Mulai Dari 3 Hal Ini Jika Anda Ingin Usaha Tapi Modal Minim

/ / Manajemen UKM /

mulai-dari-3-hal-ini-jika-anda-ingin-usaha-tapi-modal-minim

Saat Anda ingin mulai berwirausaha tetapi hanya memiliki modal minim, jangan berkecil hati. Anda masih bisa memanfaatkan sesuatu yang Anda miliki sebagai modal usaha. Asalkan serius dan tidak mudah putus asa, usaha Anda akan menorehkan hasil yang lumayan.

Berikut ide usaha dengan modal minim yang dapat Anda jalankan:

1. Usaha dengan memanfaatkan ruangan di rumah

Ada banyak sekali usaha yang dapat Anda mulai hanya dengan memanfaatkan ruangan yang ada di rumah dan melengkapinya dengan peralatan yang dibutuhkan tanpa mengeluarkan banyak modal.

Anda yang memiliki keahlian dan kualifikasi sebagai guru misalnya, bisa memulai usaha bimbingan belajar dari ruang tamu rumah Anda sendiri. Tawarkan jasa les Bahasa Inggris atau mata pelajaran lainnya kepada tetangga yang memiliki anak usia sekolah. Selain itu, gunakan promosi dengan cara yang murah meriah yaitu dengan menyebarkan pesan berantai ke relasi Anda. Anda hanya memerlukan modal untuk membeli perlengkapan mengajar saja.

Usaha lainnya yang dapat memanfaatkan ruangan di rumah antara lain berdagang pulsa. Meski keuntungan dari setiap transaksi tidak banyak, tetapi Anda akan mengantongi jumlah yang lumayan apabila mampu menggaet banyak pelanggan. Dengan begitu, dalam sehari Anda akan sering melakukan transaksi. Peluang bisnis pulsa masih cukup besar mengingat tak semua orang terbiasa membeli pulsa di ATM karena terbatas dari segi nominal.

Selain itu, Anda juga bisa memulai bisnis kuliner dengan modal minim di rumah. Cobalah amati kebutuhan masyarakat di sekitar rumah Anda. Anda bisa berjualan aneka makanan untuk sarapan pagi atau menjual lauk pauk untuk makan siang dan malam. Dengan rasa yang enak dan harga bersahabat, para tetangga tak akan sungkan membelinya.

2. Usaha dengan modal memanfaatkan internet

Anda bisa membangun usaha hanya dengan bermodalkan akses internet saja. Anda sudah melihat sendiri saat ini masyarakat Indonesia mulai terbiasa berbelanja secara online, mengapa Anda tidak memanfaatkan peluang tersebut?

Anda bisa membuka toko online Anda sendiri, cara termudah yang tidak memakan banyak modal usaha adalah dengan membuat akun sosial media khusus untuk digunakan sebagai toko online. Anda hanya perlu mengeluarkan modal untuk menyediakan stok barang. Agar toko online cepat berkembang, usahakan tampilannya terlihat profesional, misalnya dengan membuat logo dan nama yang menarik, serta menampilkan foto-foto yang berkualitas.

Anda tak perlu menyediakan stok barang jika menjadi dropshipper. Anda hanya perlu bekerjasama dengan pihak lain yang menyediakan stok barang. Lewat akun toko online yang sudah Anda buat, Anda bisa memajang foto-foto produk dari partner Anda. Saat ada pembeli, partner Anda akan mengirimkan barang atas nama toko online milik Anda.

3. Usaha dengan modal memanfaatkan keahlian

Jika Anda punya skill tertentu, Anda dapat memanfaatkannya untuk usaha sampingan. Jenis usaha dengan memanfaatkan keahlian antara lain pembuatan website, menawarkan jasa desain, jasa penulisan artikel, jasa pengetikan, hingga jasa fotografi. Manfaatkan sosial media untuk melakukan promosi.

Selain keahlian, modal yang Anda perlukan adalah perlengkapan yang relevan dengan jasa yang Anda tawarkan, misalnya perangkat komputer, laptop, atau kamera.

SUMBER