Pemasaran

Mau Jualan Tapi Masih Kesulitan Menentukan Harga Produk?

Mau Jualan Tapi Masih Kesulitan Menentukan Harga Produk?Banyak para produsen yang dapat membuat sebuah produk yang berkualitas dalam skala kecil maupun dalam skala besar. Namun, tidak sedikit juga dari para produsen yang belum dapat menguasai pasar dengan baik sehingga masih kurang memahami dalam menentukan harga jual produk dan bagaimana cara pemasarannya. Padahal seorang pengusaha pastinya ingin mendapatkan keuntungan besar dari penjualan produknya.

Harga jual yang baik merupakan harga yang berlaku secara umum atau biasa juga disebut dengan harga pasaran dan harga yang dinilai pantas oleh para konsumen. Harga jual produk juga menjadi sesuatu yang sangat sensitif untuk keberlanjutan usaha dan juga bisnis Anda, karena ada cukup banyak hal yang akan terpengaruh dengan harga jual produk yang Anda tentukan. Jadi jika Anda sebagai pelaku bisnis asal-asalan dalam menentukan harga produk, maka hal itu dapat meningkatkan resiko kerugian usaha yang bisa Anda alami.

Baca Juga Artikel Ini :

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Peluang usaha minuman dengan 100% keuntungan milik mitra, Dapatkan Promo Paket Nyoklat Super.

Tips Menentukan Harga Produk Sembako

Strategi Jitu Menghindari Perang Harga

1. Pelanggan

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pelanggan adalah prioritas bagi Anda sebagai pelaku bisnis, jadi pastikan bahwa harga jual yang Anda tentukan bisa diterima oleh pelanggan. Artinya harga jual menentukan kualitas yang Anda tawarkan kepada target pelanggan Anda. Jika Anda tidak mempertimbangkan faktor penting ini, bisa jadi produk yang Anda tawarkan tidak akan laku terjual.

2. Pesaing

Penting juga bagi Anda sebagai pelaku bisnis untuk melihat harga jual yang ditawarkan oleh para pesaing yang mempunyai produk yang sama dengan Anda. Oleh sebab itu, pastikan harga jual produk Anda bisa bersaing dengan harga jual produk pesaing. Artinya Anda harus benar-benar memperhatikan tingkat keuntungan, jika tingkat keuntungan yang sudah Anda tetapkan menyebabkan harga jual terlalu mahal, sebaiknya Anda menurunkan tingkat keuntungan.

3. Biaya

Biaya merupakan faktor utama dalam menentukan harga jual produk, karenanya jangan sampai harga jual yang Anda tetapkan tiak bisa menutup biaya-biaya yang sudah terjadi. Artinya Anda harus benar-benar jeli dan juga teliti dalam menghitung biaya yang terjadi. Pastikan juga bahwa tidak ada biaya yang terlewatkan atau tidak Anda masukkan dalam perhitungan. Jika ada biaya tidak Anda hitung, maka hal itu akan menyebabkan harga yang tidak tepat, sehingga akan mempengaruhi tingkat keuntungan bahkan menyebabkan kerugian.

4. Kemanfaatan Untuk Usaha

Arti dari poin penting ini yaitu, apakah harga jual yang Anda tentukan sudah pantas ataukah belum. Dapat di nilai pantas jika harga jual bisa memberikan keuntuangan sesuai yang Anda harapkan. Seandainya keuntungan yang diharapkan bisa tercapai maka hal tersebut akan mempermudah Anda dalam ekspansi perkembangan bisnis yang Anda miliki.

Itulah beberapa tips bisnis yang penting untuk Anda perhatikan dalam menentukan harga jual produk. Semoga bermanfaat dan salam sukses!