Masih Ragu Jualan Online? Pembeli Online Indonesia Sebanyak Ini Lho!

/ / Pemasaran /
Pembeli Online Indonesia Sebanyak Ini Lho

E-commerce Indonesia kini sudah mencapai 24,7 juta orang dengan rata-rata pengakses internet mencapai 132,7 juta orang. (Foto : www.cnnindonesia.com)

Seiring dengan bertambahnya kalangan masyarakat kelas menengah, ternyata Indonesia siap menjadi hotspot e-commerce untuk kawasan Asia Tenggara.

Tak tanggung-tanggung, berdasarkan data Waresocial pada 2017 jumlah pembeli online yang melakukan transaksi melalui e-commerce Indonesia kini sudah mencapai 24,7 juta orang dengan rata-rata pengakses internet mencapai 132,7 juta orang. Melihat jumlah tersebut, apa kamu masih juga ragu jualan online?

Potensi itulah yang menobatkan Indonesia sebagai satu negara dengan populasi digital terbesar di Asia. Bahkan total nilai pasar e-commerce Indonesia sekarang ini mencapai 5,6 miliar dolar AS dengan rata-rata transaksi pembelian setiap orang mencapai 228 dolar AS per tahun.

Apalagi sekarang ini pengguna internet di Indonesia mulai beralih dari yang dulunya membuka lewat dekstop, kini kebanyakan pembeli di negara kita mengakses internet dengan perangkat seluler. Tidak jarang mereka melakukan transaksi pembelian juga via mobile atau smartphone.

Head of Trade Partnership Blibli.com Lay Ridwan Gautama mengatakan, konsumen terbesar dari pasar digital adalah generasi milenial. Data yang dihimpun Blibli.com menyebutkan 63% kaum muda sudah terbiasa melakukan transaksi secara online. “Secara keseluruhan, 42% orang Indonesia pernah membeli barang secara online. Saat ini sektor bisnis mengarah ke era digital,” ungkapnya dikutip dari gatra.com.

Namun, di tengah perkembangan tersebut, bisnis digital di Indonesia juga menghadapi banyak tantangan. Budaya beli masyarakat kita yang belum teredukasi untuk bertransaksi secara online, terkadang membuat sejumlah pengusaha masih enggan beralih ke e-commerce.

Tidak hanya dari segi konsumen yang masih belum begitu percaya dengan transaksi online, para pelaku usaha pun masih banyak yang belum memahami betul mekanisme bisnis digital. sehingga banyak yang masih ragu untuk beralih dari pasar offline ke digital.

Tapi setelah melihat potensi pasarnya sangat besar, apa kamu masih juga ragu mulai jualan online? Segeralah melangkah agar bisnismu tak sampai kalah. Salam sukses!