Mengoptimalkan bisnis online dengan menggunakan keyword atau kata kunci yang banyak dicari pengguna internet, merupakan cara efektif untuk membantu blog ataupun website Anda dikunjungi banyak orang. Bukan hanya itu, penggunaan keyword yang menarik juga membuat website atau blog kita mudah ditemukan oleh mesin pencari (search engine). Oleh sebab itu, penggunaan keyword yang spesifik pada fokus tema blog atau website menjadi perhatian tersendiri bagi para blogger, karena hal tersebut  merupakan salah satu cara untuk mempromosikan bisnis mereka di dunia maya.

Video Praktisi

Strategi Pemasaran Menjalankan Usaha Konveksi

Yang dimaksud dengan keyword sendiri adalah kata kunci yang sering dituliskan pengguna internet pada mesin pencarian, seperti google, yahoo, dll. Umumnya keyword yang sering dituliskan para user, berkisar antara dua sampai lima kata. Karena keyword sangat penting dalam internet marketing, maka wajar saja mencari keyword menarik untuk bisnis online tidaklah tergolong mudah. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, agar keyword yang Anda pilih tepat dan mudah ditemukan oleh search engine.

Pertama lakukan Riset keyword.

Hal ini sangat diperlukan, agar Anda tidak salah dalam menentukan keyword atau kata kunci. Usahakan untuk memilih kata kunci yang banyak diketikan pengguna internet di mesin pencarian. Untuk mempermudah riset, Anda bisa menggunakan layanan gratis seperti adwords keyword tool yang ada di google. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan informasi data yang akurat, dan memperoleh pilihan kata kunci yang sesuai dengan konten-konten pada website atau blog Anda.

Kedua cantumkan keyword-keyword menarik, pada konten Anda.

Setelah mengetahui hasil riset keyword yang banyak dicari pengguna internet, selanjutnya Anda bisa mencantumkan kata kunci tersebut pada judul konten, post tag, isi konten, serta pada SEO pack. Cara tersebut akan mempermudah pengguna internet untuk menemukan konten-konten yang ada di blog maupun website Anda. Tentunya ini akan memberikan keuntungan bagi bisnis online Anda, seperti meningkatnya jumlah kunjungan dari para pengguna internet dan membantu pemasaran bisnis online Anda.

Ketiga perhatikan keyword density atau kerapatan keyword yang Anda gunakan.

Ini sangat penting, untuk menghindari adanya keyword stuffing (penggunaan kata kunci yang berulang-ulang) yang bisa membuat pengunjung tidak tertarik membaca konten Anda. Secara umum kerapatan keyword yang dianjurkan hanya sekitar 3-7% dari perbandingan kata yang bukan merupakan kata kunci. Bila Anda membuat konten yang berisi 300 kata, maka idealnya kata kunci yang bisa digunakan antara 5 sampai 10 kata. Hindari penggunaan keyword terlalu banyak, karena akan dianggap spam oleh mesin pencarian. Usahakan perbandingan keyword dan konten yang dibuat, tidak terlalu mencolok. Jika Anda belum yakin dengan perbandingan yang tepat, Anda bisa mencoba keyword density checker untuk menentukan tingkat kerapatan kata kunci dari blog atau website Anda.

Semakin banyak orang mencari kata kunci yang Anda gunakan, maka semakin besar pula peluang bisnis online Anda masuk di halaman pertama mesin pencarian. Oleh karena itu cermati kata kunci yang Anda gunakan, agar situs Anda mudah ditemukan berkembang optimal. Sekian informasi bisnis online untuk pekan ini, dan semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi kita semua. Salam sukses.

sumber gambar : http://www.sumintar.com/wp-content/uploads/2008/07/sumintar-seo-keywords.jpg dan http://denisuryana.files.wordpress.com/2009/12/keywords.jpg