skala prioritas
skala prioritas

Bagi setiap orang, meraih kesuksesan tentunya menjadi impian besar yang ingin mereka wujudkan. Tak terkecuali para pelaku usaha. Mereka juga selalu memimpikan kerajaan bisnisnya bisa berkembang dengan cepat agar keuntungan yang didapatkannya juga bisa melesat dengan pesat.

Video Praktisi

Kunci Sukses Memulai Bisnis Brownies Telo

Karenanya, tidak heran bila berbagai macam cara dan upaya mulai dijalankan para pelaku usaha untuk mewujudkan kesuksesan usahanya. Salah satunya saja dengan menyusun skala prioritas untuk meraih kesuksesan usaha.

Nah, untuk memudahkan para pemula dalam mewujudkan kesuksesan bisnisnya. Berikut ini kami informasikan beberapa tips bisnis yang bisa Anda jalankan untuk mulai mengatur waktu sebaik mungkin dan menyusun skala prioritas yang paling efektif.

Tentukan skala prioritas yang paling tinggi. Jika ditanya mengenai impian, bisa dikatakan hampir setiap orang memiliki berbagai macam keinginan. Namun agar Anda bisa sukses mewujudkan impian tersebut, ada baiknya bila Anda memilih salah satu prioritas yang paling Anda impikan untuk bisa mewujudkannya dalam waktu dekat. Contohnya saja bila Anda memimpikan bisnis Anda bisa berhasil menggandeng 1.000 orang reseller dalam setahun, maka mulai sekarang bagilah 1.000 reseller tersebut dalam waktu 12 bulan dan hitunglah berapa orang yang harus Anda rekrut setiap bulannya, mingguan, dan harian. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui jumlah reseller yang harus Anda rekrut setiap harinya untuk mewujudkan prioritas utama bisnis Anda di tahun ini.

catatan aktivitas
catatan aktivitas

Catat dengan baik setiap aktivitas yang harus Anda kerjakan. Langkah berikutnya yang perlu Anda jalankan setelah menentukan skala prioritas yang paling tinggi adalah mencatat setiap kegiatan yang wajib Anda jalankan baik dalam kurun waktu tahunan, bulanan, mingguan, maupun harian. Dengan strategi tersebut, setidaknya Anda bisa mengontrol target-target apa saja yang telah Anda selesaikan, dan tugas apa lagi yang perlu Anda kerjakan dalam waktu dekat.

Konsisten dalam menjalankan setiap rutinitas. Untuk bisa menjadi seorang pengusaha sukses, tentunya Anda tak hanya harus menyusun dan mencatat setiap aktivitas, namun Anda juga dituntut untuk terus konsisten dalam menjalankan setiap rutinitas usaha. Hal ini penting, karena kesuksesan tak bisa kita raih dalam waktu satu atau dua hari. Dibutuhkan konsistensi dan tekad yang cukup kuat dari dalam diri pelakunya, sampai akhirnya kesuksesan berhasil mereka genggam.

Fleksibel dan bisa menyelesaikan setiap prioritas dengan tuntas. Ketika Anda telah menyusun skala prioritas dari yang paling tinggi sampai ke skala yang paling rendah, maka tugas Anda berikutnya adalah membiasakan diri untuk menyelesaikan setiap prioritas hingga tuntas, baru selanjutnya mengerjakan target yang lain satu per satu hingga selesai. Dalam hal ini Anda bisa bersikap lebih fleksibel atau tidak harus mengikuti perencanaan yang telah dituliskan, namun usahakan setiap keputusan yang Anda ambil tidak mengganggu kelancaran aktivitas Anda, sehingga semuanya bisa berjalan beriringan dan selesai tepat pada waktunya.

Tetap fokus. Godaan terberat para pelaku usaha dalam mencapai kesuksesannya adalah kurang fokus pada tujuannya dan melalaikan prioritas awal yang telah mereka tentukan sebelumnya. Untuk itu, belajarlah untuk menolak hal-hal yang bukan menjadi prioritas Anda, dan pastikan bahwa setiap aktivitas yang Anda kerjakan masih berhubungan dengan tujuan bisnis yang hendak Anda capai.

Semoga kelima tips bisnis yang kami angkat pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pelaku usaha yang sedang bingung menentukan skala prioritas bagi bisnisnya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://us.123rf.com/400wm/400/400/donskarpo/donskarpo1112/donskarpo111200024/11810592-priorities-the-way-indicated-by-compass-conceptual-image-on-white-background.jpg
2. http://www.ibudanaku.com/sites/default/files/imagecache/news_big//sites/default/files/to-do-list.jpg