarkan. Tak jarang produk makanan dan minuman yang kualitas rasanya biasa-biasa saja bisa terjual laris manis di pasaran karena kemasannya yang cukup menarik. Maka dari itu, sebagian pelaku usaha menjadikan kemasan produk sebagai alat promosi yang sangat efektif.

Semoga tips pemasaran  kemasan produk menarik mendatangkan daya tarik ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pelaku bisnis makanan dan minuman yang mengalami kendala dalam hal pemasaran. Teruslah berkarya dan ciptakan produk terbaik Anda, salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://kemasanukm.com/image-product/img131-1285813162.jpg
2. http://kemasanukm.com/image-product/img23.jpg