Salah satu produk hortikultura di negara kita yang cukup berpotensi yaitu kentang. Tanaman yang berasal dari daerah subtropis di Eropa ini, sudah mulai dibudidayakan di Indonesia sejak pertengahan abad ke 17. Di Indonesia sendiri, kentang tumbuh subur di daerah pegunungan yang memiliki ketinggian sekitar 1.000-3.000 m dpl, dengan suhu sekitar 18°-21°C, dan membutuhkan sinar matahari 9-10 jam per hari.  Daerah-daerah yang menjadi sentra budidaya kentang antara lain Jawa Barat (Cimahi, Lembang, Pandeglang), Jawa Tengah (Magelang), Bali, dll.

Video Praktisi

Strategi Promosi Ubiyabi Melalui Media Sosial

Perkembangan budidaya kentang yang sangat bagus, menjadikan tanaman ini sebagai komoditas  hortikultura yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi serta banyak diminati masyarakat. Bukan hanya itu saja, masyarakat memanfaatkan hasil pertanian ini untuk kebutuhan rumah tangga maupun untuk keperluan industri. Hal ini membuat pemasaran kentang selalu meningkat dari tahun ke tahun.

Tak heran bila usaha kecil menengah yang belakangan ini semakin ramai, juga banyak yang menggunakan kentang sebagai bahan baku produknya. Para pengusaha memilih kentang untuk bahan baku produknya, karena tanaman umbi ini banyak diminati pasar dan memiliki potensi bisnis yang cukup tinggi. Salah satu contoh produk olahan kentang yang dijadikan sebagai peluang usaha adalah stick kentang, atau lebih dikenal dengan french fries (kentang goreng).

Munculnya produk-produk baru yang semakin beragam, membuat persaingan usaha kecil menengah semakin ketat. Sehingga diperlukan kreativitas dan inovasi baru, agar sebuah produk tidak kalah bersaing dengan pasar yang sudah ada. Dan strategi bisnis jitu yang dilakukan pelaku usaha untuk memenangkan persaingan pasar, yaitu dengan mengolah kentang menjadi makanan baru (french fries) yang diminati konsumen.Camilan kentang goreng banyak disukai konsumen, karena rasanya yang gurih cocok dijadikan sebagai teman membaca buku, menonton televisi atau sekedar sebagai teman ngobrol bersama teman-teman.

Besarnya minat konsumen akan produk kentang goreng, mendorong para pengusaha untuk selalu  berinovasi dengan memberikan tambahan aneka rasa dengan bumbu instan. Sensasi bumbu yang beraneka rasa dan hasil gorengan yang renyah, membuat para konsumen tidak bosan membeli produk tersebut.

Proses pembuatan kentang goreng sebenarnya sangat mudah. Dengan menggunakan mesin potong kentang, saat ini para pelaku usaha kecil menengah dapat memproduksi stick kentang atau kentang goreng dalam jumlah yang banyak. Karena dengan mesin tersebut, mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk menyiapkan bahan baku. Disamping itu hasil potongan kentang pun bisa seragam, sehingga tampilannya lebih menarik. Dengan mesin potong kentang yang memiliki kapasitas 50 kg per jam, sangat membantu pengusaha kentang goreng dalam menyiapkan produk camilan yang berkualitas.

Maka tak salah, jika mesin potong kentang ini menjadi solusi tepat bagi para UKM untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin meningkat.  Untuk mencari mesin potong ini juga cukup mudah, bahkan bisa melalui online. Seperti pada www.anekamesin.com.

Bisnis kentang goreng bisa dijadikan sebagai peluang usaha kecil menengah yang sangat menjanjikan. Terutama bagi masyarakat di daerah-daerah yang memiliki bahan baku kentang cukup melimpah. Semoga informasi mencari mesin potong kentang untuk UKM, dapat bermanfaat. Salam sukses.

Informasi
Berbagai mesin potong kentang/singkong stick dapat diperoleh :
Aneka Mesin
d/a : Jl. Baru Mulungan No. 15 Gondangan Penen Sendangadi Mlati Sleman, Yogyakarta
Call Support : Senin – Sabtu (Jam 08.00 – 16.00)

  • » Phone : (0274) 6945 660
  • » Phone : (0274) 4360 789
  • » Telkomsel : 081-22-77-999-12
  • » Indosat : 08574-33-666-88
  • » XL : 0878-91-20-20-10

Fax : (0274) 4360 789
Website : http://anekamesin.com

sumber gambar : http://anekamesin.com/produk-mesin/mesin-industri-ukm/mesin-potong-kentang-singkong-stick.html dan http://3.bp.blogspot.com/_V2AyCctP0m4/TDE71PMnReI/AAAAAAAAAjg/9QCCxLv9h94/s1600/cara+membuat+kentang+goreng.jpg