keuangan bisnis onlineMenekuni sebuah usaha baik secara online maupun offline tentunya sama-sama membutuhkan manajemen keuangan yang cukup matang. Bahkan, tak hanya perusahaan konvensional saja yang sekarang ini membutuhkan perencanaan keuangan. Sebab, bisa dikatakan manajemen keuangan pun dibutuhkan para pelaku bisnis online untuk mencatat segala transaksi yang mereka jalankan di dunia maya.

Video Praktisi

Tips Memulai Bisnis Kerajinan

Meskipun sampai saat ini perkembangan bisnis online masih dipandang sebelah mata oleh sebagian besar masyarakat, namun besarnya keuntungan yang diterima para pelakunya menjadi salah satu bukti nyata bahwa peluang bisnis online cukup berpotensi untuk bisa dikembangkan hingga menjadi perusahaan besar. Karena itu, untuk mengoptimalkan kinerja bisnis online Anda, mulailah untuk mempelajari pentingnya manajemen keuangan di bisnis online.

Berikut kami informasikan fungsi manajemen keuangan bagi para pelaku bisnis online.

1. Sebagai alat ukur dalam membuat anggaran 
Sebelum terjun di ranah maya, penting bagi Anda untuk memperkirakan besarnya anggaran yang dibutuhkan untuk membangun bisnis online. Perencanaan anggaran ini  tentunya mencakup besarnya biaya, profit, hingga strategi penjualan dan promosi yang dijalankan untuk membidik target pasar yang telah ditentukan. Dengan begitu, para pelaku bisnis online bisa memperkirakan jumlah dana yang dibutuhkan untuk mempersiapkan stok barang, pembelian domain, dan membayara upah tenaga kerja yang Anda pekerjakan untuk mengelola situs bisnis online tersebut.

manajemen keuangan2. Sebagai acuan untuk membuat rencana bisnis
Ketika perkiraan modal usaha dan sumber daya telah Anda dapatkan, selanjutnya buatlah rincian atau anggaran modal yang Anda butuhkan untuk mewujudkan rencana bisnis yang akan Anda jalankan. Anda bisa memasukkan langsung anggaran modal dalam rencana bisnis Anda, sehingga Anda bisa langsung mengalokasikan dana tersebut untuk masing-masing kebutuhan, misalnya saja 20% untuk promosi, 50% pembelian stok barang, 10% untuk tenaga kerja, dan lain sebagainya.

3. Sebagai pengontrol arus keuangan.
Salah satu peran penting manajemen keuangan adalah mengetahui arus keuangan usaha atau seluruh transaksi yang terjadi dalam bisnis online. Mengingat pada bisnis online, transaksi pembelian tidak dilakukan secara langsung (pedagang tidak bertatap muka dengan calon pembelinya), maka penting bagi para pengusaha online untuk mengontrol arus dana yang masuk dan keluar dari rekening mereka. Contohnya saja memantau pembayaran konsumen melalui rekening bank Anda, atau mengontrol besarnya dana yang dikeluarkan untuk kulakan produk.

Setelah mempelajari pentingnya manajemen keuangan usaha di dunia maya, kini saatnya Anda menerapkannya langsung di toko online Anda dan pastikan perkembangan bisnis Anda semakin terkontrol dengan baik sehingga keuntungan yang didapatkan setiap bulannya bisa semakin terasa manisnya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://www.ummi-online.com/foto_berita/41modal-bisnis-online.jpg
2. http://4.bp.blogspot.com/-uvW3oBAn6Pg/UQNqO08za8I/AAAAAAAABD8/iKuVCGb-lAs/s1600/Money-Management.jpg