Peluang Bisnis Pensiunan Untuk Wanita

peluang bisnis untuk wanita pensiunanBagi sebagian besar wanita yang berkarir di dunia kerja, masa pensiun merupakan suatu proses dimana mereka harus mulai belajar mengubah kebiasaan hidupnya sebagai karyawan menjadi individu yang bebas dalam melakukan pilihan hidupnya.

Ketika menghadapi kondisi seperti ini, tak sedikit dari mereka yang akhirnya memutuskan terjun di dunia usaha setelah memasuki masa pensiun. Keputusan ini sengaja dipilih para pensiunan agar mereka bisa tetap produktif meskipun sudah tidak lagi aktif bekerja sebagai seorang karyawan.

Kendati tidak mudah bagi sebagian besar wanita untuk bisa langsung sukses merintis peluang bisnis pasca pensiun, namun tidak menutup kemungkinan bila dengan perencanaan yang matang bisnis pensiunan yang dijalankan kalangan wanita bisa mendatangkan tambahan penghasilan yang menjanjikan.

Kira-kira bisnis apa saja yang bisa digeluti kaum hawa setelah memasuki masa pensiun kerja? Berikut kami informasikan selengkapnya kepada para pembaca.

Segmen Pasar Yang Bisa Dibidik

Waktu luang yang relatif lebih panjang serta modal usaha yang cukup tersedia, memudahkan para pensiunan untuk merintis peluang usaha. Namun kendati begitu, mereka masih membutuhkan banyak pengetahuan dan pengalaman untuk merencanakan bisnisnya dengan matang.

Bila dipersiapkan dengan baik, bisnis pensiunan yang dijalankan kaum hawa tak kalah bersaing dengan peluang bisnis yang lain. Segmen pasarnya pun juga cukup luas, dalam hal ini Anda bisa membidik sesama wanita, ibu rumah tangga, ataupun segmen anak yang cukup dekat dengan keseharian Anda.

Ide Bisnis Untuk Wanita Yang Pensiun

Masih bisa produktif di masa-masa pensiun tentu menjadi salah satu kebahagiaan yang diimpikan setiap orang. Termasuk diantaranya adalah pensiunan karyawati yang ingin merintis usaha untuk mengisi waktu luang mereka setiap harinya. Beberapa peluang bisnis yang bisa dijalankan para wanita setelah memasuki masa pensiun antara lain sebagai berikut,

  • bisnis untuk wanita pensiunanMenggunakan passion atau hobi yang dimiliki untuk memproduksi kerajinan tangan. Seperti misalnya membuat kerajinan rajut, memproduksi kerajinan kain perca, berkreasi menciptakan produk daur ulang, membuat aksesoris cantik dari manik-manik, dan lain sebagainya.
  • Membuka bisnis warung kelontong, minimarket, toko perabot rumah tangga, toko obat, usaha fotokopi, bisnis isi ulang air galon, bisnis persewaan motor, persewaan sepeda, persewaan mobil, atau bisnis rental buku dan film dengan memanfaatkan ruang kosong di sekitar rumahnya.
  • Memanfaatkan keahliannya untuk membuka bisnis katering, membuka toko roti dan kue, membuka warung lesehan, usaha jasa jahit, membuka sanggar senam, bisnis laundry dan lain-lain.
  • Apabila memiliki lahan cukup luas, bisa juga mencoba bisnis pertanian organik, membuka bisnis tanaman hias, ternak unggas, mendirikan kost-kostan atau kontrakan, menyewakan ruko, serta bisa juga menyewakan sebidang tanah kosong untuk tempat usaha.

Persiapan Bisnis Bagi Wanita Pensiun

Di beberapa negara berkembang maupun negara maju, secara umum gaji karyawan wanita terbilang lebih rendah jika dibandingkan dengan pekerja pria. Tidak hanya itu saja, sekarang ini kesempatan berkarier untuk kaum hawa juga cenderung lebih sedikit. Sehingga tidaklah heran bila belakangan ini banyak kalangan wanita yang memilih terjun di dunia usaha atau memutuskan pensiun di usia muda untuk mendapatkan sumber penghasilan yang lebih menggiurkan.

Bagi Anda kaum hawa yang tertarik menekuni peluang bisnis wanita setelah masa pensiun tiba, sedikitnya ada lima persiapan yang perlu Anda perhatikan dari sekarang.

  1. Sebelum memasuki masa pensiun, ada baiknya bila Anda mulai merencanakan ide bisnis yang peluangnya masih terbuka lebar namun resikonya tak terlalu besar. Meski bisnis tersebut baru Anda jalankan setelah pensiun, namun ada baiknya bila Anda mulai mempersiapkannya dari sekarang. Hal ini penting agar segala sesuatunya telah siap sebelum Anda benar-benar pensiun.
  2. Anda bisa menggunakan uang pesangon dari perusahaan sebagai modal usaha. Untuk mencukupi seluruh biaya operasional bisnis Anda, tak ada salahnya bila Anda menggunakan uang pesangon yang diterima sebagai modal usaha. Belanjakan modal tersebut sesuai kebutuhan bisnis Anda, dan sisakan minimal 30% sebagai biaya cadangan.
  3. Mengingat setelah pensiun Anda tak lagi mendapatkan gaji rutin setiap bulannya, maka penting bagi Anda untuk memilih peluang bisnis yang cepat balik modal.
  4. Persiapkan bahan, peralatan, dan tempat usaha dengan maksimal agar bisnis wanita yang dijalankan setelah pensiun tak menghadapi berbagai hambatan di tengah jalan. Misalnya saja bila Anda ingin membuka toko perabot rumah tangga dengan memanfaatkan garasi rumah Anda, maka carilah supplier dengan harga miring agar produk yang Anda pasarkan banyak dilirik konsumen.
  5. Manfaatkan pasar di sekitar Anda untuk mempromosikan bisnis pensiunan yang dijalankan. Dalam hal ini Anda bisa memanfaatkan tetangga sekitar atau rekan kerja di perusahaan tempat Anda dulu bekerja.

Keuntungan Bisnis Untuk Wanita Pensiunan

Setelah mundur dari rutinitas kerja setiap harinya, terkadang para wanita membutuhkan aktivitas pengganti untuk mengisi waktu luang mereka. Dengan berwirausaha, para pensiunan khususnya dari kaum hawa bisa menyalurkan hobi, passion, serta skill yang mereka miliki untuk mendatangkan tambahan penghasilan setiap bulan.

Selain itu, jika dibandingkan dengan peluang usaha yang dijalankan kaum pria, bisnis pensiunan yang dikelola pengusaha wanita biasanya bisa berkembang lebih cepat. Keuletan, ketelitian, serta semangat kerja yang dimiliki kaum hawa, menjadikan bisnis yang mereka kelola bisa berkembang dengan sangat pesat. Untuk itu, bagi Anda karyawati yang hendak memasuki masa pensiun, kini tak perlu khawatir lagi dengan kondisi ekonomi Anda setelah pensiun tiba. Sebab, dengan merintis bisnis pensiunan, Anda bisa mendatangkan keuntungan yang lebih besar dari gaji rutin yang dulu Anda terima sebagai seorang karyawan.

Kendala Bisnis Untuk Wanita Pensiunan

Banyak wanita yang mengurungkan niatnya menjadi pengusaha karena mereka tidak mampu mengatasi rasa takut yang muncul dalam dirinya. Takut akan kegagalan alias gulung tikar, takut tertipu, takut modalnya tidak cukup, serta ketakutan-ketakutan lainnya hanya menjadi sebuah penghalang bagi kaum hawa untuk terjun di dunia usaha setelah pensiun dari tempat kerjanya. Guna mengatasi kendala tersebut, ada baiknya bila Anda mulai merencanakan peluang bisnis pensiunan tersebut sebelum Anda benar-benar berhenti dari rutinitas kerja di kantor. Strategi ini perlu Anda coba agar ketika mengalami kegagalan usaha, Anda masih memiliki cadangan penghasilan dari gaji rutin yang Anda terima.

Kendala kedua yang sering dihadapi pengusaha pensiunan adalah turunnya daya tahan fisik ketika memasuki usia senja. Walaupun kendala tersebut tak lantas menghentikan jalan mereka untuk merintis usaha, namun setidaknya pengusaha wanita yang hendak merintis bisnis di masa pensiun harus pintar-pintar memilih dan memilah peluang bisnis mana saja yang resikonya tidak terlalu besar. Hal ini penting agar Anda tak terlalu kesulitan ketika harus menjalankan roda usaha di usia yang tak lagi muda.

Strategi Pemasaran Bisnis Pensiunan

bisnis untuk wanitaSebagai seorang pensiunan tentunya jaringan pemasaran bisnis yang Anda miliki cukuplah luas. Anda bisa memanfaatkan strategi pemasaran dari mulut ke mulut serta mempromosikan peluang bisnis yang Anda jalankan ketika menghadiri acara arisan ibu-ibu atau di kegiatan perkumpulan sesama pensiunan yang biasanya diadakan rutin sebulan sekali. Melalui strategi pemasaran tersebut, Anda bisa memperkenalkan produk atau jasa yang Anda tawarkan dan tidak menutup kemungkinan bila beberapa rekan Anda tertarik menjadi pelanggan setia Anda.

Disamping memanfaatkan orang-orang di sekitar Anda, selanjutnya Anda bisa membuat marketing tools berupa pamflet, spanduk, atau neonbox di depan rumah Anda agar calon konsumen yang melewati tempat usaha Anda mulai tertarik mampir untuk membeli. Sedangkan untuk pamflet atau brosur, Anda bisa menitipkannya di beberapa warung yang ada di sekitar lokasi usaha Anda atau bisa juga menitipkannya di tukang koran keliling agar brosur tersebut diselipkan di dagangan koran yang mereka pasarkan.

Kunci Sukses Bisnis Pensiunan Untuk Wanita

Melihat kondisi fisik Anda sudah tak lagi muda, maka poin penting yang perlu diperhatikan kalangan wanita dalam merintis bisnis pensiunan adalah usahakan untuk memilih peluang bisnis yang mudah dijalankan dan resikonya tidak terlalu besar. Bila perlu pilihlah bisnis yang tidak terlalu menuntut peran aktif Anda untuk beraktivitas berat setiap harinya namun menjanjikan keuntungan besar setiap bulannya. Contohnya saja seperti membuka bisnis kost-kostan mahasiswa.

Analisa Ekonomi

Asumsi
Membuka kost-kostan untuk kalangan mahasiswa
Memiliki 10 kamar kost dengan nilai sewa Rp 500.000,00/ bulan

Modal Awal
Renovasi rumah                                            Rp 30.000.000,00
Beli lemari (@ Rp 200.000,00 x 10 kamar)                  Rp   2.000.000,00
Beli kasur busa (@ 300.000,00 x 10 kamar)                 Rp   3.000.000,00+
Total modal                                               Rp 35.000.000,00

Peralatan lemari dan kasur mengalami penyusutan setelah 3 tahun :
1/36 x Rp 5.000.000,00           = Rp 138.900,00/ bln

Biaya operasional per bulan
Biaya listrik, telepon, dan air                            Rp 2.000.000,00
Biaya perawatan gedung                                     Rp 1.500.000,00
Biaya penyusutan peralatan                                 Rp    138.900,00+
Total biaya per bulan                                      Rp 3.638.900,00

Omzet per bulan
Uang sewa kamar per bulan :
@ Rp 500.000,00 x 10 kamar                      =          Rp 5.000.000,00

Laba bersih per bulan
Rp 5.000.000,00 - Rp 3.638.900,00               =          Rp 1.361.100,00

ROI (Return of Investment)
(Modal awal : laba bersih per bulan)            =          ± 2 tahun

Dengan kejelian kita dalam memilih peluang bisnis untuk wanita yang telah pensiun, tidak menutup kemungkinan bila kaum hawa pun bisa tetap produktif setelah memasuki masa purna kerja. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://www.pardaphash.com/uploads/images/660/pensionpeople410-82703.jpg
2. http://media.viva.co.id/thumbs2/2011/06/16/113641_sepatu-unik-berbahan-batik_663_382.jpg
3. http://jproperty.org/wp-content/uploads/2013/04/Desain-Rumah-Kos1-1024x768.jpg
  •  
  •  
  •  
  •