Pengen Toko Online Kamu Laris? Ikuti 4 Tips Fotografi Dari Pakarnya!

/ / Pemasaran /

tips foto produk untuk toko onlineKeterbatasan konsumen untuk memegang langsung produk yang akan mereka beli secara online, membuat penyajian foto produk jadi kunci sukses tidaknya sebuah toko online. Apalagi sekarang ini banyak toko online yang dipromosikan lewat Instagram, sudah pasti foto produk jadi salah satu daya tarik utamanya.

Meski memajang foto produk yang eye catching sudah jadi hukum wajib bagi para pelaku bisnis toko online, sayangnya banyak penjual online yang belum paham betul cara pengambilan foto produk yang eye catching.

Nah lho, apa kamu juga termasuk pebisnis online yang belum jago membuat foto produk? Tenang jangan langsung panik Guys, karena kali ini fotografer profesional muda asal Kota Malang, Septa Twi, bakal memberikan beberapa tips fotografi yang mudah ditiru pebisnis toko online, bahkan kamu yang pemula sekalipun bisa coba ikuti tips sederhana ini, dikutip dari Malangvoice.com.

“Tips dari saya yang pertama adalah siapkan produk. Kemudian yang kedua siapkan lampu meja sebagai lighting. Tidak perlu lampu mahal atau lampu studio asal pencahayaan cukup. Background pun bisa menggunakan kertas putih atau alas meja. Bebas,” kata Septa saat mengisi roadshow #PahlawanDigital di Ngalup.co Coworking Space, dikutip dari Malangvoice.com.

Selanjutnya yang ketiga kombinasikan dengan benda-benda yang berhubungan semenarik mungkin, seperti warna produk, detail produk, penataan. Bisa menggunakan background gelap agar produk lebih dominan.

“Semisal, produk makanan spaghetti bisa disajikan diatas piring lengkap dengan saus. Kemudian disisi meja bisa diberi komponen lain seperti sendok, garpu, gelas minuman dan sebagainya yang bisa menunjang style dan cocok dengan tema,” tambahnya.

Lalu yang keempat, ini andalan para fotografer dadakan nih. Jika hasil foto kurang maksimal, bisa dipercantik menggunakan aplikasi edit foto sederhana seperti misalnya Snapseed atau VSCO Cam.

“Tapi untuk pemula, Snapseed saja sudah sangat cukup. Yang penting terus bereksperimen dan mencoba. Nanti feel dan stylenya bisa dapat,” kata dia.

Fotografer muda ini juga menambahkan, deskripsi foto yang menarik adalah foto yang terlihat detail, komponen dan gaya fotonya baik serta memadukan warna-warni yang serasi dan kontras. Dan untuk menghindari pencurian foto dari penjual online lainnya, tambahkan watermark di tengah produk.

Mudah bukan? Apalagi sekarang ini foto produk yang berkelas bisa dibuat hanya dari kamera smartphone. Selamat mencoba dan salam sukses!