Mengolah Sampah Plastik Jadi Produk Kerajinan Cantik

/ / Inspirasi Bisnis /
Mengolah sampah plastik jadi produk kerajinan cantik

Mengolah sampah plastik jadi produk kerajinan cantik (Foto : http://radarmalang.jawapos.com)

Tidak hanya menimbulkan bau yang tak sedap dan mengganggu pemandangan kota, ternyata sekarang ini sampah plastik bisa dikreasikan menjadi aneka produk kerajinan cantik yang bernilai jual tinggi di pasaran.

Tumpukan sampah plastik yang dulunya menjadi sumber masalah di hampir seluruh daerah, kini sedikit demi sedikit mulai teratasi berkat sentuhan tangan-tangan kreatif para wanita Indonesia. Salah satunya seperti Gita Nurwardani, Ketua Yayasan Paragita ini sukses menyulap sampah plastik di Kabupaten Garut, Jawa Barat menjadi barang kerajinan antik yang laku di pasaran.

Beberapa produk kerajinan antik yang telah dihasilkan Yayasan Paragita dari daur ulang sampah plastik di antaranya, kerajinan tas, gelang, cincin, dan rak buku dari sampah yang terbuang. “Sampah yang tidak terpakai itu kami olah menjadi barang-barang antik. Intinya dari sampah yang orang bilang tidak ada gunanya lagi itu, bisa kami jadikan mata pencaharian. Saat ini, di daerah kami tidak ada lagi penumpukan sampah, bahkan kami kekurangan sampah untuk dikelola menjadi kerajinan,” ujar Gita, dikutip dari Detik.news.com.

Baca Juga Artikel Ini :

Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik, Usaha Masa Depan

Bank Sampah Binaan PLN, Sebulan Berhasil Kelola 337 Ton Sampah

Keberhasilan Yayasan Paragita dalam mengolah sampah plastik juga dialami oleh Sri Syalwati. Wanita berhijab ini bisa dibilang menjadi sosok yang mengawali pembuatan kerajinan tangan dari sampah plastik di Kota Malang. Bahkan dari hobinya mengolah sampah plastik, kini bisnis daur ulang yang dikembangkan Sri Syalwati sukses menembus pasar Jepang.

Tak seperti penjahit lainnya, Sri Syalwati menjahit sampah plastik bekas kemasan sachet menjadi aneka kerajinan cantik seperti tas sekolah, dompet, tas kamera, tas laptop, kotak pensil, hingga payung.

”Awalnya saya merintis usaha ini dengan bapak (suami, Red), suami saya yang bernama (alm) Muhammad Yunus itu mendapat keterampilan setelah mengikuti pelatihan pengolahan sampah plastik yang diselenggarakan sebuah lembaga swadaya masyarakat (LSM) internasional, yang peduli pada bidang lingkungan, di Jakarta (1993). Dari situ saya belajar mengolah sampah plastik dari bapak,” kata Sri Syalwati, dikutip dari radarmalang.jawapos.com.

Cara Mengolah Sampah Plastik Jadi Kerajinan Cantik

Siapkan bahan dan alatnya:

  • Bungkus minuman instan
  • Gunting
  • Penggaris
  • Jarum dan benang jahit
  • Furing/kain polos
  • Ritsleting

Cara membuat tas unik dari kemasan plastik minuman instan:

  1. Siapkan kemasan minuman sachet merek apa saja. Potong bagian atas dan bawah hingga kedua sisi terbuka
  2. Cuci semua sampah plastik kemasan sachet tersebut hingga bersih kemudian jemur hingga kering
  3. Potong kemasan plastik minuman sachet menjadi dua bagian yang sama
  4. Lipat plastik 1 cm ke dalam pada ujung atas dan bawah hingga lebarnya menjadi 2 cm, lalu buatlah 1.000 lipatan dari 500 bungkus atau sesuai ukuran yang diinginkan
  5. Buatlah anyaman pada keempat lipatan hingga membentuk baling-baling
  6. Selanjutnya gabungkan hasil anyaman baling-baling yang sudah terbentuk satu-persatu dan jangan sampai lupa membuat sudut tegak vertikal agar bisa dianyam ke arah atas.
  7. Jika tas daur ulang kerajinan plastik sudah terbentuk, selanjutnya buatlah tali tas dengan lipatan yang tersisa membentuk segitiga. Dan gabungkan segitiga yang satu dengan yang lain.
  8. Setelah tali siap maka jahit pada keranjang tas sesuai letak yang diinginkan. Terakhir, lapisi bagian dalam tas dengan kain vooring tas. Tambahkan pula ritsleting pada tas bagian atas.

Untuk memudahkan proses pencucian dan pengeringan sampah plastik, kita juga dapat menggunakan berbagai macam teknologi modern seperti Mesin Pencuci Plastik dan Mesin Pengiring Plastik. Dengan begitu, proses pengolahan sampah plastik menjadi aneka kerajinan cantik bisa lebih praktis dan ekonomis karena kapasitas produksi bisa meningkat pesat dengan bantuan mesin teknologi modern.

Saat ini harga mesin pencuci plastik  dan mesin pengering plastik yang ada di pasaran sangat beragam. Pastikan kamu mendapatkan produk dan layanan purna jual yang berkualitas agar tak salah dalam berinvestasi, pastikan juga kamu membeli mesin pengolah sampah di Pengolahsampah.com karena sudah terbukti memiliki harga bersaing dan layanan purna jual yang sangat bersahabat.

Informasi Mesin Pengolah Sampah
Mesin pencuci plastik dan mesin pengering plastik  dapat diperoleh :

Pengolahsampah.com

Alamat : Jl. Magelang KM. 13 Triharjo Sleman Jogjakarta

Call Support : Senin – Sabtu (Jam 08.00 – 16.00)

  • Telkomsel : 081 227 799 912
  • Telkomsel : 085 227 746 362
  • Indosat : 085 743 366 688
  • XL : 087 891 202 010

Fax    : (0274) 869 720
Email : marketing@anekamesin.com