Manajemen UKM

Kesulitan Usaha Kecil Menengah Dalam Mengelola SDM

Mengelola SDMUsaha dengan skala besar maupun kecil, bahkan usaha menengah sekalipun, pada saat tahap awal atau sedang dalam masa merintis usaha pastinya sering menghadapi berbagai masalah. Beberapa masalah penting tersebut diantaranya adalah masalah yang berkaitan dengan loyalitas karyawan. Masalah ini kerap terjadi baik di kalangan UKM maupun perusahaan besar. Meskipun demikian, jika masalah tersebut tidak dipikirkan sejak awal maka bisa saja usaha mengalami kegagalan di tengah jalan karena para karyawan berpindah ke perusahaan lain.

Lalu, apa yang dapat Anda lakukan bagi usaha Anda?

Mengelola sumber daya manusia bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) mungkin menjadi salah satu hal yang menantang. Adanya keterbatasan orang membuat para pemilik UKM juga dituntut untuk dapat menguasai pengelolaan SDM di perusahaan mereka, bahkan sebagian besar pemilik UKM juga menjalin kerjasama dengan pihak lain untuk urusan SDM mereka.

Franchise King Coklat Premium

Franchise King Coklat Premium

Harga Promo 3,8 Juta Saja Mendapatkan Booth, Blender, X-Banner, 100 Bahan Baku Gratis, dan semua perlengkapannya.

Nah berikut ini adalah tantangan yang sering dihadapi oleh para pemilik UKM dalam mengelola manajemen SDM.

Kepatuhan Dengan Hukum

Sebuah usaha yang semakin berkembang tentunya akan semakin membutuhkan aturan-aturan untuk mengatur pelaksanaan di perusahaan tersebut yaitu peraturan perusahaan. Sesuai dengan peraturan Undang-undang bahwasannya usaha yang telah memiliki karyawan lebih dari 10 orang maka wajib bagi mereka untuk membuat sebuah peraturan perusahaan. Peraturan tersebut nantinya juga harus terdaftar di Dinas Tenaga Kerja setempat. Dan yang paling penting yaitu bahwa dalam peraturan perusahaan harus sejalan juga dengan peraturan dalam Undang-undang.

Selain itu, ada banyak hal baru yang pada akhirnya juga harus ditetapkan oleh perusahaan dan mengacu pada peraturan perundang-undangan, diantaranya seperti hak istirahat karyawan, hak atas jaminan kesehatan serta hak atas lembur karyawan dan lain sebagainya. Proses untuk menghasilkan penetapan tersebut bisa jadi menguras banyak waktu para pemilik UKM, hal itulah yang menjadi tantangan tersendiri bagi Anda para pemilik UKM untuk meluangkan waktu dalam hal ini.

Membina Hubungan Baik Dengan Karyawan

Karyawan merupakan salah satu aset berharga bagi sebuah perusahaan, baik perusahaan besar maupun usaha kecil. Perlu adanya pemeliharaan juga agar karyawan Anda tetap produktif dalam bekerja. Sebagai pemilik usaha Anda juga ditantang untuk lebih memperhatikan kinerja karyawan, selain dalam hal tugas juga kondisi pribadinya. Dapat memposisikan diri menjadi seorang atasan sekaligus bisa menjadi teman bagi karyawan adalah salah satu tantangan yang akan Anda hadapi. Selain itu, tetap bersikap netral juga menjadi tantangan dalam kondisi yang demikian itu. Dengan begitu, Anda sebagai pemilik usaha bisa lebih mengasah rasa empati Anda supaya lebih tercipta suasana yang hangat di dalam perusahaan Anda.

Anggaran

Untuk sektor UKM, yang menjadi fokus utama sebuah pencapaian adalah revenue atau pendapatan perusahaan. Dengan cara menertibkan segala hal yang berkaitan dengan SDM maka bisa jadi Anda akan menambah biaya atau cost yang harus dikeluarkan. Misalnya saja untuk pendaftaran asuransi kesehatan, penambahan uang lembur maupun karyawan baru.

Beberapa hal tersebut mungkin sebelumnya belum ditetapkan sehingga pada akhirnya harus disiapkan agar manajemen SDM sesuai dengan peraturan yang ada. Untuk masalah ini memang diperlukan keyakinan serta kemantaban dari diri Anda. Yakinlah bahwa usaha kecil yang Anda jalankan dapat menjadi lebih besar lagi jika SDM didalamnya dikelola dengan baik.

Semoga bermanfaat dan salam sukses!

Sumber gambar : http://www.learnmarketing.com.au/wp-content/uploads/2014/02/shutterstock_137097875-1024x756.jpg