merek indonesia yang menduniaSebagai warga negara Indonesia, sudah sepantasnya bila kita bangga dengan produk-produk asli buatan negara kita. Namun sayangnya, sampai saat ini banyak konsumen yang lebih tertarik dengan produk buatan luar negeri karena katanya kualitas produk dari negera tetangga lebih terjamin jika dibandingkan dengan produk-produk asli buatan dalam negeri.

Video Praktisi

Membuat Konsep Produk Coklat

Padahal, kenyataannya banyak merek Indonesia yang tak kalah bersaing dengan produk luar negeri. Bahkan, beberapa diantaranya dikira berasal dari negara tetangga, karena kualitas dan popularitasnya bisa disejajarkan dengan produk serupa dari luar negeri.

Nah, daripada beli produk luar negeri yang ternyata malah aspal alias bajakan. Lebih baik mulai melirik produk lokal yang popularitas mereknya tak hanya diakui pasar lokal saja namun juga mulai merambah pasar internasional. Penasaran dengan merek Indonesia yang dikira produk luar negeri?

Berikut kami informasikan 5 merek Indonesia yang tak kalah dengan produk luar negeri.

Lea Jeans

Banyak yang mengira produk Lea jeans ini buatan Amerika Serikat. Padahal, walaupun produknya sering disejajarkan dengan merek Levi’s atau Lee jeans, namun sebenarnya Lea Jeans ini merupakan produk asli Indonesia yang diproduksi oleh PT. Lea Sanent yang kantornya berada di Jakarta. Model yang diproduksi pun tak kalah bersaing dengan merek-merek jeans kelas dunia.

Sepatu Tomkins

Merek Indonesia lainnya yang sering dikira merek luar negeri adalah sepatu Tomkins. Mulai dari sepatu sekolah, sepatu olahraga, sepatu futsal, hingga sepatu bikers, diproduksi PT. Primarindo Asia Asia Infrastucture Tbk (BIMA) selaku produsen sepatu Tomkins. Meskipun namanya hampir mirip dengan produk luar negeri, namun pabrik Tomkins sebenarnya berada di Kota Kembang (Bandung).

Tas Bodypack, Export dan Eiger

Hampir setiap orang tentu mengenal tas merek Bodypack, Export atau Eiger? Ketiga produk ini bernaung pada satu induk perusahaan bisnis tas yang sama yaitu PT. Eksonindo Multi Product Industry (EMPI) Bandung. Walaupun merek tersebut menggunakan nama berbau bahasa asing, namun produk ini asli buatan Indonesia.

Sepeda Polygon

sepeda polygonSebagai salah satu merek sepeda yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Polygon sering kali dianggap sebagai produk sepeda buatan luar negeri. Padahal, beragam jenis sepeda mulai dari sepeda mini, sepeda federal, sepeda bmx, hingga sepeda gunung semuanya di produksi di Kabupaten Sidoarjo, Jawa timur. Kendati demikian, kualitas sepeda ini tak perlu lagi ditanyakan kualitasnya. Saking terjaminnya merek tersebut, sepeda Polygon ada yang dibandrol dengan harga sampai Rp 10 juta.

Produk Elektronik Maspion

Jika kita sering melihat iklan Maspion yang cukup terkenal dengan jargonnya “Cintailah produk-produk Indonesia”, memang benar adanya bila Maspion merupakan perusahaan lokal yang terkenal dengan produk elektronik untuk keperluan rumah tangga. Mulai dari produk setrika, blender, kipas angin, sampai AC, diproduksi oleh perusahaan yang berpusat di Surabaya ini dan kualitasnya tak kalah bersaing dengan produk buatan luar negeri.

Melihat kualitas produk kita tak kalah bersaing dengan produk dunia, tentunya kita harus lebih bangga menggunakan produk-produk asli buatan Indonesia. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar : http://imageshack.us/a/img593/5359/uqd2.jpg