provinsi-bantenDengan jumlah penduduk mencapai 10.632.166 sesuai data sensus penduduk tahun 2010 silam, Banten merupakan salah satu provinsi baru di Indonesia yang ditetapkan berdasarkan UU No. 23 tahun 2000. Berbatasan langsung dengan Laut Jawa di sebelah utara; Selat Sunda di sebelah barat; Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat di bagian timur; serta Samudera Hindia di sebalah selatan, wilayah Banten menjadi jalur lalu lintas laut yang cukup strategis. Yakni menghubungkan antara Australia dengan kawasan Asia, serta menjadi penghubung antara Pulau Jawa dan Sumatera.

Menjadikan Kota Serang sebagai pusat pemerintahan, secara administratif Provinsi Banten dibagi menjadi 4 wilayah kabupaten dan 4 kawasan kota, yaitu meliputi Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kota Tangerang, Kota Serang, Kota Cilegon, dan Kota Tangerang Selatan. Berada pada 8° di selatan garis katulistiwa, membuat Daerah Banten beriklim tropis dengan suhu udara rata-rata 28°C. Bagian selatan Banten merupakan daerah perbukitan landai, sementara bagian utara merupakan daerah dataran rendah atau pantai.

Melihat karakteristik daerah Banten yang cukup beragam, yakni terdiri dari wilayah perbukitan serta pantai, tidak heran bila banyak potensi bisnis daerah yang bisa dikembangkan di provinsi tersebut. Sebut saja seperti potensi pertanian, potensi peternakan, potensi kelautan dan perikanan, serta potensi pertambangan.

Potensi Pertanian Banten
Sejak tahun 2002 silam, tingkat produksi pertanian di Daerah Banten mengalami peningkatan yang cukup positif meskipun kecenderungannya masih terbilang lamban. Seperti pada tahun 2005, potensi pertanian Banten mulai berkembang menjadi 364.721 ha dan 1.812.495 ton dengan tingkat produksi per hektar sekitar 49,6 ton/ha. Selain itu, produksi tanaman palawija juga mengalami peningkatan sebesar 4,08% setiap tahunnya dengan tingkat rasio mencapai 1,64. Dua tanaman palawija yang cukup diandalkan masyarakat Banten sebagai potensi unggulan yaitu ubi kayu dan kacang kedelai.

Potensi Peternakan Banten
Beberapa hewan ternak yang banyak dibudidayakan masyarakat Banten antara lain sapi potong, sapi perah, kerbau, kambing, domba, unggas (ayam buras, ayam ras pedaging dan petelur, serta itik), dan lain sebagainya. Secara keseluruhan, jumlah populasi ternak yang dibudidayakan masyarakat terus mengalami peningkatan dari tahun 2002-2004 dengan rata-rata laju pertumbuhan jumlah dan jenis populasi sebesar 24,97% per tahun. Sedangkan untuk populasi unggas, jumlahnya mengalami laju pertumbuhan sekitar 16,70% pada tahun 2002-2005.

Potensi Kelautan dan Perikanan Bantenpotensi perikanan
Provinsi Banten merupakan salah satu wilayah yang sangat strategis, dengan luas wilayah sekitar 8.800,83 Km2 dan garis pantai 517,42 km, Banten memiliki potensi sumberdaya kelautan dan perikanan yang cukup besar. Letaknya yang berbatasan langsung dengan Ibu Kota Negara dan juga sebagai jembatan gerbang antara Pulau Jawa dan Sumatera, menjadikan Banten sebagai daerah yang paling strategis di sektor kelautan dan perikanan di wilayah Indonesia. Beberapa potensi kelautan dan perikanan yang cukup menonjol antara lain potensi ikan tangkap, budidaya ikan air tawar, terumbu karang, rumput laut, karang hijau, objek wisata pantai, dan lain sebagainya. Untuk ikan tangkap, diproduksi di Kecamatan Labuan dan Panimbang (Kabupaten Pandeglang), Terate dan Karangantu (Kabupaten Serang), serta di Kecamatan Kronjo dan Cituis (Kabupaten Tangerang).

Potensi Pertambangan Banten
Potensi pertambangan Banten terdapat di wilayah Pandeglang bagian selatan dengan hasil tambang berupa emas, perak, titanium, pasir besi, minyak bumi dan galian C, sedangkan untuk potensi batubara banyak ditemukan di daerah Bayah, Bojongmanik, dan Cimandiri. Selain itu, ditemukan pula kandungan minyak bumi di wilayah Kabupaten Pandeglang dan Lebak, serta pasir besi yang saat ini mulai dikembangkan oleh pemerintah setempat.

Nah, setelah mengenalkan potensi bisnis di Provinsi Banten, kini giliran Anda untuk mengoptimalkan potensi bisnis di daerah masing-masing guna meningkatkan perekonomian di daerah lokal maupun nasional. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/48905_1713294194_7422_n.jpg
2. http://bharatanews.com/userfiles/ekonomi/benih%20ikan.jpg