Manajemen UKM

Laba Usaha Masih Minus Bukan Berarti Bisnis Anda Bangkrut

laba usaha minusLika-liku perkembangan bisnis memang tak selamanya berjalan manis. Terkadang kita dihadapkan pada sebuah situasi yang tidak menyenangkan, dimana kondisi keuangan usaha masih minus sedangkan biaya operasional harus tetap dikeluarkan setiap bulannya.

Menghadapi kondisi yang seperti ini, tak sedikit bisnis rintisan yang akhirnya harus menyerah di tengah jalan karena mereka belum berhasil menutupi seluruh biaya operasional setiap bulannya dengan laba usaha yang mereka terima. Padahal, sebenarnya laba usaha masih minum bukan berarti bisnis Anda bangkrut.

Franchise King Coklat Premium

Franchise King Coklat Premium

Harga Promo 3,8 Juta Saja Mendapatkan Booth, Blender, X-Banner, 100 Bahan Baku Gratis, dan semua perlengkapannya.

Sedikitnya ada tiga langkah sederhana yang bisa Anda ambil untuk menyelamatkan kondisi keuangan usaha Anda.

1. Minimalkan biaya manajemen

Tantangan pertama yang Anda hadapi dalam kondisi seperti ini adalah memikirkan bagaimana caranya menghasilkan penjualan lebih banyak sekaligus mengurangi pengeluaran uang dan menyiasati proses administratif. Bila perlu buatlah sistem yang ramah pengguna sehingga setiap karyawan bisa mengerjakan satu sampai dua pekerjaan. Dengan begitu, Anda bisa meminimalisir biaya manajemen dan bisa mengalihkan dana tersebut untuk mengoptimalkan strategi pemasaran.

2. Fokus memperbaiki pemasaran

keuangan usahaUntuk menutupi seluruh biaya operasional per bulan, tentunya Anda harus fokus memperbaiki strategi pemasaran yang ada untuk mengatasi krisis laba yang sedang Anda hadapi. Dalam hal ini Anda bisa memulainya dengan mengevaluasi kualitas produk yang dipasarkan, menyusun strategi pemasaran yang efektif untuk mendapatkan respon bagus dari konsumen, serta memperbaiki pelayanan bisnis Anda agar kredibilitas bisnis Anda semakin diakui para konsumen. Dari seluruh strategi pemasaran yang dijalankan, jangan lupa untuk melakukan tolak ukur agar bisa melihat mana strategi yang paling efektif.

3. Jadikan setiap karyawan Anda sebagai staf penjualan

Agar omzet penjualan Anda turut meningkat, Anda bisa mendidik seluruh karyawan di perusahaan Anda sebagai tenaga penjual. Tanyakan pada karyawan Anda mengenai cara yang mereka hendak lakukan untuk meningkatkan laba usaha setiap bulannya. Berikan kesempatan selebar mungkin bagi karyawan Anda untuk ikut menyumbangkan ide, tenaga, dan pikirannya agar bisa mendongkrak penjualan produk, mendorong pertumbuhan laba usaha, dan bersama-sama membesarkan bisnis Anda. Jangan sungkan memberikan tambahan bonus bagi mereka yang telah berkontribusi lebih untuk meningkatkan laba usaha Anda.

Dengan menerapkan tiga langkah sederhana di atas, semoga kedepannya Anda bisa mulai memperbaiki kondisi keuangan yang awalnya minus menjadi surplus. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://visittoukraine.com/uploads/images/news/investment.jpg
2. http://2.bp.blogspot.com/-FLtPrTZtt0s/UcGudpi4FkI/AAAAAAAAAJw/dz3QcLfV3DU/s320/finance3.jpg