Peluang Bisnis

Peluang Usaha Laundry Sepatu, Untung Maksimum dari Pasar Premium

Peluang bisnis jasa laundry sepatuKetika trend sepatu sneaker mulai muncul kembali di tahun 2014 dan keberadaannya kini semakin digandrungi kalangan anak muda, belakangan tak hanya para penjual sepatu olahraga saja yang kebanjiran rejeki setiap bulannya. Trend tersebut nyatanya turut memberikan peluang usaha baru bagi sejumlah orang yang menawarkan jasa laundry sepatu.

Perbaikan kondisi ekonomi masyarakat khususnya di kota-kota besar, membuat banyak orang tak lagi segan untuk mengoleksi sepatu mahal, contohnya saja sneaker limited edition. Menyadari alas kaki kesayangannya dibeli dengan harga selangit, mereka pun juga ingin merawat dan membersihkannya dengan perlakuan khusus. Peluang inilah yang kemudian diambil para penyedia jasa laundry sepatu yang menawarkan solusi praktis dengan tarif yang relatif ekonomis.

Target Pasar

Membersihkan sepatu tidaklah semudah mencuci baju, sebab mulai dari sabun hingga peralatannya harus mempunyai spesifikasi khusus sesuai dengan jenis bahan sepatu yang akan dibersihkan. Tak ayal beberapa orang justru mendapati kekecewaan ketika mencucikan sepatunya di laundry pakaian, karena bila teknik penanganannya kurang tepat justru akan merusak sepatu. Apalagi jika sepatu tersebut merupakan sepatu dengan harga mahal atau merek terkenal, seperti berbahan kulit asli, kanvas, maupun suede.

Pasar inilah yang bisa digarap untuk mendatangkan keuntungan besar setiap bulan. Perubahan gaya hidup masyarakat perkotaan yang memiliki sedikit waktu luang atau bahkan tidak mempunyai waktu sama sekali untuk merawat sepatu mereka, mendorong kalangan menengah ke atas ini lebih memilih untuk mempercayakan kebersihan sepatunya ke pelaku jasa laundry sepatu. Bahkan kalangan masyarakat premium tersebut tak lagi segan untuk mengeluarkan kocek tambahan untuk merawat dan membersihkan sepatu kesayangan.

Memulai Bisnis Laundry Sepatu

Peralatan laundry sepatuKendati keberadaan bisnis ini belum menjamur seperti laundry pakaian, namun dalam beberapa tahun terakhir, jasa cuci sepatu mulai bermunculan di beberapa kota besar di Indonesia. Untuk memulai bisnis laundry sepatu, modal yang diperlukan adalah keterampilan dan pengetahuan khusus seputar bahan sepatu yang digunakan. Ingat, setiap bahan sepatu memiliki cara tersendiri dalam hal perawatan dan pencuciannya.

Bahkan cairan pembersih dan peralatan yang mereka gunakan pun tidak sembarangan, ada diantara penyedia jasa cuci sepatu yang kini mampu memproduksi cairan pembersih khusus sendiri dengan bekal pengalamannya mengamati berbagai jenis bahan sepatu. Ada pula sebagian lainnya yang secara khusus mendatangkan cairan pencuci berkualitas dengan cara impor dari luar negeri, semua dilakukan untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumennya.

Begitu juga dengan peralatan yang digunakan untuk memulai bisnis jasa laundry sepatu. Tidak hanya sikat dan alat semir saja yang pemilihannya harus tepat, namun penggunaannya juga harus disesuaikan dengan bahan sepatu yang akan dibersihkan. Tentu setiap jenis sepatu membutuhkan peralatan yang berbeda, salah sedikit saja dalam penggunaan alat pembersih bukan tidak mungkin sepatu yang dibersihkan malah menjadi rusak.

Dan yang terakhir dan tidak kalah penting yaitu penggunaan mesin pengering. Tidak semua bahan sepatu perlu dikeringkan di bawah panas sinar matahari yang terik. Ada beberapa bahan yang jika terlalu lama di jemur justru bisa membuatnya rusak. Bila modal Anda cukup besar, tak ada salahnya bila Anda menyediakan mesin pengering sepatu untuk mematikan bakteri-bakteri yang bisa menimbulkan jamur atau bau tak sedap pada sepatu.

Keuntungan Bisnis

Jika konsumennya tidak banyak, tentu tak akan ada banyak pebisnis yang melirik bisnis laundry sepatu ini. Terbukti saat ini semakin banyak kalangan masyarakat yang hobi mengoleksi sepatu mahal namun tak memiliki waktu untuk merawatnya. Bukan itu saja, konsumen jasa laundry sepatu kini tak hanya didominasi para kolektor sepatu sneakers, tapi juga datang dari komunitas pecinta olahraga seperti komunitas running, pendaki gunung, anggota club motor, bahkan sampai kalangan mahasiswa yang malas untuk mencuci sepatu sendiri.

BINGUNG CARI IDE BISNIS ?
Dapatkan Ratusan Ide Bisnis Dilengkapi Dengan Analisa Usaha.
Klik Disini

Bisa Anda bayangkan bukan berapa keuntungan yang didapatkan bila dalam sehari Anda bisa mengerjakan minimal 20 pasang sepatu dengan tarif jasa yang ditawarkan sekitar Rp 30.000 – Rp 100.000/ pasang. Bahkan karena antusias pasar yang begitu besar, saat ini ada beberapa brand laundry sepatu yang dalam waktu kurang dari setahun mampu meraup keuntungan puluhan juta per bulan, dan kini mulai dikembangkan dengan sistem kemitraan (franchise laundry sepatu).

Resiko Bisnis

Jenis bahan sepatu yang beragam serta bagian sepatu yang cukup kompleks, membuat proses pencucian sepatu lebih lama dibandingkan dengan laundry pakaian. Bahkan untuk jenis sepatu tertentu, pengerjaannya bisa memakan waktu hingga berhari-hari. Selain itu, dibutuhkan juga tenaga ahli yang berpengalaman dengan berbagai macam jenis dan bahan sepatu karena konsumen tidak hanya butuh sekedar menghilangkan kotoran pada sepatu saja, namun juga ingin keindangan sepatu selalu terjaga hingga bisa menunjang penampilan si pemakai.

Meski saat ini bisnis laundry sepatu mulai bermunculan di kota-kota besar, sayangnya keberadaan bisnis ini belum dikenal masyarakat luas. Kebanyakan pelanggan jasa cuci sepatu hanya didominasi kalangan anak muda dan masyarakat kelas premium. Untuk bisa tetap bertahan di niche pasar tersebut, diperlukan inovasi agar konsumen bisa tetap loyal dan tak bosan menunggu antrian yang cukup lama. Misalnya dengan menambahkan fasilitas berupa jasa servis sepatu, atau bisa juga membuat kedai minuman disebelah lokasi usaha agar konsumen tak bosan ketika mereka menunggu sepatu yang sedang dibersihkan.

Strategi Pemasaran

Ilustrasi cara promosi laundry sepatuMengingat target pasar yang dibidik adalah kalangan anak muda dan masyarakat menengah ke atas, maka media promosi yang cukup efektif untuk digunakan yaitu social media. Seperti misalnya yang sekarang ini sedang hits digunakan anak muda adalah instagram, twitter, dan facebook. Pastikan bahwa Anda telah memiliki akun yang sesuai dengan brand bisnis laundry sepatu yang sedang dijalankan. Selanjutnya untuk meyakinkan konsumen, Anda bisa memposting beberapa tampilan foto sepatu yang belum dibersihkan dan setelah dibersihkan, dengan begitu konsumen akan lebih percaya dengan kualitas layanan yang Anda berikan.

Selain aktif promosi dan menyapa calon pelanggan di social media, Anda juga bisa menggandeng komunitas yang berhubungan dengan lifestyle anak muda, misalnya seperti komunitas sepatu sneakers, pecinta olahraga, dan lain sebagainya. Sesekali Anda juga bisa membuka stand atau booth jasa laundry sepatu di event-event tertentu yang dihadiri kalangan anak muda di kota Anda. Contohnya seperti di event Car Free Day yang sering diadakan rutin setiap hari Minggu di kota-kota besar di Indonesia.

Kunci Sukses

Untuk bisa terus bertahan di tengah ketatnya persaingan, dalam menjalankan bisnis jasa laundry sepatu yang terpenting Anda bisa menawarkan harga yang kompetitif serta terus menjaga kualitas pelayanan dan hasil cucian sepatu.

Disamping itu, untuk meningkatkan loyalitas pelanggan Anda juga bisa memberikan fasilitas antara jemput untuk konsumen dalam kota atau bisa juga melalui jasa ekspedisi untuk melayani konsumen di luar kota. Terakhir, Anda bisa menyediakan jasa tambahan berupa jasa perbaikan sepatu atau melengkapi workshop dengan toko sepatu limited edition sebagai nilai plus bisnis anda.

Analisa Ekonomi Peluang Usaha Laundry Sepatu

Asumsi Bisnis Laundry Sepatu Skala Rumahan
Sebagai langkah awal, bisnis laundry dikerjakan dari rumah

Modal awal
Peralatan (aneka macam sikat, handuk, dll)          Rp 1.000.000,00
Cleaner, shampoo, dan bahan perawatan sepatu        Rp 2.000.000,00
Branding tools (spanduk, baner, brosur, dll)        Rp 1.500.000,00+
Total                                               Rp  4.500.000,00

Pemasukan 
Dalam Sehari bisa mencuci 15 pasang sepatu dengan tarif Rp 35.000,00/ pasang
Omzet Jasa pencucian :
Rp 35.000,00 x 15 pasang x 25 hari = Rp 13.125.000,00

Pengeluaran 
Biaya gaji 1 pegawai                                 Rp 1.000.000,00
Biaya listrik, air telepon                           Rp 1.000.000,00
Biaya promosi                                        Rp    500.000,00
Sabun, pewangi, pelembut                             Rp 5.000.000,00+
Total                                                 Rp 7.500.000,00 

Laba Bersih 
Laba bersih per bulan  = Rp 13.125.000,00 – Rp 7.500.000,00 = Rp 5.625.000,00

Sumber gambar : http://ganlob.com/wp-content/uploads/2015/05/Wolfdaddy.jpg