jamur merangMenggeluti peluang bisnis jamur memang tidak pernah ada habisnya. Perkembangan teknologi budidaya jamur yang semakin pesat menjadi salah satu pendorong bagi masyarakat untuk menekuni peluang tersebut guna mendapatkan untung besar setiap bulannya. Dari sekian banyak jenis jamur yang saat ini dibudidayakan masyarakat luas, jamur merang merupakan bagian dari jamur konsumsi yang paling popular di kalangan masyarakat. Bahkan jamur merang sudah banyak dibudidayakan di daerah tropis seperti Asia Tenggara, termasuk juga di kawasan Indonesia.

Video Praktisi

Kiat Memulai Bisnis Cokelat Ndalem Jogja

Umumnya jamur merang (volvariella volvacea) banyak ditemukan di daerah pedesaan, sesuai dengan habitat aslinya yang sering tumbuh di tumpukan jerami atau merang pada saat musim panen padi berlangsung. Mengingat jamur merang memiliki cita rasa yang nikmat dan kandungan gizi yang cukup baik untuk kesehatan, sekarang ini jamur merang menjadi alternatif bahan pangan yang banyak dicari pasar. Kondisi inilah yang dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk membudidayakan jamur merang sebagai salah satu peluang bisnis yang menguntungkan.

Konsumen
Rasanya yang nikmat dan banyaknya manfaat dalam jamur merang membuat para konsumen mulai menggemari jenis jamur ini untuk kebutuhan pangan mereka sehari-hari. Selain untuk memenuhi kebutuhan konsumen rumah tangga, Anda juga bisa membidik pelaku bisnis kuliner yang menawarkan aneka makanan olahan jamur sebagai target pasar yang sangat potensial. Lihat saja saat ini sudah banyak pelaku bisnis kuliner yang mulai memanfaatkan jamur merang untuk memproduksi aneka menu masakan seperti mie ayam jamur, bakso jamur, tumis jamur, soup jamur, sate jamur, pepes jamur, capcay jamur, serta beberapa menu olahan jamur merang lainnya.