Manfaat Iklan Baris bagi Bisnis Online

iklan baris gratisMemanfaatkan iklan baris, sering dijadikan solusi jitu bagi para pelaku usaha untuk mempromosikan bisnis yang dijalankannya. Saat ini bukan hanya surat kabar saja yang menyediakan kolom iklan baris, perkembangan bisnis di internet juga dimanfaatkan sebagian besar orang untuk membuat situs iklan baris secara online. Dan minat pasarpun sangat bagus, mengingat iklan baris merupakan alat promosi yang cukup efektif bagi bisnis online.

Sekarang ini iklan baris menjadi sarana bagi pelaku bisnis online untuk menawarkan produk dan jasa melalui internet, serta menjadi alat untuk mempromosikan website atau blog mereka kepada masyarakat luas. Meskipun iklan baris tidak memiliki ruang yang besar, layaknya pada iklan banner. Namun sebagai gantinya, para pemasang iklan bisa mencantumkan contact person (nomor telepon, alamat usaha, dll) yang dapat dihubungi, serta mencantumkan informasi produk yang akan ditawarkan.

Bukan itu saja, penyedia layanan iklan baris juga memberikan penawaran menarik dengan mengelompokan iklan yang dipasang sesuai dengan kategori produk bisnisnya. Misalnya saja kategori properti, produk makanan, produk fashion, produk elektronik, bisnis online, dll. Hal ini tentu memudahkan para konsumen untuk menemukan produk atau peluang bisnis yang mereka butuhkan. Jadi tak perlu diragukan lagi bila perkembangan iklan baris di internet, memberikan banyak manfaat bagi para pelaku bisnis online untuk mendapatkan konsumen.

Nah, untuk mengetahui apa saja manfaat iklan baris bagi bisnis online. Mari kita bahas bersama kelebihan dan kekurangan yang diperoleh jika kita memasang iklan baris.

Kelebihan dari iklan baris

1. Kelebihan yang pertama yaitu, biaya iklan baris lebih murah dibandingkan biaya iklan lainnya. Bahkan sekarang sudah banyak situs-situs yang menawarkan iklan baris gratis bagi para pengunjungnya.

2. Iklan baris di internet, bukan hanya menjangkau konsumen lokal saja. Karena dengan internet, iklan Anda akan tersebar hingga ke berbagai negara. Tentu ini akan sangat bermanfaat bagi pemasaran bisnis online Anda.

3. Iklan baris bisa ditampilkan sesering mungkin. Jadi kemungkinan bisnis online Anda dikenal banyak orang, semakin terbuka lebar.

4. Proses follow up pesanan jadi lebih cepat, sebab konsumen bisa memesan secara online melalui chat online maupun email. Hal ini memudahkan Anda untuk memenuhi permintaan konsumen dengan segera.

5. Pemasangan iklan baris di internet, bisa diproses dengan cepat. Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk memastikan bisnis Anda mulai dipasarkan di internet.

Kekurangan iklan barisilustrasi iklan baris

1. Ruang iklan yang terbatas, membuat para pelaku usaha tidak dapat mencantumkan gambar  yang mendukung pemasaran.

2. Selain itu, jumlah kata yang digunakan juga terbatas. Oleh karena itu pilih kata-kata yang efektif, usahakan untuk memberikan informasi dengan padat dan jelas.

3. Karena biaya iklan baris murah, maka tak heran bila banyak pesaing yang ikut menggunakan jasa tersebut. Sebisa mungkin buat judul iklan dan informasi yang menarik konsumen, agar iklan baris Anda banyak dikunjungi pengguna internet.

Untuk membantu promosi pada bisnis online, tidak ada salahnya bila Anda memanfaatkan iklan baris yang ada di internet sebagai alat promosi. Buatlah judul iklan dengan kata kunci (keyword)yang banyak dicari search engine, dan berikan informasi yang banyak dibutuhkan konsumen. Cobalah pasang iklan baris di situs yang sudah populer, untuk memudahkan pengguna internet menemukan situs Anda. Semoga berhasil dan salam sukses.
Sumber gambar : http://blog.bukatokoonline.net/wp-content/uploads/2010/06/berpromosi-dengan-teks-dan-banner.jpg dan http://mazkurniawan.files.wordpress.com/2010/09/iklan-baris-gratis.jpg