Peluang Bisnis Olahan Talas Omzetnya Terus Menetas

olahan talasMerupakan salah satu tanaman penghasil umbi, talas atau yang memiliki nama latin Calocasia esculenta L. Schott ini belakangan mulai dimanfaatkan sebagaian besar masyarakat sebagai alternatif bahan pangan pengganti beras. Tak hanya dimanfaatkan sebagai makanan pokok pengganti nasi, sekarang umbi talas mulai diinovasikan menjadi beragam jenis makanan ringan. Mulai dari keripik talas, camilan stik talas, cake talas, talas roll, brownies talas, donat talas, dodol talas, sawut talas, mochi talas, es krim talas, mie talas, dan lain sebagainya.

Selain memiliki tekstur umbi yang hampir mirip dengan singkong, talas ternyata mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Contohnya saja sebagai sumber karbohidrat, protein, lemak, serta mineral dan vitamin seperti kalsium, phosphor, ferrum (besi), Vitamin A, Vitamin B1, dan Vitamin C. Tidaklah heran bila sekarang ini talas mulai diangkat masyarakat sebagai tanaman komoditas pangan yang bisa dikreasikan menjadi beragam jenis makanan ringan bernilai jual tinggi di pasaran.

Tertarik dengan peluang bisnis olahan talas omzetnya terus menetas? Berikut kami informasikan beberapa persiapan serta tips dan trik dalam menjalankan peluang bisnis tersebut.

Konsumen
Saat ini bisa dibilang beragam jenis produk olahan talas digemari hampir seluruh kalangan masyarakat. Citarasanya yang tak kalah lezat dengan hasil olahan tanaman umbi yang lain, menjadikan aneka macam olahan talas banyak dicari para konsumen. Bahkan melihat tingginya kreativitas para pelaku usaha makanan berbahan baku talas, sekarang ini sebagian besar penggemar kudapan talas ini berasal dari kalangan menengah ke atas. Sebab, selain inovasinya terbilang unik, aneka makanan olahan talas juga bermanfaat bagi kesehatan para konsumen.

Info Bisnis
Seiring dengan digencarkannya progam pemerintah untuk mulai mengenalkan tanaman pangan pengganti nasi, popularitas umbi talas pun juga semakin meroket di kalangan masyarakat luas. Bila awalnya hanya kalangan masyarakat pinggiran saja yang mengkonsumsi umbi talas, sekarang ini banyak masyarakat perkotaan yang mulai penasaran dengan olahan umbi talas sehingga tidak heran bila peluang bisnis ini menjanjikan keuntungan yang cukup besar bagi para pelakunya.

Nah, bagi Anda yang ingin merintis bisnis olahan talas. Berikut ini kami informasikan beberapa poin penting yang perlu dipersiapkan.

  1. Poin pertama yang perlu Anda persiapkan adalah menentukan terlebih dahulu produk apa yang akan Anda produksi. Mengingat produk olahan talas cukup beragam, ada baiknya bila Anda menentukan terlebih dahulu produk apa saja yang hendak Anda pasarkan. Sebut saja seperti bisnis keripik talas, camilan stik talas, cake talas, talas roll, brownies talas, donat talas, es krim talas, mie talas, dan lain-lain.
  2. Mempersiapkan konsep bisnis yang ingin dijalankan. Setelah menentukan produk olahan talas yang akan dipasarkan, poin kedua yang harus Anda perhatikan adalah menentukan konsep bisnis yang akan dijalankan. Dalam hal ini Anda bisa memilih memproduksi sendiri produk olahan talas yang akan dipasarkan, atau menjalin kerjasama dengan produsen olahan talas yang membuka peluang kerjasama bagi para reseller yang ingin mendapatkan tambahan penghasilan.
  3. Lengkapi produk Anda dengan kemasan yang menarik. Untuk meningkatkan nilai jual produk Anda, pastikan bila Anda mendukung aneka olahan talas dengan kemasan produk yang relatif cantik, unik, dan menarik. Dengan begitu, konsumen akan melirik produk Anda dibandingkan produk serupa milik para kompetitor.
  4. Selain dilengkapi dengan kemasan produk yang menarik, tambahkan pula produk Anda dengan tanggal kadaluarsa serta izin legal dari BPOM, MUI, ataupun izin PIRT dari Dinas Kesehatan setempat untuk meyakinkan calon konsumen Anda. Poin ini penting agar produk olahan talas yang Anda produksi bisa diterima pasar dengan baik dan bisa menembus pasar modern seperti misalnya supermarket, toko oleh-oleh, swalayan, dan pusat perbelanjaan lainnya.
  5. Dukung dengan strategi pemasaran yang kreatif. Untuk mendatangkan omzet besar setiap bulannya, tentunya Anda harus mulai menyusun strategi pemasaran sekreatif mungkin. Anda bisa memulainya baik dengan strategi pemasaran online maupun offline. Contohnya saja dengan membuka lapak toko online, aktif di sosial media, atau membuka toko oleh-oleh serba talas yang bisa menarik minat para konsumen.

Resep Talas Roll

Bahan:

  • 100 gram tepung terigu protein rendah
  • 50 gram gula pasir
  • 60 gram minyak goreng
  • 50 gram talas, haluskan
  • 25 gram santan kental instan
  • 35 ml air
  • 4 tetes pewarna merah muda
  • 1/4 sendok teh pewarna ungu
  • talas roll cake4 kuning telur
  • 4 putih telur
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh cream of tartar
  • 60 gram gula pasir
  • 100 gram keju cheedar, parut kasar untuk isi
  • 100 gram buttercream

Cara membuat:

  1. Langkah pertama buat pasta talas dengan cara menghancurkan talas hingga halus (gunakan blender), tambahkan santan kental instan, air, pewarna merah muda, dan pewarna ungu. Sisihkan.
  2. Lalu, aduk rata minyak goreng dan adonan pasta talas. Sisihkan.
  3. Ketiga, ayak tepung terigu dan tambahkan gula pasir. Aduk hingga rata.
  4. Tuang sedikit demi sedikit adonan pasta talas ke campuran tepung terigu dan gula pasir. Aduk rata dan tambahkan kuning telur hingga semuanya tercampur rata. Sisihkan.
  5. Kocok putih telur, garam, dan cream of tartar sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
  6. Tuang hasil kocokan telur tersebut ke tepung terigu dan pasta, sambil diaduk terus secara perlahan.
  7. Tuang ke loyang 30x25x3 cm yang dialas kertas roti tanpa dioles margarin.
  8. Oven 20 menit dengan suhu 180 derajat Celsius sampai matang.
  9. Oles cake dengan buttercream, letakkan keju di salah satu sisinya. Gulung dan padatkan.
  10. Hias roti dan potong untuk 14 orang.

Kelebihan Bisnis
Tanaman talas mempunyai keterkaitan dengan pemanfaatan lingkungan dan penghijauan karena mampu tumbuh di lahan yang agak berair sampai lahan kering. Di Indonesia sendiri daerah penghasil talas dengan kualitas umbi yang cukup unggul, berpusat di Kota Bogor dan juga Daerah Malang. Dengan kapasitas produksi mencapai 30 ton/ hektar, persediaan bahan baku talas di sekitar kita tentunya cukup melimpah, sehingga para pelaku usaha olahan talas tidak kesulitan untuk memenuhi kebutuhan produksi setiap bulannya.

Disamping persediaan bahan bakunya cukup mudah di dapat, umbi talas mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin yang cukup tinggi sehingga cocok dikonsumsi masyarakat sebagai makanan pokok ataupun panganan tambahan. Tidak hanya umbinya saja yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan, pelepah daunnya banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan, obat herbal maupun pembungkus makanan. Bahkan daun, sisa umbi dan kulit umbi dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan ikan secara langsung maupun setelah difermentasikan.

Kekurangan Bisnis
Ketatnya persaingan pasar di bisnis kuliner, menjadi salah satu tantangan yang perlu Anda perhatikan dengan baik. Mengingat sekarang ini kreativitas para pelaku usaha sudah sangat beragam, Anda harus berani menawarkan sebuah pembeda agar produk Anda bisa diterima dengan baik oleh para konsumen. Contohnya saja dengan membuat inovasi es krim talas, mie talas, atau membuat aneka macam cake talas yang menawarkan citarasa dan tampilan yang menawan.

Meskipun citarasa umbi talas tak jauh berbeda dengan ketela pohon, namun ketika diolah terkadang umbi talas menimbulkan rasa gatal di lidah para konsumen. Karena itu untuk menghindari resiko buruk tersebut muncul, sebaiknya pastikan talas sudah tercuci dengan bersih dan dikupas terlebih dahulu agar lender pada umbi talas bisa ikut terbuang.

Strategi Pemasaran

stik talasUntuk mendongkrak pemasaran bisnis olahan talas, Anda bisa memulainya dengan memberikan nilai tambah pada produk untuk mempromosikan keberadaan bisnis Anda ke khalayak ramai. Dalam hal ini Anda bisa memberikan nilai tambah berupa varian rasa yang beragam, pilihan toping yang beraneka macam, bentuk produk yang menarik, kemasan produk yang unik, atau bisa juga dari segi pemasaran yang terbilang nyentrik. Dari poin plus tersebut, Anda bisa meningkatkan rasa penasaran para pelanggan dan mendatangkan banyak transaksi pembelian setiap bulannya.

Selanjutnya untuk memperluas jaringan distribusi produk, Anda juga bisa memanfaatkan peran sosial media untuk mempublikasikan keberadaan produk Anda. Manfaatkan website toko online untuk membuka lapak dagang di dunia maya, dan promosikan bisnis toko online Anda di sosial media agar semakin banyak masyarakat umum yang mengetahui keberadaan produk Anda. Semakin aktif Anda mempromosikan produk olahan talas di dunia maya, maka semakin besar pula peluang Anda untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih lebar.

Kunci Sukses
Dalam menjalankan peluang bisnis ini, yang terpenting adalah kreativitas Anda untuk mengolah umbi talas menjadi beragam jenis sajian kuliner. Mengingat sifat talas yang hampir mirip dengan ketela pohon, umbi ini bisa Anda olah menjadi beragam jenis kudapan lezat bila dimasak dengan cara dan ramuan resep yang tepat.

Analisa Ekonomi
Asumsi
Membuat talas roll cake skala rumah tangga

Modal Awal
Oven                                                      Rp 1.500.000,00
Blender                                                   Rp   200.000,00
Peralatan (mangkok, loyang, baskom, dll)                  Rp   500.000,00+
Total modal                                               Rp 2.200.000,00

Peralatan mengalami penyusutan setelah pemakaian 3 th :
1/36 x Rp 2.200.000,00         =          Rp 61.100,00

Biaya operasional per bulan
Bahan baku (@ Rp 300.000,00/ hari x 25 hari)              Rp 7.500.000,00
Kemasan produk                                            Rp 1.000.000,00
Biaya listrik, telepon, dan air                           Rp   800.000,00
Biaya penyusutan alat                                     Rp    61.100,00
Biaya transportasi                                        Rp   500.000,00+
Total pengeluaran per bulan                               Rp 9.861.100,00

Omzet per bulan
Penjualan per bulan :
@ Rp 20.000,00 x 25 kotak x 25 hari             =         Rp 12.500.000,00

Laba bersih per bulan
Rp 12.500.000,00 - Rp 9.861.100,00              =         Rp 2.638.900,00

ROI (Return of Investment)
(Modal awal : laba bersih per bulan)            =         < 1 bulan

Semoga informasi peluang bisnis yang kami angkat pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menjadi salah satu inspirasi bisnis bagi Anda para pemula yang sedang bingung mencari peluang usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://2.bp.blogspot.com/-JG6g0mRapQs/Th-vXxl3iGI/AAAAAAAAAoo/DeGffDX_rMo/s1600/Colocasia+esculenta.jpg
2. http://4.bp.blogspot.com/_S0OmwVjRyeY/TFG4hxcJNxI/AAAAAAAAAAM/38o1NR54hGU/s1600/Copy+of+IMG_1433.JPG
3. http://1.bp.blogspot.com/_zZ19GECYv0s/TDiX_E0elDI/AAAAAAAAAGw/tLidIrcoK00/s320/keripik%2Btalas%2Bpg%2B29.JPG
  •  
  •  
  •  
  •