Pelatihan Enterpreneur di Kecamatan Temon Kulon Progo

/ / Aktivitas, Galeri Foto /

pelatihan entrepreneur di temonSetalah sukses diselenggarakan dibeberapa kecamatan di Kulon Progo, kini BisnisUKM.com dan YAKKUM Daerah Istimewa Yogyakarta telah tiba di kecamatan Temon, Kulon Progo. Wilayah ini merupakan lokasi berikutnya digelarnya pelatihan kewirausahaan bagi para penyandang disabilitas dan keluarga penyandang disabilitas se-kecamatan Temon, Kulon Progo.

Selama dua hari yaitu pada tanggal 19-20 Maret 2014, BisnisUKM.com menjadi trainer dalam pelatihan kewirausahaan bagi para penyandang disabilitas dan keluarga penyandang disabilitas se-kecamatan Temon, Kulon Progo dengan pembicara utama Bapak Rakmatniwa (trainer BisnisUKM.com). Pelatihan kewirausahaan ini dihadiri tak kurang dari 50 peserta penyandang disabilitas dan keluarga penyandang disabilitas.

Di hari pertama, Bapak Rakmatniwa memberikan meteri tentang POAC (Planing–Organizing– Actuating– Controling) dalam penerapannya pada perencanaan Bahan Baku serta proses evaluasi. Materi tersebut untuk mendukung pengetahuan tentang manajemen usaha bagi para peserta dan bagaimana menjalankannya sehingga akan terlihat dengan jelas progress yang telah didapat secara rinci.

Beberapa materi yang disampaikan antara lain pengelolaan usaha meliputi perencanaan usaha, peorganisasian usaha, pelaksanaan dan pengawasan. Meski beberapa sudah separuh baya para peserta masih sangat antusias dan aktif mencatat materi yang disampaikkan oleh trainer BisnisUKM.com tersebut. Menjelang siang hari, bapak Rakmatniwa memberikan tugas yang harus dikerjakan oleh peserta.

Memasuki hari kedua pelatihan kewirausahaan, Bapak Rakmatniwa melanjutkan materi tentang POAC dan penerapannya pada saat proses produksi dan metode pengawasan produksi serta bagaimana menentukan kemasan produk yang tepat “Produk bisa tercipta dengan syarat 4 faktor ini terpenuhi yakni Manusia, modal, bahan baku dan cara kerja” tegas Bapak Rakmatniwa.

Disesi akhir, pemateri tak lupa untuk selalu mengingat apa yang telah dipelajari sehingga ketika memulai usaha nanti sudah mempunyai perhitungan-perhitungan yang dapat membantu jalannya usaha “pelatihan kewirausahaan ini sangat berguna bagi pemula usaha yang masih awam” tutur salah satu peserta.