Meningkatkan Penjualan Online Melalui Bahasa Marketing

/ / Pemasaran /

bahasa marketingMemasarkan produk di dunia maya bisa dibilang gampang-gampang susah. Dikatakan gampang karena melalui internet kita bisa memasarkan produk atau jasa hingga berbagai belahan dunia hanya dari sebuah layar komputer ataupun produk gadget. Akan tetapi, yang menjadikannya susah adalah karena sebagai penjual kita hanya bisa memanfaatkan tulisan, gambar, ataupun video untuk meyakinkan calon konsumen.

Disitulah peran kita sebagai pebisnis online sangat dibutuhkan. Sebab, tanpa kata-kata ajaib yang ditampilkan pebisnis online pada setiap iklannya di dunia maya, cukup mustahil bila calon konsumen bisa terbujuk untuk membeli tanpa melihat langsung produk atau jasa yang ditawarkan melalui dunia maya. Dibutuhkan skill khusus serta pemilihan bahasa marketing yang tepat untuk bisa meyakinkan calon pelanggan di bisnis toko online.

Simak beberapa kata ajaib yang wajib digunakan pebisnis online dalam memilih bahasa marketing di pasar digital.

Pertama, di urutan nomor satu ada kata Anda (You) yang menjadi salah satu kata ajaib untuk menarik calon konsumen di bisnis toko online. Dengan menggunakan kata Anda atau You, secara tidak langsung para pebisnis online mengajak calon konsumen untuk berinteraksi secara personal sehingga psikologi calon konsumen mulai terpengaruh untuk membangun hubungan baik dengan Anda. Tidaklah heran bila kata Anda atau You sering digunakan para pebisnis toko online untuk menyapa konsumennya baik melalui email ataupun di konten website toko online yang dimiliki.

Kedua, adalah kata New (baru). Tak bisa dipungkiri bila kata New seperti pada new arrival, new technology, new design,ataupun new flavors cukup ampuh untuk mempengahuri calon konsumen untuk melakukan pembelian. Bahkan tak jarang sesuatu yang baru bisa mendorong rasa penasaran calon konsumen. Meski kenyataannya produk baru tersebut tidak terlalu banyak memiliki perbedaan dengan produk sebelumnya, namun bahasa marketing yang satu ini cukup sukses mempengaruhi psikologi konsumen sehingga penjualan online Anda pun ikut meningkat setiap bulannya.

Ketiga, yaitu kata Gratis (Free). Hampir semua orang tentu menyukai sesuatu yang gratisan. Kata ajaib yang satu ini bahkan mampu mempengaruhi emosional calon konsumen, sehingga mereka tak berpikir panjang untuk melakukan pembelian meskipun produk gratis tersebut baru bisa didapatkan dengan memenuhi persyaratan tertentu. Contohnya saja seperti memberikan gratis onkos kirim bagi konsumen yang melalukan pembelian di atas angka Rp 100.000,00 dalam sekali transaksi.

Keempat, adalah kata Aman (Safe). Untuk beberapa produk seperti makanan, minuman, ataupun produk obat herbal, tentu setiap konsumen menginginkan produk-produk yang aman bagi kesehatan mereka. Namun agar tak membodohi calon konsumen Anda, pastikan bahwa produk-produk yang Anda pasarkan benar-benar terjamin 100% aman. Bila perlu Anda melakukan riset khusus untuk mengetahui seberapa jauh keamanan produk Anda bagi calon konsumen. Bila ada catatan khusus dari hasil riset yang Anda lakukan, maka cantumkan hasil riset tersebut pada konten iklan yang Anda buat. Contohnya saja bila Anda membuka bisnis toko online herbal maka bisa menggunakan bahasa iklan seperti “Sari Kurma merek X aman bagi ibu hamil dan menyusui”. Dengan begitu calon konsumen khususnya ibu hamil dan menyusui tak ragu lagi untuk membeli produk tersebut.

Kelima, gunakan kata Garansi (Guarantee). Bagi sebagian konsumen yang belum begitu yakin untuk melakukan transaksi pembelian online, kata garansi atau guarantee menjadi salah satu janji yang bisa menghilangkan keraguan tersebut. Biasanya keraguan konsumen muncul karena adanya ketakutan-ketakutan akan sebuah resiko, misalnya saja seperti takut rusak, takut produk yang dibeli tidak sesuai dengan fotonya di dunia maya, takut barang yang dipesan tidak dikirimkan, dan lain sebagainya. Karena itu dengan menjamin resiko-resiko yang mereka takuti, tidak menutup kemungkinan bila keyakinan konsumen mulai terbangun sehingga turut meningkatkan penjualan online di toko Anda.

Mengingat tak semua konsumen bisa langsung percaya dengan kata-kata Anda di dunia maya, tak ada salahnya bila dari sekarang Anda mulai meningkatkan penjualan online melalui bahasa marketing. Yakinkan konsumen Anda melalui kalimat jitu yang Anda tuliskan di website toko online. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Jabat KabanJabat Kaban, ST

Jabat Kaban, ST

Serius menekuni bisnis sejak kuliah semester 6 di Universitas Brawijaya Malang, dengan bisnis pertamanya adalah perakitan komputer. Sejak itu jatuh bangun menjalankan berbagai macam bisnis pernah dialami (lebih dari 20 jenis). Puncaknya di tahun 2006 ketika bisnis-bisnis tersebut berjatuhan, mengalami kerugian hingga milyaran Rupiah. Setelah itu berbagai upaya dilakukan untuk bisa bangkit, salah satunya dengan mempelajari bagaimana berbisnis dengan menggunakan teknologi internet. Dimulai dari berjualan e-Book, menjadi broker toko tenda sampai membantu pemasaran mesin-mesin pertanian.

Establishing Business :

1. PT. KHALIFAH NIAGA LANTABURA

Aneka Mesin : Produksi Mesin Rekayasa Teknologi Tepat Guna.

www.anekamesin.com, www.anekaindustri.com (2007 – Now)

2. PT. LANTABURA MEDIA

Sumber gambar : http://wordifull.files.wordpress.com/2013/12/scrabble-words.jpg