menjadi pengusaha suksesMenjadi seorang pengusaha saja ternyata belumlah cukup untuk meraih sebuah kesuksesan. Meskipun jumlah pengusaha Indonesia saat ini sudah cukup banyak, namun semuanya belum bisa dikatakan sukses menjadi pengusaha yang benar-benar memiliki karakter. Tidak jarang para pengusaha harus mengalami sebuah kegagalan, karena mereka belum memiliki daya saing dan karakter yang cukup kuat untuk menghadapi berbagai tantangan.

Video Praktisi

Tips Menghadapi Kompetitor, Owner Poyeng Knit Shop

Memang tidaklah mudah untuk menjadi seorang pengusaha yang bermental kuat dan berdaya saing tinggi. Dibutuhkan pola pikir positif dan lingkungan yang tepat untuk dapat menciptakan calon pengusaha sukses. Untuk mengetahui kunci sukses menjadi pengusaha berkarakter, berikut faktor pendukung yang perlu diperhatikan bagi para pemula maupun pelaku usaha guna mencapai kesuksesan dalam bisnisnya.

Pola Pikir Positif (Mindset)

Berpikir positif untuk meraih sukses merupakan kunci utama yang perlu kita praktekan untuk bisa menjadi pengusaha yang berkarakter sukses. Sebab pola pikir atau mindset yang kita miliki sangat menentukan setiap tindakan yang akan kita lakukan. Apabila kita memiliki mindset yang positif maka secara tidak langsung pikiran kita akan mengarahkan setiap langkah ke arah yang positif pula, dan begitu juga sebaliknya. Bila kita cenderung berpikiran negatif dan selalu pesimis dengan segala hal yang dikerjakan, bisa dipastikan bila kita hanya akan gagal sebelum sampai di puncak kesuksesan.

kunci sukses

Pola pikir yang positif juga dapat memberikan motivasi dan kekuatan pada diri kita agar tidak menyerah dengan hambatan, ancaman, tantangan maupun gangguan yang sering muncul di tengah perjalanan kita menuju sukses. Karena pada dasarnya untuk meraih sebuah kesuksesan dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah, hingga akhirnya kita sampai di puncak kesuksesan yang telah ditentukan. Untuk bisa mencapainya ada beberapa pola pikir yang perlu kita tumbuhkan dalam menciptakan karakter sukses, yaitu pola pikir untuk selalu disiplin, membuka pikiran untuk terus belajar dan belajar, pola pikir untuk selalu kreatif dan inovatif dalam menciptakan peluang, terbuka dan menghargai setiap perbedaan, serta pola pikir yang mampu membangun motivasi diri kita agar bisa bangkit dari setiap keterpurukan.

Lingkungan yang Tepat (Environment)

Tak bisa dipungkiri bahwa 80% karakter manusia terbangun dari lingkungan yang ada disekitarnya. Mulai dari lingkungan keluarga, sekolah, tempat tinggal, sampai lingkungan tempat kerja, secara tidak langsung akan membentuk kebiasaan ataupun budaya dalam diri seseorang sesuai dengan lingkungan dimana dia berada. Misalnya saja kita berada di lingkungan yang selalu taat beribadah, rajin bekerja dan semangat menyelesaikan tanggungjawab yang ada, serta cenderung optimis melihat setiap peluang, tentu kita akan terbawa suasana lingkungan tersebut dan dari yang awalnya terpaksa menjadi sebuah kebiasaan positif yang telah melekat di dalam diri kita.

Dari proses inilah karakter sukses mulai terbentuk. Karena kesuksesan yang kita inginkan sepenuhnya berada ditangan kita, dan didukung oleh lingkungan yang ada disekitar kita. Untuk itu penting bagi kita untuk memilih lingkungan yang benar-benar tepat. Sebab, dari lingkungan yang tepat akan tercipta sebuah kebiasaan baru yang pastinya akan menghasilkan banyak manfaat.

Gunakan pola pikir yang positif dan pilih lingkungan yang tepat agar kesuksesan yang kita impikan dapat tercapai dengan karakter kuat yang kita miliki. Mulailah dari yang kecil, mulailah dari yang mudah, dan mulailah dari sekarang. Salam sukses!!!

sumber gambar : http://sp.life123.com/bm.pix/successful-fundraiser.s600x600.jpg dan http://1.bp.blogspot.com/_Rm5bFt47hL8/TDvpSp41BsI/AAAAAAAAAD4/plts3V2f1IM/s1600/cara-kerja-mindset.jpg