ilustrasi bunga akrilikMenjadi seorang ibu rumah tangga dengan dua orang putri yang masih sangat manja, ternyata tidak menutup peluang bagi Endah Roswarningsih untuk merintis sebuah usaha. Memanfaatkan hobinya yang senang membuat hiasan dari manik-manik dan akrilik, Endah mulai menjalankan bisnis kerajinan tangan ini disela-sela waktu luangnya menunggu kedua putri tercintanya pulang dari sekolah. Siapa sangka bila bisnis sampingan yang dulunya Ia mulai dari sekedar iseng tersebut, kini bisa mendatangkan omzet puluhan juta rupiah ke kantong Endah setiap bulannya.

Video Praktisi

Tips Menghadapi Kompetitor, Owner Poyeng Knit Shop

Mengawali usahanya sejak tahun 2010 silam, dulunya Endah membuat kreasi bros sebelum akhirnya Ia terjun memproduksi hiasan bunga akrilik. Mengusung Qiqo collection sebagai brand produk yang Ia pasarkan, Endah sengaja memilih bahan baku akrilik karena bisa bertahan lebih lama serta produk kerajinan ini terbilang cukup mudah untuk dibersihkan para konsumen. Tidaklah heran bila dalam hitungan bulan, kerajinan bunga akrilik karya Endah tersebut bisa diterima pasar dengan baik sehingga akhirnya Ia lebih memilih menekuni bisnis kerajinan bunga akrilik dibandingkan memproduksi kerajinan manik-manik.

Meskipun setiap bulannya omzet puluhan juta rupiah telah dikantongi pengusaha sukses kelahiran Jakarta ini, namun Ia mengaku bahwa dirinya pernah merasakan lika-liku kegagalan dalam merintis sebuah usaha. Dulu Ia sempat menjalin kerjasama dengan seorang temannya, namun tiba-tiba bisnis tersebut harus kandas di tengah jalan sampai akhirnya sang mantan mitra kerja Endah membuka bisnis serupa dan merebut pelanggan-pelanggan yang dimiliki Endah.

hiasan-bunga-akriliksosial media seperti misalnya facebook dan BlackBerry Messenger (BBM) untuk membantu proses pemasarannya.

Kendati begitu, sekarang ini omzet bisnis Endah bisa mencapai angka Rp 10 juta sampai Rp 15 juta per bulan dengan presentasi keuntungan sekitar 35%. Tentu ini angka yang cukup besar bagi sebuah bisnis kerajinan yang Ia kerjakan di sela-sela kesibukannya menjadi seorang ibu rumah tangga.

Kedepannya, istri Budi Jayanto ini berharap agar bisnisnya bisa berkembang dengan pesat dan siap membuka toko kerajinan yang tidak hanya menjual produk kreasi akrilik saja, namun juga menyediakan bahan baku, serta memberikan pelatihan khusus bagi masyarakat sekitar yang ingin memproduksi kerajinan dari manik-manik maupun akrilik.

Semoga profil pengusaha yang mengangkat Endah Roswarningsih sebagai salah satu  mompreneur sukses dengan membuat hiasan bunga akrilik ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi para pemula untuk mencoba terjun di bisnis kerajinan. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://3.bp.blogspot.com/_JrQK2RsazJ4/SpQFv7I1QEI/AAAAAAAAAJg/2o3fASy6fxQ/s320/Rangkaian+bunga+dari+mute+akrilik+.jpg
2. http://2.bp.blogspot.com/_JrQK2RsazJ4/SpVtVg-cetI/AAAAAAAAANY/IPaHU7vK_84/s320/variasi+bunga+mini+dan+pertangkai.jpg