peluang bisnis jamur di daerah pedesaanDengan melihat potensi alam di wilayah pedesaan yang masih sangat melimpah, tentu tidak sulit bagi kita untuk mencari peluang bisnis di daerah pedesaan. Kondisi lingkungannya yang masih sangat asri dan kontur tanah yang terbilang sangat subur, menjadi salah satu potensi daerah yang bisa diangkat sebagai peluang usaha. Salah satunya seperti mencari peluang bisnis di bidang agrobisnis yang omzetnya tak kalah besar dengan peluang bisnis lainnya.

Video Praktisi

Inovasi Produk Gudeg Jogja

Untuk bidang  pertanian saya menyarankan usaha budidaya jamur komsumsi. Mengapa bisnis budidaya jamur konsumsi? Alasannya, sebab selain modalnya tidak terlalu besar, bangunan seperti rumah atau kamar kosong yang sudah ada dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk dijadikan sebagai kumbung jamur. Peluang bisnis budidaya jamur konsumsi juga tidak membutuhkan perhatian yang terlalu intens, resiko kegagalannya kecil, dan sangat gampang untuk mempelajarinya.

Disamping alasan-alasan di atas, saat ini komoditas jamur juga sedang naik daun. Adanya perubahan pola konsumsi masyarakat yang belakangan ini sudah lebih memperhatikan kualitas makanan sehat yang dikonsumsi sehari-hari (bukan hanya sekedar makan untuk mengenyangkan perut), menjadikan peluang bisnis jamur konsumsi semakin bersinar terang di tahun 2014 ini.

Pertimbangan lain dari peluang usaha budidaya jamur adalah Anda dapat mengolah hasil panen jamur segar menjadi berbagai macam makanan siap saji yang bisa meningkatkan nilai tambah pada produk pertanian yang dihasilkan. Beberapa produk olahan jamur yang bisa dikembangkan sebagai peluang bisnis turunan antara lain bisnis keripik jamur, sate jamur, lumpia jamur, jamur crispy, hingga produk jamur segar atau jamur kering yang bisa dipasarkan ke berbagai pasar modern.

Selain juga berfungsi untuk meningkatkan daya tahan produk, karena jamur segar kelemahannya adalah tidak tahan lama apabila sudah dipetik (maksimal 1 hari setelah pemanenan harus terjual), peluang bisnis turunan dari olahan jamur juga bisa Anda manfaatkan untuk bisa mendatangkan tambahan income setiap bulannya.

Dengan begitu, Anda bisa mendatangkan beberapa sumber keuntungan dari satu bidang usaha yang Anda geluti, yakni bisnis budidaya jamur konsumsi.

Semoga bermanfaat dan salam sukses!

Firdaus Ginting

firdaus ginting expert bisnisukm.com

Establishing Business

Firdaus Ginting mulai menekuni bisnis jamur pada tahun 2008 . Pada awal mula berbisnis jamur, beliau membudidayakan jamur tiram. Melihat peluang bisnis jamur yang semakin berkembang, beliau mulai membuat baglog sendiri untuk dijual pada petani jamur lainnya. Tidak hanya melayani suplai bibit jamur di Jawa, beliau juga mensuplai daerah Sumatera dan Kalimantan. Tidak hanya sampai di situ saja, Firdaus Ginting juga memanfaatkan peluang bisnis olahan jamur dengan memproduksi keripik jamur tiram dengan brand Griya Jamur Miselia.