Inspirasi Bisnis

Menyulap Sudut Ruangan Hotel Menjadi Kebun Hidroponik

Bisnis hidroponik di Greenhost Boutique HotelLahan bercocok tanam yang semakin sempit membuat sistem budidaya tanaman hidroponik semakin diminati masyarakat di wilayah perkotaan. Trend ini bahkan tidak hanya diminati kalangan masyarakat umum namun juga mulai dilirik para pelaku bisnis di tanah air. Salah satunya seperti Greenhost Boutique Hotel Yogyakarta.

Tak hanya menerapkan konsep hijau sebagai icon tersendiri untuk menarik para wisatawan yang berkunjung ke kota Jogja, Greenhost Boutique Hotel juga sengaja menanam aneka macam sayur dan buah dengan sistem hidroponik untuk memenuhi kebutuhan bahan makanan di hotel tersebut.

Baca Juga Artikel ini :

Komunitas Hidroponik Kudus Raup Keuntungan dari Hobi Bercocok Tanam

Mengembangkan Bisnis Hidroponik Skala Industri

Agar tak penasaran dengan sistem hidroponik yang dikembangkan Greenhost Boutique Hotel, simak hasil interview tim liputan BisnisUKM.com beberapa waktu yang lalu bersama Bapak Dasa July Prasaja, selaku Assistant Human Resources Manager Greenhost Boutique Hotel.

Bisnis hidroponik di hotelAlasan Greenhost Boutique Hotel menggunakan hidroponik sebagai bagian dari interior, apakah hal ini menjadi bagian dari icon hotel?

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Peluang usaha minuman dengan 100% keuntungan milik mitra, Dapatkan Promo Paket Nyoklat Super.

Greenhost memilih hidroponik sebagai bagian dari interior hotel karena hal tersebut sangat cocok dengan prinsip green concept. Kami merasa hidroponik dapat memberikan atmosfer tersendiri dan tentunya sejalan dengan nilai-nilai yang dimiliki Greenhost. Salah satu nilai yang kita usung adalah dapat memberikan ketenangan melalui aroma (scent), seperti Lemongrass, Cucumbar dan Minty. Dengan adanya prinsip Hidroponik yang kita terapkan di seluruh koridor maka kami berharap hal tersebut dapat tercapai.

Apakah secara hitungan bisnis hidroponik ini menguntungkan? Atau hanya bagian dari strategi marketing semata?

Komitmen kami adalah untuk memberikan pengalaman dan pengetahuan baru terkait dengan konsep hotel yang berbeda, salah satu daya tarik dari Greenhost adalah dengan adanya hidroponik maka dengan begitu kami berharap dapat memberikan inspirasi kepada tamu atau pengunjung untuk dapat memahami Green concept melalui Hidroponik. Sejauh ini kami cukup senang dengan konsep yang dimiliki Greenhost.

Interview tim liputan Bisnisukm.com dengan pengelola Greenhost Boutique HotelBagaimana dengan respon yang diberikan pengunjung mengenai penerapan hidroponik di Greenhost Hotel?

Sejauh ini respon tamu terhadap sistem hidroponik di hotel ini cukup baik, antusias tamu lokal dan asing cukup tinggi untuk dapat belajar lebih jauh terkait dengan sistem bercocok tanam hidroponik.

Berapa luas area yang dikembangkan sebagai lahan hidroponik di Greenhost Hotel?

Luas lahan yang digunakan sekitar 300 m2

Tanaman apa saja yang di tanam dengan konsep hidroponik di Greenhost Hotel?

Untuk tanaman sayuran yang dibudidayakan di Greenhost saat ini bayam, kemudian ada juga bayam merah, kangkung, pakcoy, pagoda, basil, daun bawang, seledri, selada dan daun mint.

BINGUNG CARI IDE BISNIS ?
Dapatkan Ratusan Ide Bisnis Dilengkapi Dengan Analisa Usaha.
Klik Disini

Diolah menjadi menu apa saja sayuran hidroponik tersebut?

Untuk sayuran biasanya kita gunakan untuk salad. Dengan memetik sayur dari kebun hidroponik yang ada di hotel, kita bisa memastikan kesegaran hidangan salad yang disajikan.

Kembangkan sayuran hidroponik untuk bahan makanan hotelApa hasilnya mencukupi untuk kebutuhan internal, atau masih di suplai juga oleh petani luar?

Sampai hari ini hasil panen dari kebun hidroponik sangat mencukupi untuk memenuhi kebutuhan internal hotel. Bahkan jika ada kelebihan biasanya kami bagikan untuk karyawan dan atau warga sekitar hotel.

Apakah pihak hotel bekerjasama dengan komunitas atau petani hidroponik lain sebagai supplier?

Ya, sejauh ini kita kerjasama dengan komunitas lokal sebagai supplier.

Bagi tamu hotel yang ingin belajar hidroponik, apa pihak hotel juga menyediakan service jasa pelatihan?

Sejauh ini Greenhost belum menyediakan pelatihan mengenai hidroponik. Greenhost sejauh ini dipercaya sebagai partner penyedia tempat untuk pelatihan hidroponik, untuk pemateri kita masih bekerjasama dengan rekan – rekan komunitas.

Tim Liputan BisnisUKM