Memilih souvenir Gift bag dan goody bag adalah kantong yang sekaligus berfungsi sebagai pembungkus hadiah atau kado. Agar lebih istimewa, kantong hadiah ini sebaiknya berpenampilan cantik, menarik, dan tematis sesuai dengan acara. Daya tarik gift bag dan goody bag tidak hanya terletak pada bentuk, tapi juga hiasan, warna, motif, gambar, tekstur, serta aksesorisnya. Isi dari gift bag dan goody bag biasanya memiliki tema tertentu, tergantung kepada siapa hadiah itu diberikan. Jika diberikan kepada pelajar sekolah, gift bag dan goody bag biasanya berisi peralatan sekolah, sementara jika diberikan kepada ibu rumah tangga biasanya berisi peralatan dapur atau kosmetik.

Video Praktisi

Menanggapi Adanya Pasar Jenuh

Apabila bentuk serta pola gift bag dan goody bag sesuai dengan isinya, hal itu tentu akan menjadi paket bingkisan yang mengesankan bagi si penerima. Sehingga sebelum benar-benar memberikan gift bag dan goody bag sebaiknya memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Budget

Perlu dari awal kita menetapkan berapa budget untuk persiapan sebuah acara. Setelah itu, dipilah-pilah lebih detail. Berapa dana untuk gift bag dan goody bag, berapa untuk bayar pengisi acara, dan lain lain. Misalnya, orang tua sudah menyiapkan budget total untuk pesta ultah sekian rupiah. Setelah itu, mulai sewa tempat, sewa mc, sewa badut, dan sebagainya. Pemilihan Gift bag dan goody bag dilakukan terakhir. Ternyata sisa uang hanya cukup membeli Gift bag dan goody bag seadanya. Hal ini tentu membuat acara ultah seakan kurang sukses. Karena, kenang-kenangan yang tersisa dari acara ultah adalah Gift bag dan goody bag

2. Tema

Sesuaikan Gift bag dan goody bag dengan tema acara yang diselenggarakan, misalnya ulang tahun.

3. Manfaat

Pilih Gift bag dan goody bag yang bermanfaat dan bisa digunakan oleh yang menerima. Jangan cuma bagus dilihat atau dipandang, tapi tidak bisa digunakan sebagai apa-apa.

4. Snack

Penerima Gift bag dan goody bag mayoritas adalah anak-anak. Jadi snack adalah hal yang tidak dapat dipisahkan dari Gift bag dan goody bag. Pilih snack yang menyehatkan, tidak mudah menyebabkan batuk, sakit tenggorokan, dan lain-lain.

5. Informasi

Untuk hasil yang lebih baik, cari informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat produsen Gift bag dan goody bag. Bisa dari teman, saudara, atau bahkan penyedia Gift bag dan goody bag. Segala macam informasi mengenai Gift bag dan goody bag baik mengenai jenis, harga, maupun tempat-tempat yang menyediakan Gift bag dan goody bag, tentunya sangatlah berharga dalam mengambil keputusan.

Beberapa hal yang diperlukan untuk membuat Gift bag dan goody bag antara lain:

Bahan

1. Aneka Karton

Karton manila, karton bergelombang, karton daur ulang, karton dari dus bekas

2. Aneka Jenis Kertas

Kertas pembungkus kado, kertas warna, kertas daur ulang, kertas timbul/ bertekstur, kertas warna emas dan perak

3. Aneka Tali

Tali cord, tali nilon, tali rotan, pita aneka warna, pita emas/ perak, renda

Peralatan

Gunting, cutter, pelubang kertas, double tape, penggaris, lem

Pola

Untuk setiap kreasi Gift bag dan goody bag dibutuhkan sebuah pola sebagai dasar untuk membuat agar Gift bag dan goody bag lebih menarik dan teratur.

Peluang bisnis gift bag and goody bag ini, merupakan bisnis yang dapat bertahan lama. Karena hampir setiap hari banyak orang yang merayakan pesta ulang tahun atau acara-acara yang membutuhkan kantong untung tempat snack maupun aksesorries. Bisnis kerajinan inipun dituntut untuk selalu mengembangkan ide kreatifnya dalam menciptakan desain  gift bag and goody bag yang menarik. Agar produk yang dihasilkan dapat menjadi lebih variatif dan konsumenpun lebih tertarik menggunakan produk Anda.

sumber gambar: http://www.papershopink.com/uploaded_images/giftbags-708121.jpg