Peluang Bisnis Sampingan Distro Online

Peluang Bisnis Sampingan Distro Online

Bagi sebagian besar anak muda, terlihat modis, rapi, dan trendy, sudah menjadi sebuah kebutuhan yang tak bisa dipisahkan. Tidaklah heran bila perubahan gaya hidup tersebut,  menjadikan bisnis fashion sebagai salah satu peluang usaha yang prospek pasarnya sangat menjanjikan saat ini.

Selain itu, perkembangan gaya hidup masyarakat saat ini juga mulai berubah. Banyak orang kini lebih memilih berbelanja via online dibandingkan harus jauh-jauh pergi ke sebuah pusat perbelanjaan hanya untuk belanja baju atau pakaian lain. Kebiasaan seperti ini  mendorong para pelaku bisnis fashion, khususnya distribution outlet (distro) untuk mampu menyesuaikan diri dan menyambutnya sebagai sebuah peluang usaha yang  menarik.

Bagi Anda para mahasiswa yang tertarik pada dunia fashion, peluang bisnis sampingan distro online seperti ini tentu sangat cocok untuk kalian, dan bisa kalian jalankan disela-sela padatnya jadwal kuliah sehari-hari.

Konsumen
Sebagian besar bisnis distro yang muncul sengaja membidik kalangan anak muda baik pria maupun wanita. Bila industri garmen menawarkan produk fashion secara massal dengan harga yang sangat murah, distro yang ada sengaja dibangun dengan konsep eksklusif untuk membidik konsumen kelas atas maupun kalangan anak muda yang menyukai desain produk  yang terkenal limited edition (hanya terbatas 5-20 pcs).

Info Bisnis

Sejak pertama kali booming pada tahun 1990-an di kota Kembang (Bandung), industri distro mulai berkembang pesat dan mewabah ke berbagai daerah lain. Sebut saja seperti Solo, Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Denpasar, Pekanbaru, Medan, hingga Makasar. Melihat kondisi pasar yang semakin hari semakin ramai, ternyata mendorong sebagian para pelaku usaha untuk memasarkan produk mereka melalui media online. Terbukti cara tersebut cukup efektif, sehingga wajar adanya bila keberadaan distro online juga mulai mewabah seperti halnya outlet-outlet distro yang sudah tersebar di berbagai daerah Indonesia.

Nah, untuk para pemula khususnya kalangan mahasiswa yang sedang bingung mencari peluang bisnis sampingan, berikut ini kami informasikan beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika hendak merintis bisnis distro online .

  1. Jika industri distro konvensional membutuhkan gerai usaha yang lokasinya cukup strategis, sama halnya dengan bisnis distro online yang membutuhkan alamat website (domain) yang banyak dicari konsumen di mesin pencarian untuk dijadikan sebagai lapak toko online. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan website berbayar maupun website gratisan, namun untuk membangun kepercayaan konsumen, ada baiknya bila Anda menggunakan website berbayar.
  2. Mengingat modal usaha para mahasiswa masih terbatas, hal penting yang perlu Anda lakukan yaitu mencari distributor maupun produsen barang-barang distro yang bisa diajak kerjasama. Misalnya saja dengan mencari pemasok barang-barang distro yang menawarkan sistem konsinyasi (titip jual), menjadi reseller produk distro, atau bisa juga menjalankan sistem dropship untuk meminimalisir modal usaha.
  3. Membuat katalog produk yang menarik untuk memikat calon konsumen. Bisa dikatakan katalog produk menjadi senjata utama bagi Anda untuk mendatangkan penjualan. Karena itu, buatlah desain semenarik mungkin, agar produk-produk yang Anda pasarkan memiliki nilai jual yang lebih tinggi.
  4. Menjalin hubungan baik dengan komunitas-komunitas tertentu. Sebab, sebagian besar penggemar produk distro adalah sekumpulan anak muda yang tergabung dalam sebuah komunitas. Misalnya saja seperti komunitas penggemar sepeda, otomotif, penggemar olah raga sepak bola, dan lain sebagainya.
  5. Update produk secara rutin. Bila distro offline mendisplay produk barunya di bagian depan outlet yang mereka miliki, maka Anda juga bisa melakukannya dengan meng-upload berbagai macam produk unggulan ke halaman website distro online. Upload produk-produk terbaru, dan berikan keterangan tambahan agar konsumen mengetahui produk new arrival (produk terbaru) di toko online Anda.

Kelebihan Bisnis
Konsep distro yang menawarkan aneka macam produk fashion dengan desain yang limited edition, ternyata memberikan nilai tersendiri bagi para calon konsumen. Keunikan produk yang ditawarkan, serta sentuhan desain modern yang dikembangkan para pelaku bisnis clothing company di Indonesia, membuat produk-produk distro masih tetap memiliki nilai jual yang cukup tinggi dipasaran. Sehingga keuntungan yang dijanjikan bagi para pelaku bisnis sampingan tersebut juga masih sangat menjanjikan.

Disamping menjanjikan keuntungan yang cukup besar, bisnis sampingan distro online bisa Anda jalankan dengan modal yang sangat minim. Modal utama yang Anda butuhkan hanyalah keberanian untuk menjalin kerjasama dengan para distributor maupun clothing company (produsen barang-barang distro), agar Anda bisa menjadi reseller produk mereka. Mintalah foto produk dari mereka untuk membuat katalog produk, dan selanjutnya Anda bisa melakukan pemesanan setelah ada orderan dari konsumen.

Kekurangan Bisnis
Hambatan usaha yang sering dihadapi para pelaku bisnis distro baik online maupun offline adalah banyaknya kasus pembajakan produk-produk distro. Karena itu, sebagai reseller produk distro Anda harus jeli dan teliti dalam mencari pemasok. Pastikan bahwa desain produk yang dipasarkan pemasok benar-benar asli hasil karya mereka, bukan hasil jiplakan dari brand distro lainnya. Untuk mengetahui informasi pemasok produk distro di sekitar Anda, bisa diperoleh dari internet atau komunitas yang Anda miliki. Bila perlu, gandeng pemasok lokal untuk mengangkat kreativitas dan budaya tradisional yang ada di sekitar Anda.

Strategi Pemasaran

Melalui internet, para pelaku bisnis distro bisa memasarkan dagangan mereka ke berbagai pelosok nusantara. Dampak kemajuan teknologi informasi dan internet yang belakangan ini mulai berkembang pesat di Indonesia, ternyata tidak hanya memudahkan masyarakat untuk mendapatkan banyak informasi dari media internet, namun juga turut mendorong perubahan gaya hidup masyarakat sehingga mereka mulai familiar untuk melakukan transaksi jual beli melalui media online.

Untuk mengoptimalkan pemasaran online, para pelaku bisnis distro diwajibkan untuk memiliki website resmi sebagai lapak dagang (toko online) yang bisa dikunjungi para konsumen. Buatlah tampilan website yang mudah digunakan para konsumen (user friendly), selanjutnya dukung dengan email, yahoo messenger, facebook, twitter, dan beberapa situs sosial media lainnya untuk menggiring para konsumen menuju website toko online yang Anda miliki. berikutnya juga, Anda bisa memadukan pemasaran online dengan promosi offline, contohnya saja dengan membuat kartu nama, brosur, stiker, memasanag iklan di media cetak, serta mengikuti beberapa event pameran distro yang diadakan di kota Anda.

Kunci Sukses
Dalam menjalankan bisnis sampingan distro online, yang terpenting adalah kepiawaian Anda dalam berpromosi di media online. Lakukan update produk secara rutin agar keberadaan website Anda semakin dikenal banyak orang, gunakan kata kunci (keyword) yang banyak dicari pada mesin pencari, agar website toko online Anda bisa muncul di halaman pertama mesin pencarian (Google). Dan kunci kesuksesan yang ketiga yaitu aktif berpromosi di situs jejaring sosial, maupun di forum-forum komunitas yang belakangan ini mulai bermunculan di dunia maya.

Analisa Ekonomi

Asumsi
Bisnis distro online dengan modal katalog.
Pembelian barang dilakukan setelah ada pesanan dari konsumen.

Modal awal
1 unit Laptop                                 Rp 5.000.000,00
1 modem internet                              Rp   300.000,00+
Total                                         Rp 5.300.000,00

Modem dan laptop mengalami penyusutan setelah digunakan 3 tahun :
1/36 bulan x Rp 5.300.000,00             =    Rp 147.200,00

Biaya operasional per bulan
Kulakan barang pesenan :
Pesanan kaos/bln : @ Rp 45.000 x 30 pcs       Rp 1.350.000,00
Pesanan jaket/bln : @ Rp 85.000 x 20 pcs      Rp 1.700.000,00
Pesanan topi/bln : @ Rp 30.000 x 25 pcs       Rp   750.000,00
Pesanan sandal/bln : @ Rp 50.000 x 10 pasang  Rp   500.000,00
Pesanan sepatu/bln : @ Rp 125.000 x 8 pasang  Rp 1.000.000,00
Kemasan produk                                Rp   200.000,00
Biaya listrik, internet, dan telepon          Rp   350.000,00
Biaya transport dan pengiriman barang         Rp   750.000,00
Biaya promosi (katalog, iklan online, dll)    Rp   360.000,00+
Total pengeluaran                             Rp 6.560.000,00

Omset per bulan
Penjualan kaos : @ Rp 75.000 x 30 pcs         Rp 2.250.000,00
Penjualan jaket : Rp 125.000 x 20 pcs         Rp 2.500.000,00
Penjualan topi : @ Rp 55.000 x 25 pcs         Rp 1.375.000,00
Penjualan sandal : @ Rp 95.000 x 10 pasang    Rp   950.000,00
Penjualan sepatu : @ Rp 180.000 x 8 pasang    Rp 1.440.000,00+
Total omset                                   Rp 8.515.000,00

Laba bersih per bulan
Rp 8.515.000,00 - Rp 6.560.000,00   =          Rp 1.955.000,00

ROI (Return of investment)
(Modal awal : laba bersih per bulan)   =       ± 3 bulan

Semoga informasi peluang bisnis sampingan distro online yang kami angkat ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca, dan menginspirasi mahasiswa Indonesia untuk berani terjun ke dunia usaha untuk mendatangkan untung besar setiap bulannya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://www.designkaos.com/wp-content/uploads/2012/01/tips-untuk-memulai-toko-kaos-distro-online-465x300.jpg
2. http://w24.indonetwork.co.id/pdimage/65/1364565_delapandistro.jpg