potensi bisnis pati
potensi bisnis pati

Dikenal sebagai Kota Pensiunan karena sebagian besar penghuninya adalah para purnawirawan atau pensiunan yang sudah lepas jabatan, Kabupaten Pati ternyata memiliki potensi bisnis yang terbilang cukup manis. Berbatasan langsung dengan Laut Jawa di bagian utara, Kabupaten Rembang di sebelah timur, Kabupaten Blora dan Kabupaten Grobogan di sudut selatan, serta Kabupaten Kudus dan Jepara di bagian barat, Pati merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki beragam potensi bisnis yang cukup menjanjikan.

Video Praktisi

Strategi Pemasaran Konveksi Mbojo Souvenir

Tak hanya dikenal sebagai sentra penghasil bandeng presto ( tepatnya di Kecamatan Juwana), Kabupaten Pati juga dikenal sebagai sentra budidaya buah manggis dan jambu mete. Wilayahnya yang terbilang strategis dengan potensi alam yang begitu berlimpah, menjadikan para investor tertarik untuk membangun sentra industri di kawasan tersebut, contohnya saja seperti PT. Dua Kelinci dan PT. Garuda Food yang sejak tahun 1985 silam mulai memproduksi kacang garing di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Agar tidak penasaran dengan manisnya potensi bisnis di kota pensiunan (Pati), berikut ini kami informasikan beberapa sentra industri di Daerah Pati yang bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk merintis peluang bisnis baru.

Sentra Industri Ikan
Bila sebelumnya banyak orang menganggap Bandeng Juwana merupakan makanan khas dari Semarang, sebetulnya sentra penghasil bandeng presto adalah Kecamatan Juwana yang terletak di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Berada di kawasan pesisir utara Pulau Jawa, Kecamatan Juwana merupakan kota terbesar kedua setelah ibukota Kabupaten Pati. Potensi hasil tambak maupun tangkapan nelayan yang terdapat di sentra industri tersebut antara lain, ikan bandeng, udang, ikan tongkol, kakap merah, kepiting, ikan pe, cumi, dan ikan kerapu. Di wilayah ini pula terdapat sejumlah industri pengasapan ikan hasil tangkapan nelayan untuk memasok sejumlah daerah di Jawa Tengah. Tak heran, jika Kota Juwana menjadi terkenal di sejumlah daerah di sebagai salah satu daerah pemasok ikan.

Sentra Penghasil Buah
Selain memiliki potensi perikanan yang cukup besar, Kabupaten Pati juga dikenal sebagai sentra penghasil buah yang cukup berlimpah. Di Kota Bumi Mina Tani ini sedikitnya ada sekitar 206.128 batang pohon mangga yang setiap musimnya mampu memproduksi 577.158 kuintal mangga. Selain itu ada juga buah rambutan yang tumbuh di sekitar Kecamatan Gunungwungkal, Cluwak, Gembong, Tlogowungu, Wedarijaksa, serta Kecamatan Trangkil.  Buah durian juga tumbuh subur di Kecamatan Gunungwungkal, Cluwak, Gembong, dan Tlogowungu. Sedangkan untuk sentra buah jambu monyet bisa kita temukan di Desa Margorejo dan sentra buah manggis di Desa Gunungsari.

Sentra Kerajinan Kuningan
Sentra industri kerajinan kuningan bisa kita temui di Kecamatan Juwana, tepatnya sekitar 12 kilometer sebelah timur Ibukota Pati. Di kawasan tersebut bisa kita jumpai puluhan pengrajin kuningan yang produknya tak hanya dipasarkan ke sekitar Kabupaten Pati, namun juga mulai merambah sejumlah negara tetangga. Di sentra industri kerajinan kuningan ini, kita bisa menemukan beberapa barang unik, mulai dari barang-barang perabot rumah tangga, cindera mata, sparepart atau mesin, dan lain sebagainya.

Sentra Industri Makanan Ringan

kacang garing
kacang garing

Dua produsen kacang garing yang cukup terkenal di Indonesia, yakni PT. Dua Kelinci dan PT. Garuda Food mulai tertarik mengolah kacang tanah di sekitar Kabupaten Pati dengan bantuan teknologi canggih sehingga menghasilkan produk kacang garing yang kualitasnya benar-benar terjaga. Seiring dengan perkembangan pasar, sekarang ini dua produsen tersebut tidak hanya memproduksi kacang garing namun juga mulai menciptakan makanan ringan lainnya seperti misalnya kacang salut, kacang atom, pilus, kacang polong, kacang koro, dan masih banyak lagi produk turunan lainnya. Pemasarannya pun tidak hanya menjangkau pasar lokal, namun juga mulai merambah pasar nasional dan internasional.

Melimpahnya potensi kekayaan alam di Kota pensiunan ini, menjadi modal utama Kabupaten Pati menuju masa depan yang lebih cerah lagi. Semoga informasi potensi Daerah Pati yang kami angkat pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia untuk segera terjun merintis usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://inspirasirakyat.files.wordpress.com/2012/05/i-luv-pati4.jpg
2. http://www.realduakelinci.com/wp-content/uploads/2011/12/kacang-garing.png