hortikulturaTak bisa kita pungkiri bila pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) diberbagai penjuru nusantara, kini telah memberikan peranan yang cukup besar dalam membangun perekonomian nasional. Pertumbuhannya yang semakin pesat dan besarnya hasil usaha yang disumbangkan ke tiap-tiap daerah, menjadikan UMKM sebagai salah satu tiang penyangga kestabilan ekonomi daerah maupun perekonomian nasional. Sehingga tidak heran bila belakangan ini pemerintah mulai gencar melakukan pembinaan dan pemberdayaan khusus guna mendukung perkembangan UMKM di seluruh Indonesia.

Video Praktisi

Kiat Memulai Bisnis Cokelat Ndalem Jogja

Salah satunya seperti pemberdayaan UMKM yang diwujudkan Pemerintah Daerah Grobogan (Purwodadi) Jawa Tengah melalui sistem ekonomi kerakyatan yang dimaksudkan bisa mendorong para pengusaha kecil, mikro, dan menengah dalam kelompok usaha ekonomis produktif sehingga mampu mengembangkan usahanya secara optimal. Pemberdayaan tersebut sengaja dilaksanakan Pemerintah Daerah Grobogan untuk menghadapi berbagai hambatan dan kendala usaha baik yang bersifat internal maupun eksternal, misalnya saja seperti kendala di bidang produksi dan pengolahan, pemasaran, sumber daya manusia (SDM), pemanfaatan teknologi, permodalan, serta perubahan iklim usaha yang bisa mempengaruhi maju mundurnya pergerakan UMKM di sekitar Kabupaten Grobogan.produk mebel

Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, Pemkab Grobogan kini telah mengembangkan jaringan pemasaran agar produk UMKM lokal bisa dipasarkan di beberapa pasar modern (seperti supermarket, mall, dan lain sebagainya), mengadakan kontak dagang dengan pengusaha besar dari Bali dan membuka jalan untuk bisa mengantarkan produk UKM go internasional, mengikutsertakan para pelaku UMKM di berbagai event expo atau kegiatan promosi seperti misalnya mengikuti event Jateng Fair dan Harkopnas di Jakarta beberapa waktu yang lalu, serta baru-baru ini mendirikan pusat oleh-oleh khas Grobogan sebagai pusat pemasaran produk UMKM yang meliputi produk makanan dan minuman, handycraft, fashion, dan lain sebagainya, sehingga produk khas Grobogan semakin dikenal konsumen baik di pasar regional dan nasional.

Selain memperluas jaringan pemasaran yang ada, Pemkab Grobogan juga mengadakan berbagai pelatihan, workshop dan temu wirausaha dengan para investor, serta memberikan sosialisasi dan penyuluhan langsung kepada pelaku UMKM untuk mengembangkan sistem jaringan teknologi dan informasi yang kedepannya bisa mendukung perkembangkan UMKM di seluruh Indonesia. Melalui program tersebut, diharapkan kemampuan SDM dan para pelaku usaha bisa meningkat dan memiliki daya saing yang semakin tinggi sehingga mampu memenangkan persaingan pasar di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

Melalui program pemberdayaan umkm di Daerah Grobogan, diharapkan pertumbuhannya bisa semakin signifikan dam memberikan dampak positif bagi pemerintah daerah maupun penduduk setempat. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi seluruh lapisan masyarakat untuk mulai aktif membangun sebuah usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://groboganindagtamben.com/images/galeri/perdagangan/agro/1.jpg
2. http://groboganindagtamben.com/images/galeri/olahankayu/meubel/meubel5.jpg