pembibitan tanamanBeberapa tahun belakangan ini, bisnis tanaman hias di Indonesia memang mengalami peningkatan yang cukup pesat. Berbagai macam jenis tanaman hias mulai diminati konsumen lokal maupun internasional, bahkan bisa dikatakan ada beberapa jenis tanaman hias yang memiliki nilai jual cukup tinggi. Sehingga tidak heran bila bisnis tanaman hias di Indonesia menjanjikan keuntungan yang cukup besar bagi para pelakunya.

Video Praktisi

Kiat Memulai Bisnis Cokelat Ndalem Jogja

Meskipun begitu, perkembangan bisnis tanaman hias yang ada di negara kita ternyata belum didukung dengan industri pembibitan yang memadai. Sampai sekarang ini penelitian, perakitan dan pelepasan varietas unggulan tanaman hias di Indonesia masih sangat kurang. Pemerintah masih menomor satukan pembibitan tanaman hortikultura seperti buah-buahan dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Akibatnya, anggaran untuk pembibitan tanaman hias masih sangat minim dan hasilnya pun tentu belum bisa maksimal.

Bahkan dari sekian banyak jenis tanaman hias yang ada di negara Indonesia, sekarang ini baru ada tiga jenis bunga cantik yang bibitnya tidak harus impor dari negara tetangga, yaitu bunga melati, bunga mawar, dan gladiol. Sedangkan bibit tanaman hias lainnya masih harus bergantung dari hasil pembibitan di luar negeri.tanaman hias

Salah satu jenis tanaman hias yang masih membutuhkan bibit impor dari luar negeri yaitu bunga anggrek. Walaupun tanaman anggrek yang beredar di pasaran internasional merupakan hasil persilangan anggrek spesies Indonesia, namun sampai saat ini Indonesia belum mampu menjadi produsen anggrek untuk memenuhi permintaan pasar dunia. Negara kita belum mampu memproduksi anggrek dalam jumlah besar sehingga daya saing anggrek Indonesia masih belum optimal di pasar mancanegara.

Jika industri pembibitan tanaman hias di Indonesia ditangani dengan maksimal, tentunya tidak menutup kemungkinan bila varietas unggulan yang kita miliki bisa bersaing dengan jenis tanaman lainnya di pasar internasional.

Semoga informasi tentang pembibitan tanaman hias di Indonesia belum maksimal ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca, dan menginspirasi seluruh lapisan masyarakat untuk mulai peduli mengembangkan varietas unggulan yang ada di negara kita. Maju terus agrobisnis Indonesia dan salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://www.indonesiafinancetoday.com/gallery/post/NDBmNmI2OThjMzkxODExZmVmZDYzNmQxMWZlMzZmYmYuanBn
2. http://www.balidenpasartrading.com/product/Tanaman%20Hias.jpg