pengusaha kreatifMenjadi seorang pengusaha, belakangan ini menjadi salah satu pilihan hidup yang banyak dijalani masyarakat Indonesia. Sulitnya mendapatkan lapangan kerja dan besarnya tuntutan ekonomi yang semakin menghimpit masyarakat, membuat sebagian besar dari mereka mulai nekat berputar arah memutuskan terjun di dunia usaha.

Kondisi ini tentunya memberikan angin segar bagi perbaikan ekonomi di negara kita, sebab pertumbuhan UMKM yang semakin hari semakin besar disinyalir mampu mengurangi angka pengangguran yang ada serta menjadi tiang penyangga bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Meskipun begitu, menjadi seorang pengusaha di zaman serba modern seperti sekarang ini ternyata tantangannya cukup besar. Tidak hanya persaingan pasarnya saja yang sekarang ini semakin ketat, namun serbuan kreativitas dari para competitor yang tak pernah berhenti menjadi salah satu tantangan besar bagi Anda untuk mempertahankan kerajaan bisnis yang telah dibangun bertahun-tahun.

Karenanya, sebagai seorang entrepreneur tentunya Anda dituntut untuk selalu kreatif di setiap saat dan berani menjawab semua tantangan dengan cara yang Anda miliki. Lalu, Kira-kira bagaimana caranya menjadi pengusaha yang kreatif?

Berikut ini akan kami informasikan beberapa resep sederhana yang perlu Anda perhatikan untuk bisa menjadi seorang creative entrepreneur.

Pertama, kreativitas bisa Anda kembangkan dari sebuah kebiasaan. Banyak orang berpendapat bahwa kreativitas didapatkan karena bakat turunan, hal inilah yang menghambat sebagian besar orang untuk berkarya. Sebab, mereka terlanjur minder dengan kekuatan dirinya dan enggan mengasah kreativitas yang pada dasarnya dimiliki setiap manusia. Karenanya, mulai sekarang biasakan melatih kreativitas Anda secara rutin dan ciptakan sebuah produk baru berupa barang ataupun jasa yang tentunya belum pernah ada sebelumnya.kreatif

Kedua, tidak hanya sebatas menciptakan produk unik. Sekarang ini banyak pelaku usaha yang berlomba-lomba menunjukan kreativitas mereka dengan cara menciptakan produk-produk unik yang belum pernah ada sebelumnya. Strategi ini memang cukup efektif, namun terkadang para pengusaha kurang memperhatikan daya tarik atau nilai tambah yang ditawarkan produk tersebut, sehingga tidak jarang produk unik yang dihasilkan terkesan kurang menjual dan belum mengena di hati para konsumen.

Ketiga, memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan sayap bisnisnya. Selain menelurkan ide-ide yang kreatif dan inovatif, seorang pelaku usaha dituntut untuk lebih peka terhadap perkembangan teknologi yang ada saat ini. Hal tersebut penting, mengingat sebagai entrepreneur sukses Anda harus jeli melihat peluang pasar dan bisa menciptakan sebuah inovasi yang sesuai dengan perubahan minat konsumen. Contohnya saja dengan menggunakan mesin atau teknologi tepat guna untuk meningkatkan kapasitas produksi maupun memanfaatkan teknologi infonet untuk memperluas jangkauan pasar bisnis Anda.

Keempat, bermodalkan kreativitas untuk memecahkan permasalahan bisnis Anda. Pastikan bahwa Anda mampu menghadapi situasi-situasi sulit dalam menjalankan sebuah usaha dan berhasil menyelesaikan permasalahan yang ada dengan kreativitas yang Anda miliki. Dengan modal kreativitas dalam diri Anda, cobalah untuk mencari alternatif lain ketika permasalahan yang Anda hadapi menemui jalan buntu dan jangan mudah menyerah dengan keadaan yang kurang menyenangkan.

Semoga informasi tips bisnis yang kami angkat pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula dalam mengembangkan kerajaan bisnisnya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://dribbble.com/system/users/6592/screenshots/182028/be-creative-dribbbble.jpg?1328626008
2. http://50topmodels.files.wordpress.com/2009/04/creativity.jpg?w=500&h=375