sukses usahaBerhasil merintis sebuah usaha ternyata belum bisa menjanjikan kesuksesan bagi pelakunya. Tak jarang para pelaku usaha harus gigit jari manakala bisnis yang dijalankannya mengalami kebangkrutan akibat gempuran pasar yang semakin pesat.

Tingginya persaingan pasar dan besarnya tuntutan konsumen menjadikan langkah para pengusaha dalam mempertahankan eksistensinya tidak lebih mudah daripada merintis sebuah usaha. Kondisi seperti ini tentunya menjadi tantangan besar bagi para pelaku bisnis, sehingga dibutuhkan strategi-strategi jitu agar kesuksesan usaha mereka tetap bisa terjaga di tengah persaingan pasar yang semakin meningkat.

Nah, untuk membantu para pelaku usaha mempertahankan eksistensi bisnisnya. Pada kesempatan kali ini sengaja kami informasikan beberapa tips bisnis yang bisa Anda jalankan agar kesuksesan bisnis Anda tetap terjaga di tengah ramainya persaingan yang ada.

Pertama, jadilah solusi total bagi permasalahan para konsumen. Ketika Anda telah berhasil merebut kepercayaan para konsumen, maka selanjutnya tingkatkan loyalitasnya dengan memenuhi kebutuhan yang mereka cari. Strategi tersebut cukup efektif untuk mempererat hubungan Anda dengan para konsumen. Dengan memberikan total solution bagi permasalahan yang mereka hadapi, tentunya konsumen pun semakin enggan untuk berpaling ke produk yang lain.

Kedua, ikuti perkembangan pasar. Untuk mempertahankan kesuksesan bisnis Anda, sebaiknya ikuti perkembangan trend pasar yang diminati para konsumen. Dengan mengikuti perkembangan trend terbaru, maka Anda bisa mengetahui minat para konsumen saat ini dan berusaha memenuhinya untuk menciptakan kepuasan pelanggan. Semakin sering Anda melakukan inovasi, maka semakin besar pula peluang yang Anda ciptakan untuk memenangkan persaingan pasar.

Ketiga, amati gerakan para pesaing. Laju pertumbuhan para pesaing perlu diamati agar pelaku usaha bisa mengetahui seberapa besar ancaman yang ada di sekitarnya dan strategi apa yang bisa mereka gunakan agar bisnisnya tidak tenggelam di tengah gempuran persaingan yang ada. Ketika pergerakan para pesaing telah Anda ketahui, maka secara tidak langsung Anda akan termotivasi untuk mencari ide-ide baru dan menciptakan inovasi produk unik guna mengatasi ancaman kompetitor yang semakin sengit. rencana bisnis

Keempat, fokus untuk mengembangkan usaha Anda. Ketika Anda dikelilingi para pesaing, maka jangan pernah takut dan usahakan untuk menentukan satu prioritas utama yang menjadi target bisnis Anda, baik untuk rencana jangka pendek maupun jangka panjang. Dengan menentukan prioritas utama yang ingin Anda capai, maka secara tidak langsung Anda bisa lebih fokus membawa bisnis tersebut semakin ke depan dan meninggalkan para pesaing Anda.

Kelima, perluas jaringan bisnis Anda. Banyak orang mengatakan “Semakin banyak relasi, semakin banyak rejeki.” Perumpamaan tersebut memang sangat cocok bagi para pelaku usaha. Dengan memiliki banyak relasi, maka semakin besar pula peluang sukses yang mereka miliki, sehingga tidak heran bila pemasaran bisnisnya semakin pesat dan perkembangan usahanya mengalami peningkatan yang cukup positif. Ingat, semakin kuat kerjasama yang Anda jalin, maka semakin mudah pula jalan Anda dalam mempertahankan eksistensi usaha.

Semoga informasi kiat sukses mempertahankan eksistensi usaha ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula yang sedang mulai merintis sebuah usaha. Ciptakan strategi jitu bagi bisnis Anda dan jadilah pemenang dalam setiap persaingan yang ada, salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://onlinebusinessanalyzer.com/wp-content/uploads/2011/01/2265652.png
2. http://www.jmurphylawoffice.com/yahoo_site_admin/assets/images/Business-Law.21791915_std.jpg