Inspirasi Bisnis

Peluang Usaha Onde-Onde Segerrrr……

onde-ondeAnda tentu sudah tahu Onde-Onde bukan??
Makanan ini diduga dibawa pendatang dari Tiongkok, lalu berkembang luas. Onde-onde dapat ditemukan di toko maupun dijual di pedagang kaki lima. Nama ‘onde-onde’ mengacu pada sekelompok makanan yang terbuat dari tepung terigu ataupun tepung ketan yang digoreng dan permukaannya ditaburi/dibalur dengan biji wijen. Variasi ada beberapa. Yang paling dikenal adalah onde-onde yang terbuat dari tepung ketan dan di dalamnya diisi pasta kacang hijau. Variasi lain dibuat dari tepung terigu, dikenal sebagai onde-onde gandum, yang merupakan onde-onde khas dari kota Solo. Dipasaran, onde-onde telah banyak dijual sebagai makanan tradisional. Variasai onde-onde selama ini masih kurang. In merupakan peluang bagi Anda untuk mengembangkan bisnis onde-onde dengan variasi yang unik.

Onde-onde merupakan salah satu makanan kecil/snack yang berasal dari tepung ketan, berbentuk bulat,  dan didalamnya terdapat isi kacang hijau. Pada bagian luarnya terdapat taburan biji wijen yang memberikan rasa dan sensasi yang khas. Isi onde-onde biasanya kacang hijau atau kacang merah.

Pernahkah Anda membayangkan onde-onde yang segerr…?? Onde-onde yang dimaksud adalah onde-onde isi buah-buahan. Buah-buahan yang digunakan seperti stroberi, nanas, melon, pisang, nangka, dll. tentunya ini akan menambah variasi onde-onde yang ada di Indonesia. Ini juga memberkan kesempatan bagi Anda untuk mengembangkan bisnis `onde-onde segerr` ini . Rasanya tentu akan lebih lezat dan unik. Onde-onde memiliki gizi yang baik karena menggunakan buah-buahan segar.

Onde-onde segerrr ini memiliki peluang besar untuk dikembangkan menjadi bisns franchise. Franchise Anda akan memiliki nilai jual yang tinggi karena memiliki inovasi yang luar biasa. Sebelum membuka gerai, ada beberapa hal yang harus Anda pikirkan seperti target pasar, lokasi, pemasaran, dan image produk. Onde-onde segerrr merupakan produk baru sehingga image produk sangat mempengaruhi keinginan konsumen.

Bahan :

–    250 gram tepung ketan
–    25 gram tepung
–    20 gram gula pasir
–    1 butir telur
–    Garam secukupnya
–    Vanili secukupnya
–    150 ml air hangat

Isi :
–    Buah-buahan

Cara membuat :
1.    Buat kulit onde-onde : campur tepung ketan, tepung sagu, gula, vanili, telur, garam dan diaduk rata.
2.    Tuangi air hangat sedikit demi sedikit ke dalam adonan tersebut. Campur adonan hingga terbentuk adonan yang kalis.
3.    Jika adonan sudah kalis, ambil adonan sedikit dan pipihkan. Isi adonan lembaran tersebut dengan buah yang Anda inginkan. Kemudian tutup isi (buah) dengan adonan tersebut.
4.    Celupkan adonan ke dalam air  kemudian gulingkan ke dalam wijen.
5.    Goreng onde-onde dengan menggunakan minyak panas dan api kecil
6.    Jika warna sudah mulai menguning dan onde-onde mengapung, angkat dan tiriskan.
7.    Onde-onde segerrr siap dihidangkan.

Diolah dari berbagai sumber

(Sumber gambar : maicyclus.deviantart.com/art/onde-onde-132933081)