bisnis jagungMenjalankan usaha di daerah seperti wilayah Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, ternyata tidak membuat Kartini menyerah pada keadaan sekitarnya yang bisa dibilang sangat jauh dari hingar bingar kota besar. Melihat potensi jagung yang cukup melimpah di daerah tempat tinggalnya, Kartini nekat untuk merintis usaha jual beli jagung yang menjanjikan untung besar setiap bulannya.

Video Praktisi

Mencari Ide Bisnis Dari Limbah Rumah Tangga

Bila pedagang jagung lainnya mengandalkan para tengkulak untuk memasarkan produk-produknya, Kartini lebih memilih memanfaatan teknologi modern seperti media online untuk memperluas jangkauan pasarnya. Melalui situs online atau website yang sengaja Ia ciptakan, Kartini mendapatkan banyak klien dari Pulau Jawa maupun luar Jawa. Sebut saja seperti Daerah Blora dan Pemalang Jawa Tengah, Tuban, Malang, Madiun, dan Ponorogo Jawa Timur, Tasikmalaya, Jakarta, serta beberapa daerah di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Di bawah bendera UD. Putra Megatawang, semakin hari semakin banyak pula calon konsumen yang mengetahui keberadaan bisnis jual beli jagung yang dijalankan Kartini. Melalui strategi promosi online yang Ia jalankan, setiap harinya Putra Megatawang bisa mengirimkan hasil panen jagung sekitar 200 ton ke beberapa pembeli yang tersebar di berbagai pelosok negeri. Dengan harga jual jagung basah berkisar Rp 1.500 per kilogramnya, bisnis Kartini diperkirakan mendatangkan omset per hari hingga Rp 300 juta atau sekitar Rp 9 milyar setiap bulannya.benih jagung

Dibantu oleh 30 orang tenaga kerja srabutan dan 10 orang tenaga admin, sekarang ini bisnis Kartini tidak hanya menjadi suplier jagung saja namun juga mulai memasarkan hasil bumi lainnya, seperti gabah, beras, kacang hijau, kedelai, dan lain sebagainya.

Dengan menjunjung tinggi kejujuran dalam menjalankan usahanya serta menawarkan harga bersaing kepada para pembelinya, sekarang ini omset milyaran rupiah setiap bulannya bisa masuk ke kantong Kartini dari transaksi jual beli jagung yang telah Ia tekuni.

Semoga informasi singkat mengenai kisah pengusaha sukses menekuni bisnis jagung yang kami angkat pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi seluruh lapisan masyarakat di berbagai pelosok daerah untuk terus berkarya menciptakan peluang bisnis baru dan mendatangkan untung besar setiap bulannya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://putramegatawang.com/wp-content/uploads/2011/07/jagung.jpg
2. http://www.bisi816.com/wp-content/uploads/2010/11/bantuan-benih-purworejo.jpg