Kenali Dulu Perilaku Konsumenmu Sebelum Promosikan Produkmu

/ / Pemasaran /

Kenali Dulu Perilaku Konsumenmu Sebelum Promosikan ProdukmuSebagai seorang pengusaha maupun pelaku pasar tentu kita sering menemui beragam konsumen dengan perilaku yang berbeda-beda. Ada konsumen yang ramah dan menerima penawaran kita dengan baik, ada konsumen yang terlalu banyak menuntut, ada konsumen yang terlalu detil dan sulit untuk mengambil keputusan membeli sebuah produk atau jasa, serta ada juga pembeli yang pasif dan kurang tertarik dengan penawaran yang kita sampaikan.

Perilaku-perilaku konsumen tersebut sering kali membuat kita kerepotan dan menjadi salah satu kendala dalam pemasaran produk atau jasa. Namun, sebagai seorang entrepreneur maupun pemasar sejati, kita harus bisa belajar mengenal perilaku para konsumen dan merencanakan berbagai strategi pemasaran yang sesuai dengan perilaku mereka.

Nah, untuk membantu para pelaku usaha maupun pemasar yang kesulitan menghadapi berbagai tingkah laku dari konsumennya, berikut ini kami informasikan beberapa perilaku konsumen yang sering kita temui di lapangan beserta tips cara menghadapinya.

Konsumen yang agresif

Biasanya mereka tidak suka membuang-buang waktu, dan menginginkan hasil yang optimal. Oleh karena itu sebisa mungkin jangan terlalu banyak basa-basi ketika menghadapi konsumen agresif, berikan informasi produk maupun jasa dengan jelas dan to the point (langsung pada intinya). Yakinkan mereka dengan menginformasikan keuntungan yang dapat mereka peroleh dari produk maupun jasa yang ditawarkan. Agar mereka tertarik dengan penawaran kita, dan akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Konsumen yang ramah

Menghadapi konsumen yang ramah tentu menyenangkan, namun bukan berarti kita bisa menanggapinya sebelah mata dan tidak melakukan strategi pemasaran apapun untuk menarik perhatian mereka. Jika kamu mendapati konsumen yang cukup ramah, maka sambut keramahan tersebut dengan berusaha menjadi teman mereka. Hubungan baik yang terjalin, secara tidak langsung dapat membangun loyalitas konsumen. Sehingga mereka tidak ragu untuk memutuskan berlangganan produk atau jasa yang kita tawarkan.

Konsumen yang detail dan kritikus

Perilaku konsumen selanjutnya yaitu konsumen yang sangat teliti dan senang mengkritik produk atau jasa yang kita tawarkan. Untuk meyakinkan konsumen seperti ini, berikan informasi secara lengkap dan terperinci. Pastikan semua point yang ingin kamu tawarkan bisa dimengerti konsumen tersebut. Karena mereka akan terus mencari informasi tambahan, sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk membeli sebuah produk.

Konsumen yang pasif

Menghadapi konsumen yang pasif tentu bukan urusan mudah bagi pengusaha maupun pelaku pasar. Konsumen ini lebih cenderung diam dan sulit untuk tertarik pada sebuah penawaran. Karenanya sebagai pemasar kamu harus pintar-pintar mengambil hati mereka, cobalah untuk menawarkan produk atau jasa yang sering mereka butuhkan. Sebab, konsumen seperti ini lebih tertarik membeli produk atau jasa yang menjadi kebutuhan utama mereka.

Setelah mengenal berbagai perilaku konsumen beserta strategi menghadapinya, semoga para pembaca dapat memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumen. Karena bagaimanapun juga, konsumen memegang peranan penting dalam kesuksesan bisnismu. Kenali perilaku konsumenmu, dan berikan layanan prima kepada mereka. Selamat berkarya dan salam sukses.