Peluang Bisnis Rumahan Bagi Wanita

katering anakTerlahir sebagai seorang wanita, ternyata tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk bisa sukses merintis sebuah usaha. Meskipun sekarang ini tidak semua wanita memiliki kesempatan yang sama untuk bekerja di kantoran sebagai wanita karir. Namun sebagai makhluk sosial yang dikenal memiliki kemampuan multitasking, kaum hawa bisa merintis sebuah usaha dari rumah tanpa harus meninggalkan tugas utamanya mengurus segala keperluan anak dan rumah tangga.

Keputusan untuk merintis bisnis rumahan di sela-sela kesibukannya mengurus rumah tangga, memang sering dipilih banyak wanita untuk mendatangkan tambahan penghasilan setiap bulannya. Tidak hanya itu saja, banyak wanita yang ingin merintis bisnis rumahan untuk mengembangkan kreativitas dan menyalurkan hobi mereka tanpa harus meninggalkan tugas utamanya mengurus rumah tangga. Salah satunya saja seperti menyalurkan hobi memasak untuk merintis peluang bisnis rumahan yang melayani permintaan jasa katering anak.

Konsumen
Membidik anak-anak sebagai target pasar yang potensial, memang menjanjikan keuntungan cukup besar. Dalam hal ini, Anda bisa membidik konsumen perorangan yang kedua orang tuanya sibuk bekerja, sehingga tidak sempat menyiapkan bekal makan siang untuk putra-putri tercintanya. Atau bisa juga membidik sekolah-sekolah full day yang membutuhkan jasa katering untuk memenuhi kebutuhan gizi bagi para murid didiknya.

Info Bisnis
Membicarakan mengenai kebutuhan anak, memang seakan tak pernah ada habisnya. Bahkan para orang tua rela mengeluarkan budget (dana) yang tidak sedikit untuk memenuhi kebutuhan buah hati tercintanya.

Dari sekian banyak keperluan yang dibutuhkan anak-anak, menu makanan sehat menjadi salah satu kebutuhan pokok yang sangat diperhatikan para orang tua. Karenanya, Anda bisa membidik peluang tersebut untuk menjalankan bisnis rumahan yang melayani jasa katering anak dengan aneka menu sehat tanpa MSG, dan pewarna makanan.

Nah, sebelum Anda terjun menekuni peluang bisnis rumahan yang melayani jasa katering makanan anak. Berikut ini kami informasikan beberapa hal penting yang perlu Anda persiapkan untuk merintis usaha tersebut.

  1. Nutrisi makanan menjadi kebutuhan utama yang perlu Anda perhatikan. Mengingat konsumen Anda adalah anak-anak, pastikan bila makanan yang Anda produksi benar-benar terjaga kualitasnya dan memenuhi kandungan nutrisi atau gizi yang dibutuhkan anak-anak. Sebaiknya, hindari MSG, zat pewarna, zat pengawet, serta pemanis buatan, yang bisa membahayakan kesehatan anak-anak.
  2. Perhatikan variasi menu yang ditawarkan. Agar konsumen Anda tidak bosan, tawarkan varian menu yang beragam. Contohnya saja meliputi nasi, sayur, lauk, buah, dan makanan pembuka yang disukai anak-anak. Untuk menarik minat konsumen, buatlah dekorasi bento dengan bentuk unik atau membentuknya seperti tokoh kartun yang digemari anak-anak.
  3. Berikan layanan delivery order untuk memberikan nilai tambah pada konsumen. Seperti kita ketahui bersama, sebagian besar konsumen yang berlangganan jasa katering adalah anak-anak yang orang tuanya memiliki kesibukan cukup padat. Oleh karena itu, tawarkan layanan delivery order agar konsumen Anda tidak kerepotan untuk memenuhi kebutuhan gizi putra-putrinya.
  4. Siapkan menu sesuai dengan riwayat anak. Yang dimaksudkan riwayat anak adalah data pribadi konsumen mengenai alergi yang dimiliki, serta kegemaran yang dimiliki buah hati. Hal ini penting, agar Anda bisa menyesuaikan menu makanan yang Anda berikan sesuai dengan kebutuhan para konsumen.

Keuntungan Bisnisbisnis rumahan
Hampir sebagian besar wanita memiliki hobi dan kemampuan dalam hal masak-memasak. Jadi, bisa dikatakan peluang usaha rumahan ini bisa dikembangkan dengan mudah oleh setiap wanita. Yang terpenting adalah pahami menu-menu kesukaan anak, serta penuhi kadar gizi dan nutrisi yang Anda tawarkan kepada konsumen.

Tak hanya mudah untuk dijalankan, dalam mengembangkan bisnis ini juga tidak membutuhkan modal usaha yang terlalu besar. Anda bisa memanfaatkan perabot rumah tangga yang ada di dapur untuk mempermudah proses produksi setiap harinya.

Kekurangan Bisnis
Dalam menjalankan bisnis rumahan ini, kesulitan yang paling sering dihadapi para pelaku usaha katering adalah menentukan varian menu agar konsumen tidak cepat bosan dengan makanan yang Anda tawarkan. Untuk mengantisipasi kendala tersebut, perbanyak wawasan Anda mengenai aneka resep makanan sehat. Baik itu untuk menu sarapan, makan siang, maupun makan malam.

Strategi Pemasaran
Mengingat Anda membidik segmen pasar anak-anak, strategi pemasaran yang bisa Anda jalankan tentunya melakukan pendekatan dengan pihak orang tua. Ajukan proposal penawaran ke pihak orang tua atau menggandeng sekolah-sekolah yang memiliki program full day (sekolah dari pagi sampai sore). Strategi ini lebih efektif, karena pemasaran kolektif bisa mendatangkan penjualan yang lebih besar.

Selain memasarkannya melalui pendekatan konsumen secara langsung, Anda juga bisa mempromosikannya melalui media online. Peranan internet yang belakangan ini cukup pesat, bisa Anda manfaatkan untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Untuk itu, buatlah sebuah website untuk membuka toko online, dan manfaatkan social media untuk mempromosikan toko online Anda.

Kunci sukses
Dalam menjalankan bisnis makanan khususnya jasa katering anak, kunci utama yang perlu Anda perhatikan adalah menjaga kualitas bahan baku yang digunakan serta memastikan tingkat nutrisi yang terkandung dalam setiap menu sudah mencukupi kebutuhan gizi bagi putra-putri tercinta. Yang terakhir, perhatikan pula dekorasi makanan yang Anda produksi, bila perlu tingkatkan keahlian Anda dalam hal merias makanan atau yang lebih dikenal dengan istilah bento (seni menghias makanan). Sebab, hampir setiap anak menyukai menu makanan yang dihias dengan bentuk lucu dan unik.

Analisa Ekonomi

Asumsi
Lokasi usaha memanfaatkan dapur rumah (bebas biaya sewa)
Orderan katering sekolah per hari 100 box, harga Rp 17.500,00/box

Modal awal
Kompor gas 2 tungku + tabung                  Rp   500.000,00
Peralatan masak (panci, wajan, pisau,dll)     Rp 1.000.000,00
Rice cooker (penanak nasi)                    Rp   350.000,00
Cetakan bento/ menggunakan cetakan kue        Rp   150.000,00
Box nasi, sendok, garpu (pilih yang aman)     Rp 1.500.000,00
Box motor delivery                            Rp 1.500.000,00
Total                                         Rp 5.000.000,00

Peralatan dan perlengkapan mengalami penyusutan 4 tahun :
1/48 bulan x Rp 5.000.000,00             =    Rp 104.200,00

Biaya operasional per bulan
Bahan baku makanan :
(@ Rp 12.500,00 x 26 hari x 100 box)          Rp 32.500.000,00
Gaji karyawan (@ Rp 850.000,00 x 2 org)       Rp  1.600.000,00
Gas elpiji 3 kg (@ Rp 17.000,00 x 8 tabung)   Rp    136.000,00
Biaya listrik, telepon dan air                Rp    750.000,00
Biaya transportasi (@ Rp 25.000,00 x 26 hr)   Rp    650.000,00
Biaya promosi (brosur, kartu nama, dll)       Rp    300.000,00
Biaya penyusutan                              Rp    104.000,00+
Total                                         Rp 36.040.000,00

Omset per bulan
Orderan katering sekolah selama sebulan :
@ Rp 17.500,00 x 26 hari x 100 box  =         Rp 45.500.000,00

Laba bersih per bulan
Rp 45.500.000,00 - Rp 36.040.000,00           Rp 9.460.000,00

ROI (Return of Investment)
(Modal awal : laba bersih per bulan)   =      < 1 bulan

Semoga informasi peluang bisnis rumahan bagi wanita yang kami angkat pada pekan ini bisa memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca dan menginspirasi seluruh wanita di Indonesia untuk berani melangkah dan segera terjun di dunia usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://farm3.staticflickr.com/2120/1563438362_7c0790e361.jpg
2. http://2.bp.blogspot.com/_hO-OKLJvWrM/SLK060ZKA_I/AAAAAAAABR4/GgL-3J2cB_E/s400/Bento+Mosaic.jpg