Peluang Bisnis Rumahan, Usaha Toko Kelontong

Peluang usaha toko kelontong skala rumahanMemanfaatkan ruangan yang tidak terpakai di rumah untuk membuka peluang usaha toko kelontong, memang sangat menguntungkan. Tak hanya labanya yang menggiurkan, namun bagi sebagian ibu rumah tangga, usaha ini bisa dijadikan sebagai peluang bisnis sampingan tanpa harus mengabaikan tugas utamanya mengurus keluarga.

Toko kelontong khususnya di kawasan pemukiman padat penduduk biasanya mempunyai pasar yang selalu ramai. Walaupun margin setiap produknya bisa dibilang tipis, tapi total keuntungan yang didapatkan cukuplah menggiurkan, karena hampir setiap warga membutuhkan produk pokok seperti sembako, mie instant, perlengkapan mandi, sabun deterjen dan lain sebagainya.

Selain itu, jumlah produk yang dijual semakin beragam dan banyak. Tentu semakin banyak produk yang dijual, maka keuntungan yang didapat juga akan semakin besar pula. Tidak hanya barang kebutuhan pokok saja yang sekarang ini bisa dipasarkan di toko kelontong, tetapi juga barang-barang kebutuhan sekunder pun juga semakin banyak jenisnya.

Sebagai pelengkap dan penambah omzet setiap bulan, usaha toko kelontong Anda bisa ditambah dengan berjualan pulsa handphone. Peluang usaha pulsa juga bisa ditambahkan di toko kelontong karena sekarang ini kesadaran akan kebutuhan pulsa handphone terlebih untuk para mahasiswa yang kebanyakan anak kost sangatlah tinggi.

Persiapan Membuka Toko Kelontong

Pertama, untuk membuka usaha toko kelontong, yang harus disiapkan adalah etalase dan rak yang digunakan untuk memajang barang-barang dagangannya. Besarnya etalase disesuaikan dengan jumlah dan jenis barang yang dijual, dan berapa modal yang ada untuk memulai usaha ini.

Selanjutnya untuk rak, jika modal terbatas maka pemilik cukup membeli bagian-bagiannya saja seperti kayu dan besi kemudian dirakit sendiri karena ini jelas lebih menghemat.

Persiapan tempat yang strategis untuk berjualan seperti di depan rumah atau garasi, atau dengan menyewa kios di pinggir jalan juga sangat penting untuk diperhatikan. Dan jangan lupa menyiapkan timbangan untuk menakar produk yang dijual kiloan dan kalkulator untuk menghitung total belanjaan konsumen.

Sebagai pemula, jika belum mengenal agen atau distributor dari produk-produk yang akan dijual, Anda bisa langsung mendatangi distributor atau agen resmi yang ada di sekitar lokasi toko kelontong. Usahakan selalu membeli barang langsung dari distributor atau agen karena harganya jauh lebih murah.

Terakhir, susunlah daftar barang yang akan dijual, disesuaikan dengan modal yang ada. Sambil menyusun biaya belanja, buatlah skala prioritas terhadap barang-barang tersebut. Untuk barang yang diprediksi akan cepat laku maka stok bisa diperbanyak dan selalu dipersiapkan agar tidak pernah kehabisan.

Simulasi Keuntungan
Asumsi pendapatan harian Rp 600.000,00
Omset 1 bulan : Rp 600.000,00 x 30 hari       = Rp 18.000.000,00

Pengeluaran
Belanja stok produk = Rp 500.000,00 x 30 = Rp 15.000.000,00
Transportasi                             = Rp    150.000,00
Listik dll                               = Rp    150.000,00
Total pengeluaran                        = Rp 15.300.000,00

Keuntungan bersih
Rp 18.000.000,00 - Rp 15.300.000,00      = Rp  2.700.000,00

Nah, bagi Anda yang memiliki ruang kosong di rumah, tak ada salahnya bila Anda memanfaatkannya untuk membuka peluang usaha toko kelontong skala rumahan. Mulailah dari yang mudah, mulai dari yang murah, dan yang paling penting mulailah dari sekarang! Salam sukses.

  •  
  •  
  •  
  •