Keuangan

Pentingnya Manajemen Keuangan Bisnis Bagi UKM

Pentingnya manajemen keuanganMeskipun namanya usaha kecil menengah, tapi bukan berarti jenis usaha tersebut tidak membutuhkan manajemen keuangan. Manajemen keuangan merupakan hal yang mutlak untuk dilakukan oleh setiap pengusaha lintas skala bisnis. Mulai dari skala kecil, menengah sampai dengan skala besar pun wajib melakukan manajemen keuangan untuk bisnisnya. Karena hal itu menjadi salah satu langkah awal sang cukup menentukan kesuksesan para pelaku bisnis.

Bisnis yang tidak melakukan perencanaan atau manajemen keuangan dapat dipastikan akan mengalami sebuah kegagalan. Sebab para pelaku bisnis tidak melakukan manajemen modal, dimana itu berarti bahwa mereka tidak dapat memastikan jumlah pemasukan dan juga jumlah pengeluaran yang terus digunakan dalam berbisnis.

Akibat dari semuanya itu, bisa saja pengeluaran untuk bisnis lebih besar dibandingkan dengan pemasukan. Jika hal itu terjadi secara terus menerus maka bisnis tentu akan mengalami kerugian.

Nah, untuk menghindari hal itu terjadi pada bisnis Anda, berikut ini adalah beberapa manfaat manajemen keuangan bagi bisnis UKM yang penting Anda ketahui.

  1. Melindungi uang bisnis Anda. Karena di dalam manajemen keuangan mencantumkan catatan tentang transaksi dan saldo uang dari proses bisnis yang Anda jalankan.
  2. Menganalisa sumber penghasilan usaha.
  3. Memonitor pergerakan uang, kemana uang dari bisnis tersebut mengalir. Hal itu dapat diketahui melalui tersedianya catatan tentang apa saja transaksi uang yang Anda keluarkan untuk keperluan atau pengembangan bisnis. Dengan begitu, bisnis UKM yang Anda jalankan dapat dengan tepat mengendalikan biaya-biaya dan pengeluaran kas.
  4. Mengetahui posisi keuangan usaha yang paling terkini yaitu mengetahui perkembangan usaha dengan cara merekapitulasi dan mengelompokkan semua data-data dari pembukuan keuangan bisnis milik Anda. Tujuannya untuk mengetahui darimana dan kemana uang Anda berputar.
  5. Pengambilan keputusan usaha menjadi lebih baik, karena dengan adanya data-data yang akurat bisa direncanakan dengan baik pola usaha yang akan Anda jalankan.
  6. Meningkatkan bonafiditas performa usaha, jadi dengan adanya laporan keuangan dari bisnis Anda maka nilai bonafiditas untuk usaha Anda menjadi bertambah di mata para investor.
  7. Dapat mengetahui dengan pasti data-data supplier yang mana saja yang hutangnya sudah hampir jatuh tempo.
  8. Mengetahui data-data para konsumen mana saja yang terlambat atau molor membayar piutangnya.
  9. Merencanakan cashflow, apakah Anda perlu mengambil tambahan modal usaha dari investor atau tidak.

Semakin besar dan luas bidang bisnis yang Anda jalankan, maka semakin kompleks pula pengelolaan keuangan suatu bisnis. Ketika bisnis yang Anda jalankan sudah melibatkan kreditor dan juga investor, maka semakin tinggi juga tuntutan Anda untuk mempunyai sistem pencatatan keuangan yang baik. Kesuksesan bisnis tidak hanya ditentukan oleh kemampuan menjual saja, akan tetapi juga pengaturan keuangan.

Sumber gambar : http://www.mcgonzalezlaw.com/wp-content/themes/infocus/lib/scripts/timthumb/thumb.php?src=http://www.mcgonzalezlaw.com/wp-content/uploads/2013/03/business_04.jpg&w=960&h=340&zc=1&q=100