Bulan Ramadhan segera tiba. Bulan yang penuh dengan berkah ini selalu di nantikan oleh seluruh umat muslim. Berkah Ramadhan datang satu kali dalam setahun dan sayang untuk dilewatkan. Berkah usahapun ikut dirasakan oleh banyak orang dengan datangnya bulan Ramadhan. Banyak muncul usaha musiman yang memanfaatkan potensi pasar yang ada di bulan ini. Mengintip peluang bisnis menjelang puasa, pada saat puasa dan saat lebaran tiba memang cukup menarik. Melihat di tahun-tahun sebelumnya peluang bisnis ini cukup baik. Peluang Usaha yang dapat di jalankan baik itu menjelang puasa, pada saat puasa dan saat lebaran tiba banyak sekali jenisnya, berikut ada beberapa alternative peluang usaha tersebut.

Video Praktisi

Temukan Ide Bisnis dari Hobi Travelling

Bunga Tabur
Tradisi nyekar atau berziarah menjelang puasa sudah ada pada masyarakat Indonesia sejak dulu. Satu minggu sebelum memasuki masa puasa, jumlah peziarah pemakaman biasanya melebihi hari-hari biasa dan hal ini tentunya berdampak pada tingginya permintaan akan bunga tabur. Pada awal memasuki bulan ramadhan permintaan bunga tabur melonjak hingga 3 kali lipat terlebih lagi memasuki lebaran dan setelah lebaran. Tradisi yang berlaku di momen ini bisa jadi sebagai salah satu peluang bisnis musiman yang menjanjikan. Omsetnya bahkan bisa mencapai jutaan per hari.

Bisnis Makanan Berbuka Puasa.
Saat adzan maghrib berkumandang, saatnya berbuka puasa. Moment ini menjadi salah satu kenikmatan tersendiri pada bulan ramadhan yang tidak ada pada bulan- bulan lainnya. Oleh karena itu, waktu berbuka puasa pun menjadi komoditas bisnis  yang menarik bagi beberapa pelaku usaha. Bisnis ini dipercaya dapat mendatangkan keuntungan cepat. Bagi para pekerja yang sibuk diluar rumah tentu jajanan ini merupakan pilihan praktis. Setiap bulan Ramadhan atau bulan puasa, di berbagai daerah banyak muncul pasar kaget, atau pasar musiman yang hanya ada pada waktu-waktu tertentu. Di bulan Ramadhan, Pasar Kaget tersebut biasanya menyediakan berbagai penganan untuk berbuka atau sahur seperti kolak kolak,es campur,es buah, es dawet, kue talam, dadar gulung, kelapa muda dan tidak lupa kurma. Permintaan kurma akan naik menjelang puasa hingga lebaran.

Beberapa contoh pasar kaget itu adalah pasar kaget BenHil (Bendungan Hilir) yang terletak dipusat Jakarta, Pasar kaget yang ada di Pasar Beduk Jambi, tempat atau pasar khusus bagi para pedagang lemang, kue, makanan, minuman, dan lauk untuk keperluan berbuka puasa, Pasar Tiban Kauman Yogyakarta terletak disebuah gang ditengah pemukiman Kampung Kauman, Pasar Kaget pada bulan Ramadhan di Denpasar, Bali, dapat dilihat di sepanjang Jalan Jendral Sudirman Denpasar, tepatnya di depan kampus Universitas Udayana, Pasar kaget di GOR Manahan Solo dll.

Ada beberapa tips jika ingin melakukan usaha ini yaitu, pilih tempat yang strategis yang orang sering berlalu lalang, pasang papan yang berisi daftar menu sekaligus dengan harganya dengan tulisan yang besar agar menarik orang untuk membaca, gunakan nama-nama yang unik untuk menuliskan nama menu seperti kolak manis kembang desa, atau es kelapa muda penyejuk kalbu dll (kata-kata yang nyeleneh tersebut bisa jadi akan menarik perhatian pembeli), berusaha proaktif menawarkan jualannya kepada setiap pengguna jalan yang melintas. Bisnis makanan berbuka puasa adalah peluang bisnis yang kelihatannya kecil tapi omzetnya bisa jutaan rupiah perhari mengingat mereka mulai berdagang dari jam 4 sore sampai menjelang maghrib

Bisnis Busana Muslim dan Perlengkapan Ibadah.
Memasuki bulan Ramadhan hingga menjelang lebaran, belanja baju muslim ikut meningkat. Kebiasaan untuk mengadakan acara berbuka bersama dengan teman, relasi, atau keluarga besar menjadi salah satu pendorong orang membeli baju muslim. Tentu saja umat Islam membutuhkan pakaian muslim untuk dipakai, baik itu baju koko maupun baju gamis. Selain itu, perlengkapan ibadah seperti sarung, mukena, kopiah, sajadah, peci dan tasbih juga banyak dicari. Bisnis busana termasuk yang paling menikmati panen raya pada bulan puasa ini.

Apabila jeli melihat peluang, pandai memetakan kebutuhan pasar dan tahu sumber pakaian lebaran berkualitas baik, berharga murah dan bisa dikonsinyasi, Anda dapat meraih keuntungan yang lumayan dari bisnis baju lebaran ini. Cara menjualnya bisa dilakukan dengan menawarkan secara langsung kepada rekan kantor, berjualan dipasar kaget, atau berjualan didekat rumah. Pintar-pintarlah membangun saluran distribusi.

Catering.
Pada saat bulan ramadhan biasanya banyak yang mengadakan buka puasa bersama baik instansi maupun sebuah perkumpulan, jadi bisa dipastikan kebutuhan catering untuk buka puasa meningkat. Tidak ada salahnya memulai usaha catering pada bulan ini dengan membidik segmen “buka bersama” sebagai pasar utama.

Bisnis Parsel
Parcel lebaran tidak hanya berupa makanan/ minuman, bisa juga peralatan rumah tangga, alat sholat, buah buahan, bahkan barang elektronik. Kunci dari bisnis ini adalah mendapatkan sumber barang-brang yang akan ditata dalam parsel dengan harga murah, kreatifitas desain parsel dan tentu saja calon pembeli yang potensial.

Bisnis Kue Lebaran
Meski sifatnya musiman, namun cukup menjanjikan. Banyak yang menjalankan bisnis ini murni untuk mencari keuntungan di balik momen Idul Fitri atau hanya mencari kesibukan di bulan Ramadhan. Momen lebaran menjadi poin lebih dalam berbisnis kue entak suju, lidah kucing, nastar, kue keju, coklat dll. Pada masa-masa menjelang Lebaran, permintaan akan kue-kue Lebaran sangat tinggi. Kondisi seperti ini jarang terjadi pada hari-hari biasa. Yang perlu diperhatikan dalam bisnis ini tidak hanya pintar membuat kue dan punya peralatan saja. Tapi juga harus mampu memilih sistem pemasaran kue-kue tersebut dengan tepat, misalnya dititipkan ditoko atau supermarket dan sistem pesanan atau jual langsung. Pemilihan jenis kue pun patut menjadi perhatian. Diperlukan kejelian dalam membaca selera pasar, sehingga kue yang diproduksi bisa dijual dengan cepat dan laris di pasaran. Berbisnis kue lebaran di paruh terakhir bulan puasa selalu memberi rejeki bagi para pembuat kue.

Penyewaan Mobil.
Jasa persewaan mobil pun tidak kalah menggiurkan dengan bisnis lainnya. Karena kurangnya kapasitas angkutan umum yang tersedia, banyak masyarakat mencari kendaraan sewaan. Maka tak heran saat bulan puasa dan menjelang lebaran, permintaan akan mobil sewaan meningkat.

Semoga dari uraian singkat ini bisa memberikan gambaran usaha bagi Anda dan semoga apapun usaha yang akan  dijalankan dapat memberi keberkahan untuk semua. Atau mungkin ada ide bisnis lain yang mungkin cocok silahkan berbagi ide disini.

(Sumber gambar: http://foto.detik.com/images/content/2007/09/14/157/pasarsore-3.jpg)