Pentingnya Term and Condition Dalam Bisnis Online

Term and conditions pada bisnis onlineBisnis online hingga saat ini cukup banyak memberi solusi kepada buyer yang ingin mendapatkan barang dengan mudah dan efisien. Dengan adanya bisnis online, semua keinginan konsumen hampir bisa dinikmati, tanpa harus keluar rumah atau keluar kota untuk membeli sebuah barang.

Namun, sayangnya tidak semua konsumen mengerti tentang aturan yang berlaku ketika berbelanja online. Dan hal yang sering terjadi adalah  terjadinya misscommunication antara penjual dan pembeli. Sudah selayaknya kepada semua pebisnis online untuk mencantumkan syarat dan ketentuan di halaman websitenya. Hal ini penting agar tidak terjadi kesalahpahaman dari pihak konsumen.

Baca Juga Artikel Ini :

Rahasia Sukses Memenangkan Persaingan Dalam Bisnis Online

Bisnis Online Terpercaya, Apa Saja Cirinya?

Term and condition (syarat dan ketentuan) sangat membantu transaksi menjadi lebih aman, dan pastinya juga mengantisipasi konsumen yang berkomentar “seenaknya” tentang produk yang kita sajikan. Konsumen “Wajib” menyetujui persyaratan-persyaratan tertentu yang dibuat oleh penjual online di halaman Term and condition sebelum mereka melakukan transaksi pembelian. Sudah pasti, semua penjual online tidak ingin ada yang dirugikan dalam setiap transaksi.

Dibawah ini saya akan merangkum dan menjelaskan tentang Pentingnya Term and Condition atau syarat dan ketentuan yang biasanya berlaku pada bisnis online.

Penjual Lebih Terbuka Kepada Konsumen

Jika ingin menjadi penjual online yang profesional, kita harus belajar terbuka kepada konsumen. Baik tentang kondisi produk, kualitas dan value ketika produk atau jasa digunakan oleh konsumen. Keterbukaan kita kepada konsumen akan sangat membantu meningkatkan kredibilitas bisnis yang kita jalani dan tentu peluang untuk mendapatkan konsumen yang loyal sangat berpengaruh.

Konsumen Lebih Aman Berbelanja

Tak ada yang ingin rugi ketika melakukan transaksi jual beli, baik si penjual dan pembeli pasti sangat berhati-hati dalam melakukan transaksi. Untuk membuat konsumen merasa aman ketika bertransaksi online, term and condition sangat membantu konsumen merasa lebih aman dalam bertransaksi. Ini terbukti, ketika saya melakukan transaksi dengan calon konsumen, saya memberikan link term and condition yang saya miliki agar konsumen bisa baca selengkap-lengkapnya.

BINGUNG CARI IDE BISNIS ?
Dapatkan Ratusan Ide Bisnis Dilengkapi Dengan Analisa Usaha.
Klik Disini

Mengajarkan Kita Untuk Disiplin

Kedisiplinan dalam menjalankan bisnis sangatlah diperlukan. Ya, karena dengan disiplin tersebut, kita akan selalu memperhatikan tiap detail dari pergerakan bisnis kita. Jadi, pastikan semua isi dalam term and condition yang kita buat adalah benar-benar kita lakukan. Dan pastikan juga, jika konsumen “wajib” disiplin untuk mematuhi aturan yang ada di halaman term and condition yang kita buat.

Tentu, term and condition harus dibuat seapik mungkin, dan perlu dilakukan analisa. Karena, terkadang kita sering lupa isi dari term and condition yang kita buat. Jadi, tetaplah lakukan perbaikan terhadap term and condition yang kita buat di website toko online. Tetap semangat dan salam sukses!

Sumber gambar : http://www.progresscars.com/userfiles/images/580354577.jpg

Ditulis Oleh: Muhammad Fuady, S. Farm., Apt.

Founder and CEO of mbojosouvenir.net - Spesialis Desain, Sablon Dan Produksi Jaket, Hoodie, Varsity, Kaos, Kemeja, Blazer, Almamater, Stiker, Pin Untuk Sekolah, Kampus, Event, komunitas dan Kantor.