Percaya nggak kalau CD/DVD bisa menjadi barang yang bermanfaat  bahkan menguntungkan? Bahkan CD/DVD bisa menjadi kerajinan yang berpeluang ekspor.

Video Praktisi

Pentingnya Nilai Tambah Suatu Produk, Lumica Jogja

Coba bayangkan jika masing-masing orang di dunia ini memiliki 5 CD/DVD yang sudah tidak terpakai lagi.Tentu dunia ini akan dipenuhi CD/DVD bekas. Dari pada dibuang sayang, lebih baik kita mengkreasikannya menjadi barang yang menguntungkan. Peluang bisnis dari CD/DVD bekas ini sangat besar

Kerajinan dari CD/DVD bekas ini patut Anda coba karena pasarnya masih luas. Kerajinan ini memiliki keunikan tersendiri. Banyak kreasi yang bisa dihasilkan dari CD/DVD bekas ini. Seperti tempat tisu, bingkai foto, lampu, hiasan dinding, dan masih banyak lagi.
Bisnis ini dapat dilakukan oleh para pelajar atau orang tua. Artinya bisnis ini bisa dilakukan oleh semua kalangan.

Pasar untuk produk ini cukup luas. Produk yang dihasilkan memiliki variasi harga yang beragam. Harga produk yang dihasilkan tergantung dari tingkat kesulitan dalam membuatnya. Cara pembuatan yang mudah memiliki harga yang lebih rendah dari pada barang yang dibuat dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

Berikut adalah cara pembuatan tempat tisu

Bahan dan peralatan :
1.    2 buah CD/DVD bekas
2.    Lem Kayu
3.    Cat kayu
4.    Penggaris
5.    Gergaji Kecil
6.    Vernis
Cara pembuatan :
1.    Potong CD/DVD menjadi setengah bagian
2.   Lukislah CD/DVD sesuai dengan kreasi Anda
3.    Siapkan potongan kayu ukuran 6 cm x 15 cm x 1 cm (1 buah) disebut papan A, 15 cm x 3 cm x 1 cm (2 buah) disebut sebagai papan B, 15 cm x 2 cm x 1 cm (2 buah) disebut sebagai papan C.
4.    Beri lapisan pernis pada permukaan papan
5.    Rekatkan papan A dan B sehingga membentuk huruf U. kemudian tempelkan CD/DVD yang telah di lukis pada kedua papan B tersebut.
6.    Apit CD/DVD yang telah ditempelkan pada papan B. Rekatkan dengan lem.

Diolah dari berbagai sumber

sumber gambar : http://id.88db.com