Setiap bulan Ramadhan datang, masyarakat Yogyakarta sangat antusias menyambutnya. Di beberapa wilayah seperti Kauman, Nitikan, kawasan UGM, dan Jogokariyan menggelar aneka kegiatan yang diberi nama kampung Ramadhan. Di kampung Ramadhan tersebut biasanya terdapat para pedagang aneka macam kuliner untuk buka puasa, pertunjukkan musik islami, kajian menjelang berbuka, dll.Kampung Ramadhan Jogokariyan kali ini digelar untuk ke enam kalinya, yang berpusat di Masjid Jogokariyan serta sepanjang jalan kampung Jogokariyan. Selain aneka makanan buka puasa, juga menyediakan perlengkapan ibadah, buku-buku keagamaan, mainan anak-anak, aneka sajian es, busana muslim, dan beberapa stand dari beberapa instansi.

Mungkin sajian kuliner yang dihidangkan dari kampung Ramadhan satu dengan yang lain memiliki kemiripan, namun jika Anda sudah terlanjur sampai di Jogokaryan tak perlu kecewa, karena ada menu baru dan berbeda di Ramadhan kali ini, yaitu es dua tante. Sajian ini sangat cocok sebagai pelepas dahaga Anda. Cukup dengan 5000 rupiah saja anda dapat menikmati es dengan sensasi berbeda, karena kandungan dalam es dua tante ini berupa jelly yang panjang seperti mie, jelly berbentuk bulat-bulat, cocktail dan nata de coco dengan campuran rasa sirup yang beragam dan tambahkan es di atasnya. Cara menikmatinyapun unik, dengan menggunakan sumpit.

Selain menyegarkan, es dua tante ini juga mengandung kaya serat, aman karena tidak mengandung sakarin. Emilia dan Maya baru memulai bisnis menu buka puasa ini 16 Agustus kemarin yang memanfaatkan peluang bisnis  di kampung Ramadhan Jogokariyan yang selalu ramai pengunjung menjelang buka puasa. Meski usahanya ini tergolong masih baru, namun respon masyarakatpun cukup bagus.

Setiap harinya Emilia berjualan sejak pukul 15.30 hingga waktu berbuka tiba, dengan dibantu oleh seorang karyawan, Es dua tante mampu terjual 20-30 cup per hari. Dirinya cukup optimis, dilain hari penjualannya pun akan meningkat. Karena setiap harinya, ada penambahan penjualan es dua tantenya.  Semangad dan tekad Emilia dalam memulai bisnisnya memang patut kita contoh. Ibu satu putra inipun sangat berharap usahanya kelak dapat terus berjalan dan berkembang hingga dapat membuka franchise.

 sumber gambar: tim bisnisUKM