Inspirasi Bisnis, Video UKM

Memperkenalkan Kaos Muslim Vikrah Sebagai Media Dakwah

kaos muslimSebagai salah satu produk fashion, kaos banyak digemari konsumen karena cukup nyaman ketika dikenakan dan menawarkan pilihan desain yang sangat beragam. Motivasi inilah yang kemudian mendorong Dido Ahmad Salman (38) untuk menekuni bisnis kaos muslim vikrah sebagai media dakwah yang diharapkan bisa mendatangkan untung berlimpah setiap bulannya.

Ditemui Kamis (22/11) di kediamannya yang berlokasi di Komplek Riung Bandung Permai, Dido mengaku bahwa sejak beberapa tahun yang lalu dirinya telah memiliki ketertarikan untuk membuat kaos muslim. Sebelumnya Ia sempat membuat produk kaos muslim yang mengangkat tokoh-tokoh Islam, namun bisnis tersebut kemudian berhenti hingga akhirnya setelah lebaran tahun 2012 ini Dodi mulai serius untuk membangun kembali ide bisnis yang sempat Ia miliki. “Setelah vacum beberapa tahun kemudian saya mencoba membuat desain baru yang lebih santun, unik, serta mengemas ide-ide keislaman dengan desain yang berbeda,” terang bapak satu putra tersebut.

Soklat Banget, Murah Banget

Soklat Banget, Murah Banget

Paket mulai dari 3,8 Juta mendapatkan semua perlengkapan lengkap.

MEMPERKENALKAN KAOS MUSLIM VIKRAH SEBAGAI MEDIA DAKWAHBermodalkan keahliannya dalam membuat sebuah desain, alumni Sekolah Tinggi Ilmu Seni Rupa dan Desain Indonesia (STISI) ini mengusung nama Vikrah sebagai brand produk yang Ia pasarkan. Menurut penuturan Dodi, kata Vikrah sendiri memiliki arti ide atau pemikiran. Dalam menjalankan usahanya, Ia sengaja membidik segmen anak muda untuk memasarkan produk-produknya. “Disini kami membidik remaja putri berusia 15 sampai 18 tahun dan untuk konsumen laki-laki kami membidik kalangan remaja hingga dewasa,” ungkap Dodi ketika ditanya mengenai segmen pasar yang Ia bidik.

Dengan memanfaatkan bahan baku lokal berupa cotton combat 30s yang Ia peroleh dari sekitar Bandung, setiap desain hasil karya Dodi diproduksi menjadi 50 pcs kaos dengan dua pilihan warna yang cenderung cerah. Biasanya, satu roll kain bisa dikreasikan menjadi 5 pcs kaos cowok atau sekitar 3-4 pcs kaos cewek. Dengan mematok harga ecer sekitar Rp 100.000,00 untuk kaos wanita dan Rp 90.000,00 untuk kaos pria, Dodi menjanjikan potongan harga sekitar 35-40% bagi para konsumen yang tertarik menjadi agen distribusinya.

kemasan kaos vikrahMeskipun sekarang ini Dodi masih kesulitan dalam hal pemasaran dan permodalan, namun Ia tetap yakin bahwa kaos muslim Vikrah bisa bersaing dengan produk lainnya di pasaran. Dibantu oleh satu orang tenaga kerja, sekarang ini Dodi mencoba menawarkan sistem keagenan serta memanfaatkan website online untuk memasarkan produk-produknya. “Kita coba memasarkan melalui keagenan dari jaringan teman-teman dan juga pemasaran online dengan website www.vikrah.com,” jelasnya.

Menutup perjumpaannya dengan tim bisnisUKM, Dodi berharap agar Vikrah Muslim T-shirt bisa dikenal masyarakat luas, dan kedepannya bisa berkembang menjadi salah satu ikon kaos muslim dengan desain yang santun, berkarakter unik, serta sesuai dengan fashion remaja muslim di penjuru nusantara.

Tim liputan BisnisUKM