keripik sukunMeski popularitas keripik sukun tak setenar keripik singkong, namun camilan yang rasanya gurih dan bertekstur renyah ini diminati banyak penggemar. Daging buahnya yang sering dikatakan hampir mirip dengan roti, menjadikan buah sukun sebagai salah satu bahan pangan lokal yang mulai diangkat para pelaku usaha menjadi beragam jenis makanan ringan. Salah satunya saja seperti camilan keripik sukun yang tak hanya menjadi panganan sehat, namun juga berhasil mengantarkan Hasnah seorang produsen keripik sukun asal Manggar, Belitung menjadi pengusaha sukses dengan omzet jutaan rupiah setiap bulannya.

Video Praktisi

Tips Memulai Bisnis Kerajinan

Memutuskan mulai memproduksi keripik sukun sejak tahun 1996 silam, Hasnah memilih memanfaatkan buah sukun karena persediaannya relatif stabil. Dengan memproduksi sedikitnya tiga varian rasa keripik sukun, yakni meliputi keripik biasa, keripik lebar, dan stik sukun, Hasnah mencoba menjawab kebutuhan konsumen sesuai dengan pangsa pasar yang dibidik. Untuk memproduksi keripik sukun biasa dan stik sukun, Hasnah memanfaatkan buah sukun yang sudah tua, sedangkan keripik sukun lebar dibuat dari buah sukun muda.

camilan keripik sukunMengusung Nuansa Baru sebagai brand produknya, setiap harinya kapasitas produksi bisnis olahan sukun yang dirintis Hasnah sedikitnya bisa memproduksi 500 bungkus keripik. Hasnah memasarkan produk camilan serba sukun dengan harga jual berkisar Rp 15.000,00 hingga Rp 20.000,00 per bungkus. Dari bisnis camilan yang Ia tekuni tersebut, setiap bulannya Hasnah bisa mendatangkan omzet besar hingga mencapai Rp 50 juta.

Dengan jangkauan pasar yang masih terbatas di sekitar Bangka dan Belitung, bisa dikatakan bisnis camilan keripik sukun yang dirintis Hasnah cukup sukses merebut perhatian para konsumen dan mendatangkan untung besar setiap bulannya.

Semoga informasi profil pengusaha yang sukses memproduksi keripik sukun ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menjadi salah satu inspirasi bisnis bagi para pemula yang sedang bingung mencari peluang usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://assets.kompas.com/data/photo/2011/11/08/0936043620X310.jpg
2. http://3.bp.blogspot.com/-_OsmBLET54M/TdEKjS9OXgI/AAAAAAAAC9g/-CZCc9hj-9Y/s320/keripik%2Bsukun.jpg