Kemasan

Memilih Kemasan Produk Sesuai Dengan Trend Pasar

Contoh desain kemasan produk“Kemasan sebenarnya bukan perkara salah atau benar. Namun lebih kepada fungsinya sebagai pelindung yang bisa meningkatkan nilai jual” M. Gondo Kuswanto.

Kebingungan seperti itulah yang sering dialami UKM ketika hendak membuat kemasan produk, kata M. Gondo Kuswanto (salah satu Co Founder CV. Yogyakartas) ketika ditemui tim liputan BisnisUKM.com, Senin (02/11) yang lalu.

Baca Juga Artikel Ini :
Membuat Desain Kemasan Produk Cookies
Sebelum Membuat Kemasan Produk Kenali Jenis Bahannya

Sebagai produsen kemasan kertas dan tas kertas, Yogyakartas melihat animo masyarakat khususnya pelaku UKM terhadap penggunaan kemasan belakangan ini sudah mulai meningkat. Namun sayangnya, sampai saat ini UKM masih belum bisa menentukan desain kemasan seperti apa yang tepat untuk produknya dan bagaimana cara membuat kemasan produk yang menarik di mata konsumen.

Simak petikan wawancara bisnisUKM bersama M. Gondo Kuswanto dari Yogyakartas, agar Anda tak salah langkah dalam memilih desain kemasan.

Mengapa memilih fokus di produk kemasan kertas dan tas kertas?

Alasan kita waktu memulai fokus di kemasan kertas dan tas kertas adalah seiring dengan pertumbuhan UKM di Indonesia, baik itu yang baru memulai ataupun UKM yang sudah berjalan menuju perusahaan yang lebih besar lagi, hampir setiap bulan permintaan kemasan kertas dan tas kertas selalu ada. Animo masyarakat untuk memulai usaha juga sangat tinggi, kecenderungan itulah yang kita tangkap untuk kita terjun di bisnis kemasan dan tas kertas.

Soklat Banget, Murah Banget

Soklat Banget, Murah Banget

Paket mulai dari 3,8 Juta mendapatkan semua perlengkapan lengkap.

Tips membuat kemasan dari founder YogyakartasBagaimana kesadaran UKM sendiri terkait penggunakan kemasan produk yang menarik?

Kalau masyarakat tingkat UKM sudah mulai concern terhadap packaging (kemasan). Jadi sekarang UKM mulai melirik produk-produk import, sehingga mereka memiliki keinginan agar produknya tidak kalah dengan produk import. Sekarang mereka sadar bahwa kemasan menjadi daya tarik tersendiri dan menambah nilai jual bagi produk yang mereka pasarkan.

Saat ini orderan yang paling tinggi dari produk kemasan kertas atau paper bag?

Kita saat ini orderan sudah hampir seimbang untuk kedua produk tersebut. Jadi untuk trendnya ada beberapa customer yang awalnya order kemasan kemudian selanjutnya order paper bag, tapi untuk saat ini UKM yang kecil juga sudah mulai memesan kemasan yang modern.

Kebanyakan saat ini yang memesan kemasan adalah bisnis kuliner. Bagaimana dengan produk lainnya, katakanlah seperti produk fashion apa juga pernah ada yang pesan kemasan disini?

Ada, kita juga pernah produksi kemasan untuk jilbab. Kemudian ada juga permintaan untuk kemasan kosmetik, aksesoris gadget, box jam tangan, selain itu produk fashion untuk baju anak. Tapi untuk saat ini produk fashion kebanyakan lebih memilih ke paper bag.

Untuk trend 2015 kemasan seperti apa yang paling banyak diminati?

Kalau saat ini dari segi bentuk kemasan sudah mulai variatif. Misalnya ini ada kemasan bentuk kerucut yang sudah mulai repeat order, ada juga kemasan bentuk pensil untuk kemasan produk tempe. Model lain yang cukup diminati, seperti window laminasi jadi ketika kemasan ditutup pun produk masih tetap bisa terlihat oleh customer. Selain itu ada juga hot print, ada dua macam biasanya warna silver dan emas. Dengan begitu kemasan ini terlihat eksklusif dan lebih mahal dari kemasan yang lain.

Menurut Yogyakartas, point apa saja yang perlu dicantumkan dalam kemasan?

Saya ambil salah satu contoh kemasan makanan. Kemasan yang memiliki unsur lengkap itu mencantumkan merek produk, tagline, alamat atau keterangan produsen, selain itu menyebutkan aneka menu, sampel gambar produk, saran penyajian, komposisi, kode produksi dan tanggal expired (kadaluarsa).

Cara membuat kemasan produkSejauh mana kemasan produk bisa berpengaruh terhadap minat beli konsumen?

Kami yakin hampir 90% kemasan produk mempengaruhi daya beli konsumen. Jadi kemasan bisa menunjukkan siapa produsennya, apa isinya, bagaimana rasanya bisa terwakili dari tampilan kemasan. Sehingga meskipun produknya biasa-biasa saja, namun konsumen bisa tergoda karena tampilan kemasannya.

BINGUNG CARI IDE BISNIS ?

Dapatkan Ratusan Ide Bisnis Dilengkapi Dengan Analisa Usaha.

Klik Disini

Bagi pelaku UKM yang ingin membuat kemasan produk, apa saja hal penting yang perlu diperhatikan?

Saran kami agar kemasan lebih menarik dan menjual, yang pertama perlu diperhatikan adalah pemilihan warna kemasan. Yang kedua adalah logo, karena selama ini UKM banyak yang asal-asalan membuat logo. Selanjutnya bentuk desain kemasan, dan yang terakhir material atau bahan kertas yang digunakan untuk membuat kemasan

Tim Liputan BisnisUKM